Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

Dibaca Normal: 5 menit aja
apa itu influencer

Pekerjaan sebagai influencer sangat menjanjikan, apalagi kalau kamu menjalaninya secara serius. Tapi sebenarnya apa itu influencer? Bagaimana cara menjadi salah satunya? Buat kamu yang penasaran dan haus akan informasi, yuk simak artikel berikut.

Apa itu influencer?

Sederhananya, influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah followers yang banyak dan mampu mempengaruhi massa. Nah, kalau sebutan untuk seorang influencer pasti sudah tidak asing lagi di telingamu kan? Mereka biasanya disebut artis, selebgram, atau YouTuber. Semua tergantung platform yang mereka pilih, GenK.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Bekerja sama dengan banyak orang dan brand pasti seru. Kalau kamu ingin menjadi salah satunya, kami punya beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk menjadi seorang influencer. Yuk disimak! 😏

Tentukan Kategori Konten yang Kamu Suka

apa itu influencer

Inspirasi kategori konten untuk menjadi influencer

Influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi pilihan followers-nya di media sosial. Maka dari itu, kamu perlu memilih konten yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Sebagai influencer, kamu harus benar-benar menguasai suatu bidang, entah itu tentang traveling, fashion, makanan, kecantikan, gaming, atau lifestyle

Pilih kategori konten yang mencerminkan kepribadianmu.

Tidak perlu membatasi dirimu hanya dengan memilih satu kategori konten. Mengombinasikan dua atau lebih tidak menjadi masalah kok, GenK. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa kategori satu dengan kategori lainnya masih saling berkesinambungan. Misalnya menggabungkan antara lifestyle dengan kecantikan atau traveling dengan makanan.

Pilih Platform yang Tepat

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh kuat di internet. Namun bukan berarti kamu harus menggunakan semua platform media sosial di luar sana. Balik lagi, semua tergantung kalangan massa yang disasar. Mungkin platform tertentu lebih cocok untuk mengunggah kategori kontenmu daripada yang lain, GenK. 

Pertimbangkan juga platform yang kemungkinan besar akan digunakan audiensmu. Biasanya kalangan milenial cenderung menggunakan Instagram, Twitter, atau YouTube untuk bertukar informasi. Jika kamu memilih ketiganya sekaligus mungkin kamu harus lebih ekstra, karena harus memastikan kontenmu cocok untuk setiap platform tersebut.

Baca Juga
4 Langkah Personal Branding di Medsos

Bio Sebagai Cerminan Akun

Christabelle Nanetta

Contoh bio Instagram (sumber: instagram.com/christabellenanetta)

Setelah memutuskan apa kategori konten pilihanmu, sekarang saatnya untuk membangun personal branding di media sosialmu. Isi bio dengan singkat untuk menjelaskan siapa kamu, konten apa yang akan kamu unggah, kontak yang dapat dihubungi, dan sebagainya. Fokuskan kreativitasmu untuk menciptakan bio yang menarik perhatian audiens, karena bio adalah salah satu hal yang paling pertama dilihat oleh brand atau calon followers-mu, GenK. 

Tips: Kunjungi akun-akun influencer favoritmu, entah itu di Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn, atau Blog. Dengan begitu kamu jadi punya gambaran harus menulis bio seperti apa. 👍

Atur Feed Instagram Keren

Apa itu influencer?

Apa hal yang membuatmu tertarik untuk mengikutinya di media sosial?

Pertanyaan mendasar seperti itu bisa dijadikan sebagai cerminan diri jika kamu ingin menjadi seorang influencer. Ingat, GenK, di zaman sekarang banyak orang yang berlomba-lomba membuat feed Instagram keren, tujuannya supaya tampilan akun tetap senada dan terkonsep.

Trik mengatur feed sekreatif mungkin dapat dijadikan sebagai senjata ampuh untuk menarik perhatian calon followers.

apa itu influencer

Contoh feed Instagram keren (sumber: instagram.com/kidjess)

Banyak influencer Instagram mengikuti gaya tertentu dalam mengedit foto, sehingga warna dan komposisinya tampak seragam. Pokoknya enak dipandang mata deh. Kamu dapat menggunakan aplikasi edit foto seperti VSCO atau Adobe Lightroom untuk mengedit fotomu. Pastikan juga kamu menggunakan foto yang memiliki resolusi tinggi dan pencahayaan bagus, GenK.

Tips: Sama halnya dengan pemilihan konsep yang kami bahas di poin pertama, sebaiknya kamu memilih tema feed yang sesuai dengan kepribadianmu. Di artikel sebelumnya, kami pernah membagikan inspirasi feed Instagram keren. Siapa tahu bisa dijadikan sebagai inspirasi saat kamu menata tampilan media sosialmu.

Baca Juga
7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Gunakan Hashtag yang Relevan

Penggunaan hashtag di setiap foto atau video yang kamu upload di Instagram sangat berpengaruh dalam menaikkan jumlah likes dan followers akunmu. Makanya tidak perlu heran kalau banyak influencer yang menyematkan hashtag di setiap unggahannya. Tapi hashtag seperti apa yang harus kamu pilih? 🤔

apa itu influencer

Contoh hashtag Instagram

Menggunakan hashtag dengan volume pencarian yang tinggi belum tentu bekerja dengan baik. Semakin tinggi volume pencarian, semakin tinggi pula persaingan yang harus dihadapi.

Sebagai gantinya, gunakan hashtag yang bervariasi dan kamu dapat mengombinasikan beberapa hashtag di dalam satu post. Tapi ingat, harus tetap relevan dengan konten yang diunggah. Carilah hashtag yang memiliki volume pencarian di atas 10.000 hingga satu juta, kemudian lihat efeknya. 

Semoga trik ini dapat bekerja dengan baik yah.

Membuat Business Account

Zaman sekarang, bekerja sebagai influencer adalah pekerjaan yang menjanjikan, terutama jika dijalani secara serius. Seandainya keputusanmu sudah bulat untuk menjadi influencer, buatlah business account

Tapi sebenarnya apa sih manfaat beralih ke business account?

business account

Tampilan informasi di business account (sumber: flothemes.com)

Manfaat yang paling penting bahwa dengan akun bisnis, kamu akan mendapatkan akses yang lebih lengkap. Tidak hanya dapat melihat demografi followers-mu, tetapi kamu juga dapat melihat unggahan apa saja yang mendapatkan engagement paling tinggi.

Mendapat data demografi followers sangat berguna ketika kamu ingin melakukan kolaborasi dengan sebuah brand. Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah kemampuan untuk memasang ads (iklan). Mau mempromosikan salah satu unggahanmu untuk mendapat engagement yang lebih tinggi sangat mungkin dilakukan, GenK.

Baca Juga
Digital Storytelling, Cara Berbisnis Efektif di Era Digital

Kolaborasi dengan Influencer Lain

Ketika kamu masih meraba-raba sebenarnya apa itu influencer dan bagaimana cara menjadi influencer, membangun relasi dengan seseorang yang sudah lebih dulu terjun sebagai influencer akan sangat membantu. 

Dari relasimu tersebut, kamu jadi tahu seluk-beluk cara menjadi influencer dan apa saja tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang.

apa itu influencer

Ilustrasi berkolaborasi dengan influencer lain (sumber: YouTube Kenzie)

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bisa melakukan kolaborasi konten dengannya loh. Followers relasimu mungkin akan tertarik untuk berkunjung ke profil media sosialmu juga, GenK. 

Jika influencer yang sudah memiliki nama besar tampaknya tidak terjangkau, cobalah untuk membangun relasi dengan influencer yang memiliki fanbase kecil tapi aktif.


Sekarang kamu jadi tahu kan apa itu influencer? 😊 Tidak perlu takut gagal sebelum mencoba, terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, GenK. Oh iya, kalau kamu tertarik menjadi influencer dengan konten haul, kami pernah membahas tentang apa itu haul video di artikel sebelumnya. Yuk lanjut simak informasinya!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Investasi Sejak Muda

GenK LIFE

6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Toxic yang Menyebalkan

GenK LIFE

Tips Meningkatkan Daya Ingat yang Terbukti Secara Ilmiah, Wajib Coba!

GenK LIFE

Apa itu Herd Immunity dan Kenapa Dihubungkan dengan Corona?

GenK LIFE

Jangan Keliru, Begini Beda Data Science dan Data Analyst yang Harus Kamu Tahu

GenK LIFE

6 Jenis Olahraga di Rumah Supaya Tubuh Tetap Bugar

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>