Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

Dibaca Normal: 5 menit aja
apa itu toxic

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman, selalu kesal, dan hawanya ingin marah kalau dekat dengan seseorang? Mungkin saja dia adalah orang yang toxic. Atau, mungkin justru kamulah yang mengidap karakter buruk tersebut. Yuk baca apa itu toxic beserta ciri-cirinya!

Toxic people adalah istilah untuk orang yang doyan toxic. Yap, istilah yang diberikan kepada orang yang menyebalkan ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat dan warganet. Dikit-dikit bilang toxic, marah dibilang toxic, semuanya jadi serba toxic. Supaya lebih paham soal karakter menyebalkan ini, kami akan membahas seputar apa itu toxic, ciri-ciri orang yang toxic, dan cara terhindar dari sikap toxic itu sendiri.

Apa Itu Toxic?

apa itu toxic 1

Ilustrasi orang toxic (sumber: theatlantic.com)

Toxic toxic club, sebutan ini ditujukan buat sekelompok orang yang dianggap toxic. Tapi tahukah kamu apa itu toxic? Jangan sampai kamu sering mengatakan istilah toxic tapi malah tidak tahu artinya. Jadi, kata toxic itu kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, toxic adalah mengandung racun. Wah dari artinya saja sudah serem dan bahaya banget kan? Tapi racun di sini bukan kata racun yang sebenarnya loh, melainkan racun berbentuk sifat diri yang menyebabkan orang lain terkena dampak negatif dari yang kita perbuat. Kalau dilihat dari kamus Bahasa Inggris, toxic adalah kata sifat yang digunakan untuk mendeskripsikan kepada orang yang punya banyak sifat negatif, orang yang mudah jengkel, suka berbicara kasar ke orang lain, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Orang Toxic

Yakin kamu bukan orang yangtoxic? Daripada cuma menduga-duga, yuk simak ciri-ciri orangtoxicberikut ini. Siapa tau ada salah satu cirinya yang mirip dengan sifatmu.

1. Playing Victim untuk Menyalahkan Orang Lain

apa itu toxic 2

Ilustrasi bersedih hati (sumber: pexels.com)

Pokoknya semua salah dia. Aku nggak mau ikut-ikutan deh”. Ingatlah bahwa masalah di kehidupan sosial pasti berhubungan antara satu orang dengan orang lainnya atau bahkan sebuah kelompok. Sehingga ada kemungkinan kesalahan tidak muncul murni dari satu orang saja. Tidak akan ada asap kalau tidak ada api.

Orang yang toxic akan senang bila berada di dalam situasi di mana ia bisa dengan gampang menyalahkan orang lain. Tidak jarang, ia akan dengan senang hati menerima peran sebagai korban. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyalahkan orang lain atas semua permasalahan yang terjadi. Keadaan seperti ini diartikan sebagai playing victim. Nah sekarang kamu jadi tahu juga kan arti playing victim.

Sekarang saatnya bercermin dengan diri sendiri. Kamu lebih suka tenggelam di dalam kesengsaraan dan mengambil peran sebagai korban atau bangkit lagi sambil mencari jalan keluar demi hidup yang lebih baik? Kalau hasilnya ternyata kamu lebih senang playing victim, berarti kamu termasuk ke dalam salah satu ciri orang yang toxic.

Baca Juga
Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link