leadersingle

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpikir Kritis

Dibaca Normal: 6 menit aja
berpikir kritis

Manusia sangat mungkin memiliki prasangka dan penilaian buru-buru terhadap sesuatu masalah. Ini yang membuat kita pada akhirnya sering gegabah mengambil keputusan. Supaya tidak salah mengambil keputusan, ada baiknya kamu menerapkan pola berpikir kritis. Kualitas hidup seseorang bisa dipengaruhi oleh bagaimana cara ia berpikir dan mengambil keputusan. Tidak melulu keputusan yang berdampak besar, tetapi juga bisa dari keputusan sederhana yang diambil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mau makan apa hari ini? Enaknya nonton film apa ya?

Apa Itu Berpikir Kritis?

Berpikir kritis adalah sebuah proses berpikir yang mampu menerapkan, menganalisis, ataupun mengevaluasi informasi yang sudah dikumpulkan. Informasi ini bisa berasal dari berbagai sumber yang didapatkan lewat cara pengamatan, penalaran, atau komunikasi. Buat kamu yang belum paham, secara singkat, berpikir kritis adalah kemampuan individu untuk melakukan penalaran dari informasi yang didapat untuk kemudian dijadikan sebagai landasan berperilaku dan bertindak.

Orang yang berpikir kritis tidak pasif, karena mereka mampu mengolah informasi untuk dianalisis serta dapat memutuskan setelahnya. Mereka punya kemauan untuk berpendapat dan punya inisiatif untuk mengambil sebuah keputusan soal apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Istilahnya adalah “thinking about thinking”. Keren banget, kan?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ciri-Ciri Orang yang Berpikir Kritis

Apakah kamu termasuk orang yang mampu berpikir kritis? Coba deh simak ciri-ciri berikut ini, yuk!

  1. Mampu membedakan fakta dengan hoax, karena kamu tidak mudah terpancing dengan pembahasan kontroversial di kalangan masyarakat.
  2. Mampu membedakan mana ide yang berkaitan dan ide yang tidak berkaitan, karena segala sesuatu sudah dipikirkan secara matang.
  3. Mampu membedakan antara kritik yang membangun dengan kritik yang merusak. Karena umumnya orang yang berpikir kritis lebih mengedepankan logika ketimbang perasaan.
  4. Mampu membuat konklusi dari informasi yang sudah diterima, karena kamu akan mengumpulkan data yang paling valid supaya bisa mendapatkan fakta yang sebenarnya dari sebuah kejadian.
  5. Mampu melihat permasalahan secara detail, karena memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk membuktikan asumsi.

Manfaat Berpikir Kritis

Berpikir kritis bisa membantu kamu untuk membasmi pemikiran yang tidak masuk akal. Tapi itu baru salah satunya, masih banyak lagi manfaat yang lain. Berikut adalah beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa kamu harus berpikir kritis di dalam berkehidupan sehari-hari.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Quarter Life Crisis dan Balada Kegalauan Anak Milenial

GenK LIFE

8 Cara Mengatasi Keraguan Terhadap Diri Sendiri

GenK LIFE

Cara Virus Corona Menginfeksi Ribuan Orang Dalam Waktu Singkat

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

GenK LIFE

Tidak Melulu Jahat Seperti Virus Corona, Ternyata Virus Miliki 5 Manfaat Baik Loh

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link