7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpikir Kritis

Dibaca Normal: 6 menit aja
berpikir kritis

Manusia sangat mungkin memiliki prasangka dan penilaian buru-buru terhadap sesuatu masalah. Ini yang membuat kita pada akhirnya sering gegabah mengambil keputusan. Supaya tidak salah mengambil keputusan, ada baiknya kamu menerapkan pola berpikir kritis, GenK.

Kualitas hidup seseorang bisa dipengaruhi oleh bagaimana cara ia berpikir dan mengambil keputusan. Tidak melulu keputusan yang berdampak besar, tetapi juga bisa dari keputusan sederhana yang diambil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mau makan apa hari ini? Enaknya nonton film apa ya?

Apa Itu Berpikir Kritis?

Berpikir kritis adalah sebuah proses berpikir yang mampu menerapkan, menganalisis, ataupun mengevaluasi informasi yang sudah dikumpulkan.

Informasi ini bisa berasal dari berbagai sumber yang didapatkan lewat cara pengamatan, penalaran, atau komunikasi. Buat kamu yang belum paham, secara singkat, berpikir kritis adalah kemampuan individu untuk melakukan penalaran dari informasi yang didapat untuk kemudian dijadikan sebagai landasan berperilaku dan bertindak.

Orang yang berpikir kritis tidak pasif, karena mereka mampu mengolah informasi untuk dianalisis serta dapat memutuskan setelahnya.

Mereka punya kemauan untuk berpendapat dan punya inisiatif untuk mengambil sebuah keputusan soal apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Istilahnya adalah thinking about thinking. Keren banget ‘kan!

Ciri-Ciri Orang yang Berpikir Kritis

Apakah kamu termasuk orang yang mampu berpikir kritis?

Coba deh simak ciri-ciri berikut ini, yuk!

  1. Mampu membedakan fakta dengan hoax, karena kamu tidak mudah terpancing dengan pembahasan kontroversial di kalangan masyarakat.
  2. Mampu membedakan mana ide yang berkaitan dan ide yang tidak berkaitan, karena segala sesuatu sudah dipikirkan secara matang.
  3. Mampu membedakan antara kritik yang membangun dengan kritik yang merusak. Karena umumnya orang yang berpikir kritis lebih mengedepankan logika ketimbang perasaan.
  4. Mampu membuat konklusi dari informasi yang sudah diterima, karena kamu akan mengumpulkan data yang paling valid supaya bisa mendapatkan fakta yang sebenarnya dari sebuah kejadian.
  5. Mampu melihat permasalahan secara detail, karena memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk membuktikan asumsi.

Manfaat Berpikir Kritis

Berpikir kritis bisa membantu kamu untuk membasmi pemikiran yang tidak masuk akal. Tapi itu baru salah satunya, masih banyak lagi manfaat yang lain. Berikut adalah beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa kamu harus berpikir kritis di dalam berkehidupan sehari-hari.

Baca Juga
8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stress

Mampu Membuat Keputusan yang Baik

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 1

Sumber: pexels.com

Sadarkah kamu kalau setiap hari kamu dituntut untuk selalu membuat keputusan? Baik dari keputusan besar sampai keputusan sederhana untuk keberlangsungan hidup sehari-hari? Apalagi kalau kamu sudah bekerja, di mana kamu dituntut untuk terus membuat keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan. Bisa gawat kalau kebablasan deadline karena terlalu lama mengambil keputusan dan bisa lebih gawat lagi kalau kamu salah mengambil keputusan, GenK.

Ini bukan berarti kamu serba salah, hanya kurang tepat saja kok.

Sesuai dengan ciri pemikir kritis, kamu mampu mengambil keputusan dari masalah yang rumit sekalipun dengan menggunakan strategi yang sudah diatur sedemikian rupa. Kamu terbiasa untuk mengumpulkan data dan fakta terlebih dahulu sebelum menarik kesimpulan. Berarti berpikir kritis dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih cerdas, GenK.

Lolos dari Hoax

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 2

Sumber: pexels.com

Bakal panjang banget kalau bahas soal hoax. Apalagi di zaman sekarang penyebaran hoax semakin mudah dan bisa langsung menjadi topik yang tren di kalangan masyarakat. Padahal berita tersebut belum pasti kebenarannya.

Jangan sampai kamu menjadi salah satu orang yang menyebarkan hoax, GenK, karena hoax bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak. Terlebih sekarang banyak warganet yang langsung bercuit di akun media sosialnya tentang segala hal dan informasi yang baru mereka dapatkan hanya demi viral untuk mendapatkan likes dan retweet dari massa. Pokoknya semua serba viral viral club, GenK.

Lalu gimana caranya supaya tidak mudah termakan hoax?

Solusinya adalah dengan menerapkan pola pikir kritis. Sesuai dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, orang yang berpikir kritis mampu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan data dan fakta yang valid. Orang yang berpikir kritis tidak akan menarik kesimpulan hanya dari opini dan asumsi orang lain deh.

Baca Juga
Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

Lebih Mudah Menjadi Orang Sukses

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 3

Sumber: pexels.com

Percaya tidak kalau berpikir kritis adalah kunci orang-orang sukses? Di setiap bidang pekerjaan, baik itu pengacara, dokter, reporter, desainer, dan lain-lain, dibutuhkan soft skills. Salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Terutama di bidang pekerjaan yang lebih didominasi dengan kegiatan menganalisis sesuatu.

Dengan berpikir kritis, kamu bisa memecahkan masalah, membuat strategi, berpikir kreatif, dan bisa menyampaikan ide kepada rekan kerja atau kolega dengan cara yang meyakinkan serta mudah dimengerti. Dari sini saja dapat dilihat kalau berpikir kritis dapat membantu kamu untuk meraih kesuksesan dengan cepat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang loh, GenK.

Hayo siapa sih yang tidak mau jadi orang sukses?

Pandai Memecahkan Masalah

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 4

Sumber: pexels.com

Masih berkaitan dengan menjadi orang sukses, berpikir kritis dijamin membuat kamu jadi lebih pandai memecahkan masalah.

Seorang kandidat kerja yang punya kemampuan problem solving yang tinggi lebih memiliki kemungkinan besar untuk direkrut perusahaan. Orang yang berpikir kritis akan selalu mencari cara terbaik dan tercepat untuk keluar dari sebuah lingkaran masalah yang sedang mengikat. Mencari jalan keluar dibutuhkan kemauan dan kepandaian untuk membangun strategi.

Apakah kamu salah satu orang yang pandai memecahkan masalah? Kalau iya, bisa jadi kamu adalah orang yang mampu berpikir kritis, GenK.

Lebih Supel

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 5

Sumber: pexels.com

Mungkin kamu mengira kalau punya pemikiran kritis, kamu akan susah menjalin pertemanan. Justru yang terjadi malah kebalikannya, GenK. Kamu jadi memiliki pemikiran terbuka, karena tidak langsung menarik kesimpulan dari opini sementara. Kamu jadi mampu memahami sudut pandang orang lain dan berempati terhadap si calon teman atau relasi tersebut.

Oh iya, selain itu, pemikir kritis memiliki kemampuan untuk membedakan mana teman yang tulus dan mana teman yang hanya memanipulasi untuk mendapat keuntungan tertentu. Oke banget kan, GenK!

Baca Juga
Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Hidup Jadi Lebih Bahagia

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 6

Sumber: pexels.com

Kebahagiaan bisa kamu dapatkan kapan saja dan di mana saja, bahkan di saat yang tidak terduga. Salah satu cara mudah untuk merasakan kebahagiaan adalah dengan berpikir kritis. Kenapa? Karena kamu jadi lebih mengenal dan memahami diri sendiri. Kamu jadi memiliki kebebasan untuk menilai kelebihan dan kekurangan diri kamu, GenK.

Semakin kamu memahami diri, maka semakin mudah pula untuk berdamai dengan diri sendiri. Ini menumbuhkan kreativitas dan pemikiran yang out of the box, karena salah satu cara untuk menjadi kreatif adalah dengan berbicara dengan diri sendiri. Eits, bukan berarti gila ya. Cara ini bermanfaat banget untuk menggali potensi yang belum kamu sadari.

Tidak ada salahnya untuk dicoba, GenK.

Menjadi Netizen yang Bijak

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 7

Sumber: pexels.com

Netizen Maha Benar. Apakah kamu pernah mendengar pernyataan seperti itu? Ini bukan artian yang sebenarnya, melainkan ejekan untuk netizen atau warganet yang selalu membenarkan pendapatnya sendiri tanpa mengedepankan fakta. Berarti ini masih berkaitan dengan penyebaran hoax yang sering terjadi di masyarakat, terutama lewat jejaring sosial.

Baca Juga
3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

Seorang pemikir kritis pasti mampu melihat dari kedua sisi, sehingga tidak terjebak dalam satu sisi yang masih di awang-awang. Orang yang tidak kritis akan terjebak oleh propaganda dan kabar burung yang sedang menjadi tren. Semoga saja kamu tidak masuk ke dalam kelompok seperti itu ya, GenK, karena benar-benar merugikan.


Nah, itu dia definisi, ciri-ciri, dan 7 manfaat berpikir kritis. Tidak ada salahnya merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bagaimana? Siap untuk jadi diri yang lebih baik, GenK?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link