leadersingle

Tata Cara Membagikan Angpao yang Baik dan Benar

Dibaca Normal: 5 menit aja
Tahun baru imlek 4

Tahun Baru Imlek 2020 sebentar lagi akan tiba. Hayo, siapa nih yang sudah gak sabar pengen dapetin amplop merah dari sanak keluarga terdekat? Eits, tapi tahukah kamu, ternyata membagikan angpao itu ada tata cara khususnya loh. Jadi gak cuma sekadar masukin uang terus langsung dibagikan doang. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah! 

Angpao merupakan salah satu elemen penting dalam perayaan Imlek yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Dalam kebudayaan Tionghoa sendiri, angpao (bahasa Mandarin: hóngbāo) merupakan tradisi pemberian hadian berupa uang dalam amplop berwarna merah. Amplop merah inilah yang disebut dengan istilah angpao, jadi bukan uang yang menjadi isinya. 

Budaya memberikan angpao telah berkembang dengan pesat dan meluas ke hampir berbagai belahan dunia dengan banyak populasi diaspora dan komunitas Tionghoa, termasuk di Indonesia. Meskipun kerap dikaitkan dengan Imlek, angpao juga kerap diberikan pada acara lainnya, seperti pada saat kelahiran bayi, pernikahan, hingga pesta kelulusan loh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebagai bagian dari budaya yang telah ada selama ratusan tahun, kini pemberian angpao telah menjadi simbol universal dari rezeki berlimpah dan juga kemakmuran. Nah, ternyata dalam ritual pemberian angpao yang sebenarnya, ada beberapa aturan dan tata cara yang mesti kamu ikuti agar makna dan nilai tradisi dapat tersampaikan dengan baik. Apa aja tuh? Silakan disimak ulasannya berikut! 

1. Amplop Merah, Simbol Keberuntungan di Tahun Baru 

Saat bicara soal Imlek dan angpao, warna merah pastinya menjadi hal pertama yang terlintas di pikiran banyak orang. Dalam kebudayaan Tionghoa, merah merupakan warna favorit yang dominan digunakan dalam hampir setiap aspek kehidupan. Alasannya adalah makna keberuntungan dan berkah melimpah yang dibawa oleh warna yang satu ini. 

Warna merah dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan serta menjauhkan si penerima amplop dari hal-hal yang tidak baik sepanjang tahun. Jadi yang paling penting dari budaya memberikan angpao adalah amplop merahnya itu sendiri, bukan uang yang ada di dalamnya. Makanya, saat kamu menerima angpao, jangan cuma disimpan uangnya saja, amplopnya juga wajib dijaga dengan baik. 

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, angpao tak hanya diberikan pada saat perayaan Tahun Baru Imlek saja. Kamu juga bisa menemukan amplop serupa di banyak acara lain seperti selamatan rumah baru, pernikahan, kelahiran bayi, bahkan duka cita. Bedanya untuk acara duka cita, amplopnya berwarna putih yang disebut pweepao

2. Pemberi dan Penerima Angpao 

Topik unik yang sering dibahas dan sudah menjadi rahasia publik di kala perayaan Imlek adalah siapa yang bisa memberi dan menerima angpao. Pada umumnya, angpao diberikan oleh sanak saudara atau keluarga yang telah memiliki penghasilan sendiri sebagai bentuk berbagi rezeki kepada orang lain. Berdasarkan adat yang ada, kewajiban memberikan angpao hanya berlaku untuk orang yang sudah menikah saja. So, kalau kamu masih jomblo, kewajiban tersebut otomatis tidak berlaku. 

Tahun baru imlek 1

Budaya memberikan angpao antar keluarga (sumber: finance.yahoo.com)

Tradisi memberikan angpao biasanya dilakukan dalam lingkungan keluarga, atau terkadang ke setiap anak kecil yang ditemui selama Tahun Baru Imlek. Pemberian angpao antara keluarga juga dilakukan tanpa mengenal batas usia. Dari anak kecil sampai orang tua, angpao dapat tetap diberikan bahkan ketika kamu sudah menikah loh, begitu pula sebaliknya. Anak yang sudah bekerja dan menikah juga memiliki kewajiban untuk memberikan angpao kepada kedua orang tuanya.  

Baca Juga
Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

GenK LIFE

5 Dilema Quarter Life Crisis yang Kerap Menghantui Milenial

GenK LIFE

Sayangi Bumi dengan 6 Langkah Hidup Ramah Lingkungan Berikut

GenK LIFE

Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

GenK LIFE

Kehabisan Masker, Pakai Masker Kain 3 Lapis Untuk Tangkal COVID-19

GenK LIFE

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>