GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

apa itu meme

Apa urusan Anda menanyakan itu? Ada yang kenal gak sama kalimat itu? Pasti pada tahu dong, salah satu meme yang sempat viral beberapa waktu lalu dari salah satu hasil wawancara di TV. Nah, tapi tahukah kamu sebenarnya apa itu meme dan mengapa bisa sampai merajalela seperti sekarang? Mari kita cari tahu!

Fenomena penggunaan meme telah menjamur di masyarakat khususnya kalangan anak muda. Meme adalah salah satu ikon yang menjadi ciri khas dari budaya komunikasi internet di zaman sekarang, GenK.

Tentu bukan hal asing lagi dong buat kamu sebagai seorang internet citizen (netizen) saat menemukan meme di internet dengan berbagai pesan yang dibawanya. Pada umumnya meme yang ada di internet bertujuan sebagai media untuk menyampaikan humor yang disajikan secara hiperbola atau bernada sarkas. Namun tahukah kamu sebenarnya apa itu meme dan bagaimana sih, meme bisa menjadi viral seperti saat ini? Cekidot!

Apa Itu Meme?

apa itu meme 1

Meme populer “is this a pigeon” (sumber: elitdaily.com)

Saat kamu menjadi bagian dari dunia internet yang terus berkembang dengan beragam tren baru yang selalu berubah setiap harinya, kamu tentu tidak bisa lepas dan terkadang turut menjadi bagian dari arus tren yang ada.

Dari sekian banyak tren yang berkembang di dunia maya, meme, muncul sebagai salah satu ciri khas yang paling menonjol dan dipakai oleh banyak netizen dari berbagai negara. Jadi bisa dibilang, meme ini menjadi semacam format bahasa universal lintas dunia digital.

Tapi apakah kamu tahu apa itu meme? Apakah hanya sekedar gambar dan tulisan viral? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), meme memiliki arti seperti berikut nih:

  1. n ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya
  2. n cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur

Jadi meme adalah media yang dipilih berupa gambar, baik dalam bentuk foto maupun animasi atau lukisan yang ditambahkan kalimat atau kata-kata tertentu sesuai dengan konteks gambar.

Gambar yang dipilih biasanya berasal dari sesuatu yang viral karena keunikan dan menariknya unsur-unsur pada gambar tersebut. Kemudian pada gambar tersebut ditambahkan teks atau kalimat yang relevan dengan ekspresi atau pesan yang ada pada gambarnya.

Kalimat yang digunakan pada gambar tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Dengan sentuhan humor hiperbola dan juga tak jarang bersifat sarkastik. Humor yang dibawa dapat menggambarkan situasi atau isu terkini yang sedang menjadi perbincangan publik.

Baca Juga :   Pupuk Jiwa Nasionalisme-mu dengan Bangga Gunakan Produk Lokal!
About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

Leave a Reply

Your email address will not be published.