Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

Dibaca Normal: 4 menit aja
apa itu meme

Apa urusan Anda menanyakan itu? Ada yang kenal gak sama kalimat itu? Pasti pada tahu dong, salah satu meme yang sempat viral beberapa waktu lalu dari salah satu hasil wawancara di TV. Nah, tapi tahukah kamu sebenarnya apa itu meme dan mengapa bisa sampai merajalela seperti sekarang? Mari kita cari tahu!

Fenomena penggunaan meme telah menjamur di masyarakat khususnya kalangan anak muda. Meme adalah salah satu ikon yang menjadi ciri khas dari budaya komunikasi internet di zaman sekarang, GenK.

Tentu bukan hal asing lagi dong buat kamu sebagai seorang internet citizen (netizen) saat menemukan meme di internet dengan berbagai pesan yang dibawanya. Pada umumnya meme yang ada di internet bertujuan sebagai media untuk menyampaikan humor yang disajikan secara hiperbola atau bernada sarkas.

Namun tahukah kamu sebenarnya apa itu meme dan bagaimana sih, meme bisa menjadi viral seperti saat ini? Cekidot!

Apa Itu Meme?

apa itu meme 1

Meme populer is this a pigeon (sumber: elitdaily.com)

Saat kamu menjadi bagian dari dunia internet yang terus berkembang dengan beragam tren baru yang selalu berubah setiap harinya, kamu tentu tidak bisa lepas dan terkadang turut menjadi bagian dari arus tren yang ada.

Dari sekian banyak tren yang berkembang di dunia maya, meme, muncul sebagai salah satu ciri khas yang paling menonjol dan dipakai oleh banyak netizen dari berbagai negara. Jadi bisa dibilang, meme ini menjadi semacam format bahasa universal lintas dunia digital.

Tapi apakah kamu tahu apa itu meme? Apakah hanya sekedar gambar dan tulisan viral?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), meme memiliki arti seperti berikut nih:

  1. n ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya
  2. n cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur

Jadi meme adalah media yang dipilih berupa gambar, baik dalam bentuk foto maupun animasi atau lukisan yang ditambahkan kalimat atau kata-kata tertentu sesuai dengan konteks gambar.

Gambar yang dipilih biasanya berasal dari sesuatu yang viral karena keunikan dan menariknya unsur-unsur pada gambar tersebut. Kemudian pada gambar tersebut ditambahkan teks atau kalimat yang relevan dengan ekspresi atau pesan yang ada pada gambarnya.

Kalimat yang digunakan pada gambar tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Dengan sentuhan humor hiperbola dan juga tak jarang bersifat sarkastik. Humor yang dibawa dapat menggambarkan situasi atau isu terkini yang sedang menjadi perbincangan publik.

Baca Juga
5 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

Meme Sebagai Bentuk Komunikasi Gaya Baru

apa itu meme 2

Meme sebagai gaya komunikasi baru (sumber: pexels.com)

Selain tujuan penggunaannya sebagai sumber lelucon, meme juga mulai berkembang sebagai bagian dari budaya komunikasi digital dengan gaya baru, GenK. Maraknya penggunaan meme sebagai medium untuk menyampaikan informasi mirip dengan berkembangnya tren pemakaian emoji dengan 1001 artinya.

Penyampaian informasi melalui media gambar atau pictograph seperti pada emoji, membawa kita pada era komunikasi baru yang turut berkembang bersama dengan kemajuan teknologi.

Gambar dipilih sebagai medium yang tepat karena secara alami otak manusia dapat lebih mudah memproses sesuatu yang disajikan secara visual dibanding hanya berupa tulisan misalnya.

Untuk meme sendiri, penggunaan gambar yang menarik didukung oleh kalimat yang kontekstual yang disusun sedemikian rupa agar dekat dengan para pembaca. Alhasil, meme menjadi booming di kalangan pengguna internet yang memang didominasi oleh anak muda yang serba update tentang berbagai macam hal.

Penyampaian informasi melalui meme dianggap lebih berhasil karena penyajiannya yang singkat dan cocok untuk gaya hidup zaman sekarang yang memang serba cepat dan praktis.

Ditambah lagi gaya bahasa yang digunakan juga lebih ringan dan memang mirip dengan gaya bahasa yang umum dipakai sehari-hari. Apalagi dengan sentuhan humor khas yang bersifat sarkastik dan hiperbola.

Banyak orang tidak memiliki waktu untuk membaca teks yang panjang dan membosankan untuk mengerti suatu pesan yang ingin disampaikan. Untuk itulah meme yang menggunakan gambar-gambar unik dengan informasi relevan dengan kehidupan kita menjadi mudah untuk diterima para pengguna internet.

Baca Juga
Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link