Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

Dibaca Normal: 5 menit aja
apa itu hashtag

Siapa yang belum tahu apa itu hashtag? Hayo, buat kamu yang aktif memakai media sosial, hashtag sudah pasti menjadi makanan sehari-hari yang sering gunakan. Namun apakah kamu tahu apa fungsinya sebenarnya? Cari tahu lewat artikel ini, GenK.

Penggunaan hashtag sudah menjadi hal yang lumrah bahkan menjadi suatu kewajiban di era media sosial. Apa pun media sosial yang kamu gunakan, hastag selalu bisa dicantumkan dalam setiap post sebagai bagian dari caption.

Bukan hanya simbol biasa, hashtag punya banyak manfaat yang harus kamu tahu nih. Untuk itulah di artikel kali ini kami akan membahas seputar apa itu hashtag serta membagikan tips & trick cara memaksimalkannya. Selamat menikmati!

Apa Itu Hashtag?

apa itu hashtag 1

Ilustrasi apa itu hashtag (sumber: 99social.info)

Sebelum menjadi simbol tenar seperti saat ini, hashtag atau yang dalam Bahasa Indonesianya dikenal dengan istilah tagar (tanda pagar), adalah kata yang digunakan untuk merujuk ke simbol #.

Tapi semua berubah ketika pada tahun 2007, Twitter pertama kali memperkenalkan hastag sebagai metode untuk keyword indexing dan memfasilitasi hasil pencarian di media sosial yang lebih baik. Sejak itulah, hampir seluruh media sosial telah memakai hastag untuk tujuan yang sama dengan Twitter.

Tren penggunaan hashtag lalu menyebar di kalangan para pengguna internet di seluruh dunia yang kemudian memakainya di hampir setiap post media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan Twitter, penggunaan hashtag sudah menjadi suatu menjadi keharusan.

Baca Juga
Tips dan Trik Digital Storytelling yang Efektif untuk Bisnismu

Fungsi Hashtag

apa itu hashtag 2

Ilustrasi fungsi hashtag (sumber: wtwhmedia.com)

Pemakaian hashtag dalam sebuah post di media sosial bukan hanya sekadar hiasan atau elemen pendukung semata, tapi ada fungsinya juga loh. Apa saja fungsi hashtag:

  • Meningkatkan Engagement

Menggunakan hashtag di media sosial merupakan cara yang efektif untuk membangun brand awareness serta meningkatkan engagement rate. Laporan dari Twitter menunjukan peningkatan sebesar 50 persen dalam brand engagement yang memakai hashtag dibanding yang tidak.

Pemakaian hashtag juga mampu memberikan efek positif terhadap peningkatan jumlah retweet sebagai salah satu cara menambah followers Twitter yang bisa kamu coba.

  • Membangun Brand

Hashtag juga menjadi salah satu metode yang tepat untuk membangn brand kamu lewat materi promosi, peluncuran produk baru, dan menarik perhatian para publik terhadap brand-mu.

Nah, salah satu contoh penggunaan hashtag ini bisa dilihat dari akun media sosial kami yang secara spesifik menggunakan #GenKreativv secara umum di setiap post, lalu #IndonesiaKreativv untuk kampanye perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Contoh lainnya yang bisa kamu lihat dari brand keripik kentang populer, Lays Potato Chips. Sebagai bagian dari kampanye promosi peluncuran produk keripik baru, mereka menggunakan #DoUsAFlavor untuk menciptakan tren di media sosial.

Baca Juga
Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

  • Menemukan Audiensmu

Selain bermanfaat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan engagement rate, hashtag juga dapat membantumu menemukan target audiens, GenK, atau secara lebih spesifik, membantu audiens untuk menemukanmu.

Bagaimana tuh? Sesimpel dengan memakai hashtag. Metode ini paling efektif digunakan khususnya untuk media sosial di mana para penggunanya bisa mengikuti dan melihat post yang menggunakan hashtag tersebut. Contoh hashtag Instagram #travel untuk kamu yang ingin melihat post terkait travelling.

Tips & Trik Cara Menggunakan Hastag

Nah, setelah mengetahui apa itu hashtag dan manfaat penggunaannya, kali ini kami memberikan tips dan trik menemukan hashtagyang tepat dan cara memakainya untuk post media sosialmu.

1. Twitter

apa itu hashtag 3

Contoh tren hashtag di Indonesia (sumber: addiction.id)

Jumlah hashtag optimal: 1-2

Pasti gak kaget lagi dong kalau bicara soal hashtag dan kaitannya dengan Twitter, sebagai media sosial yang menjadi tempat awal mula berkembangnya tren hashtag.

Para pengguna bisa memanfaatkan kolom pencarian untuk menemukan post teratas yang memakai hashtag tertentu dan langsung terlibat dalam tren-tren terbaru. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam strategi media sosialmu.

Selama profil Twitter-mu terbuka untuk umum, kamu bisa memanfaatkan hashtag untuk memperluas jangkauan brand-mu. Setiap tweet yang memakai hashtag dapat terlihat oleh para pengguna yang mencari konten dengan memakai hashtag tersebut.

Baca Juga
5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link