leadersingle

Apa Beda Social Distancing dengan Physical Distancing di Tengah Wabah Corona Saat Ini?

Dibaca Normal: 3 menit aja

Seperti yang kita tahu, virus corona COVID-19 masih terus berkembang dan menyebar ke sebagian wilayah di dunia. Penyakit ini akan menginfeksi saluran pernapasan dan dapat menginfeksi ke berbagai usia, tanpa tekecuali. Di tengah wabah corona di dunia, banyak langkah yang telah diambil. Hal ini dilakukan demi mengurangi ataupun pencegahan wabar semakin menyebar. Berbagai cara telah dilakukan, salah satunya adalah dengan upaya social distancing atau pembatasan sosial. Social distancing ini mengacu pada instruksi yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memerangi penyebaran Corona.

Dilansir Pedoman Penangangan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia, social distancing ini merupakan pembatasan kegiatan penduduk dalam suatu wilayah. Pembatasan ini dilakukan di dalam sebuah wilayah yang diduga terlah terinfeksi penyakit. Selain itu, social distancing ini meminta masyarakat untuk mengurangi interaksi sosial dengan tetap tinggal di rumah dan pembatasan penggunaan transportasi publik.

Physical Distancing. (Sumber: AP).

Namun, belum lama ini WHO menghimbau semua pihak yang terkait untuk lebih menggunakan istilah physical standing dibandingkan social distancing dalam upaya pencegahan corona. Salah satu alasan utama  mengganti istilah dari social distancing menjadi physical distancing adalah perbedaan makna yang ditangkap masyarakat.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Social distancing memang memilki arti untuk menjaga jarak dan membatasi kegiatan, namun bukan pembatasan hingga harus memutus hubungan sosial dengan kerabat ataupun keluarga. Hal inilah yang dijadikan alasan WHO mengubah istilah social distancing menjadi physical distancing (pembatasan fisik) agar lebih mudah diterima dan lebih tepat.

Baca Juga
Jangan Bingung, Ini Beda ODP dan PDP Saat Corona Mewabah

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Model Potongan Rambut Wanita yang Cocok untuk Wajah Bulat

GenK LIFE

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime

GenK LIFE

Jenis-Jenis APD yang Dibutuhkan Tenaga Medis Saat Hadapi COVID-19

GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

Aneh Tapi Nyata, 4 Fobia Unik yang Bikin Kamu Bertanya-tanya

GenK LIFE

Wajib Baca! Aturan Social Distancing yang Mesti Kamu Tahu

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>