Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

Dibaca Normal: 5 menit aja
art block

Pekerja kreatif merupakan jenis profesi yang paling rentan mengalami art block. Kalau sudah begini, kira-kira kamu harus gimana yah? Padahal deadline sudah di depan mata. Mari simak penjelasannya di sini, GenK!

Sekreatif apapun orang, pasti ada kalanya ketika mereka kehabisan ide. Inspirasi seni pun juga jadi terasa kurang. Ini merupakan hal yang lumrah dialami seorang pekerja kreatif, GenK.

Mau kamu seorang desainer, video editor, penulis novel, penulis lagu, dan lain-lain pasti pernah merasakan kondisi seperti itu.

art block 1

Ilustrasi mengalami art block (sumber: pexels.com)

Walaupun sudah menjadi hal yang lumrah, tapi hilangnya ide dan inspirasi benar-benar mengganggu dan menjengkelkan. Apalagi kalau deadline dari klien sudah ada di depan mata. Bisa gawat kalau begini sih!

Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan art block.

Wah apa tuh?

Langsung saja simak penjelasannya di poin berikutnya. Cekidot!

Apa Itu Art Block?

Kalau penulis pasti sering mengalami writers block, di mana mereka kehilangan ide untuk menulis. Sedangkan, pekerja kreatif atau yang lebih spesifiknya seorang desainer, rentang mengalami yang namanya art block.

Ketika kamu berada di komunitas seni, pasti pernah mendengar istilah yang satu ini, GenK. Apalagi kalau kamu berteman dengan banyak desainer, pasti mereka pernah mengeluhkan masa-masa ketika mengalami kreativitas mandek.

art block 2

Ilustrasi tidak ada ide (sumber: pexels.com)

Art block adalah periode ketika seorang seniman atau desainer tidak dapat mengakses kreativitasnya atau mereka tidak dapat membawa diri mereka untuk membuat karya yang baru.

Jangankan disuruh mendesain, untuk membuat konsep awal saja otakmu tiba-tiba mogok dan tidak bisa diajak untuk menghasilkan ide kreatif.

Kondisi seperti ini akan datang kepada siapa pun tanpa pandang bulu loh. Baik kamu seorang seniman tradisional maupun digital.

Serem banget gak tuh?

Sekarang coba tanyakan kepada dirimu sendiri. Apakah kamu sedang merasakan turunnya minat untuk mendesain?

Kondisi ini diikuti dengan gejala tidak ada ide baru, pikiran menjadi kosong, murung, dan kurang percaya diri.

Bisa jadi kamu adalah satu orang yang terkena virus mentok ide ini, GenK.

Baca Juga
4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

Kenapa Orang Bisa Terkena Art Block?

Sekarang pergilah ke dapur, buat secangkir kopi hangat. Kemudian duduk di meja kerja. Setelah itu coba kamu buka laptop untuk mulai mendesain.

Semuanya sudah siap, tapi otak kamu masih belum bisa diajak kompromi.

Tidak ada inspirasi dan motivasi. Lantas tidak akan ada kemauan untuk mulai mencoba. Sekalinya mencoba untuk menggambar pun tetap gagal lagi. Kalau kayak gini sih kamu sudah kena art block level akut, GenK.

Jangan dibiarkan berlarut-larut, karena masalahnya bisa merembet ke mana-mana, termasuk pekerjaan. Coba deh cari tahu apa penyebabnya supaya bisa lekas disembuhkan.

Berikut adalah beberapa alasan yang memungkinkan kamu bisa terkena art block. Yuk disimak!

1. Merasa lelah dengan siklus pekerjaan

Kamu mungkin memiliki hari yang panjang saat berada di kantor. Mendesain logo dan menyusun layout katalog seharian membuat kamu kelelahan. Saking terlalu lelahnya, kamu jadi malas untuk melakukan apa pun. Semua aktivitas terasa berat dan menguras energi.

art block 3

Ilustrasi kelelahan (sumber: pexels.com)

Rasa lelah juga tidak melulu berasal dari fisik loh, tapi juga psikologi kamu.

Desain lagi desain lagi

Setiap hari melakukan pekerjaan yang itu-itu saja memang bikin enek. Alhasil dari dalam diri kamu sudah menolak bekerja lebih keras untuk menghasilkan ide-ide baru, GenK. Mungkin, salah satu solusinya adalah dengan mencari cara untuk keluar dari kehidupan yang membosankan.

Baca Juga
5 Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kreatif

2. Sering mengkritik karya sendiri

Membandingkan karyamu dengan karya para profesional punya nilai positif dan negatifnya. Positifnya, kamu jadi termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Sedangkan negatifnya, kamu jadi sering mengkritik karya sendiri.

Contohnya ketika kamu menonton live painting di YouTube. Seakan-akan ilustrator tersebut sangat mudah ketika membuat gambar, padahal di balik semua itu ada yang namanya usaha dan latihan.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengkritik diri sendiri. Ganti kata-kata berkonotasi negatif tersebut dengan self talk positif.

3. Hilangnya motivasi

Terkadang kamu membutuhkan sosok atau objek sebagai motivasi kamu dalam membuat karya. Ketika kamu kehilangan motivasi, kamu jadi tidak tahu apa yang alasan kamu melakukan sesuatu.

Tanpa kamu sadari, sosok atau objek ini mampu menjadi sumber kekuatan kamu dalam bertindak.

4. Lingkungan yang tidak nyaman

art block 4

Ilustrasi stres karena suara berisik (sumber: apartmentratings.com)

Di poin-poin sebelumnya, kami sudah memberikan alasan terjadinya art block dari diri kamu sendiri. Sekarang saatnya coba lihat dari faktor eksternal.

Bisa jadi, kamu tinggal di lingkungan yang tidak nyaman. Sehingga fokusmu jadi bercabang. Misalnya ada tetangga yang berisik, motor lalu-lalang di jalan raya, adik yang menonton televisi, dll.

Mungkin yang kamu butuhkan saat ini adalah berdiam diri di tempat yang tenang. Setidaknya biarkan dirimu untuk menjernihkan pikiran.

Baca Juga
Apa Benar Night Owls Lebih Kreatif daripada Early Birds?

Bagaimana Cara Mengatasi Art Block?

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi art block. Simak setiap poin-poinnya, GenK!

1. Membuat doodle

art block 5

Contoh doodle (sumber: pexels.com)

Doodle art adalah seni mencoret-coret yang bebas sehingga membentuk gambar dalam bentuk yang imajinatif. Sifatnya sendiri sebenarnya bebas dan abstrak, sehingga tidak masalah kalau seandainya dibuat tanpa konsep. Biarkan semuanya mengalir. Mana tahu lama-lama ide dan inspirasi muncul dengan sendirinya.

2. Hangout bersama teman

art block 6

Ilustrasi hangout bersama teman (sumber: pexels.com)

Sisihkan satu hari untuk hangout bersama teman. Ke mall, toko buku, kafe, atau apa pun itu. Di sana kamu bisa bertemu orang baru. Siapa tahu dari sekadar jalan-jalan santai, kamu bisa mendapat inspirasi untuk mendesain. Beberapa inspirasi memang datang ketika pikiran kamu sedang rileks dan jauh dari rasa cemas.

Baca Juga
5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

3. Keluar dari zona nyaman

Zona nyaman membuat kamu terjebak dalam kebiasaan yang membuat kamu jadi tidak kreatif. Cobalah keluar dari zona tersebut dengan cara mencoba sesuatu yang sedikit berbeda.

Jika kamu seorang desainer grafis, carilah referensi gaya desain grafis yang menginspirasi. Kemudian jangan lelah untuk berlatih dengan gaya baru yang ingin kamu coba.

4. Membuat kesalahan

art block 7

Ilustrasi mulai mendesain lagi (sumber: pexels.com)

Membuat kesalahan seharusnya tidak berarti gagal. Anggaplah kamu hanya belum berhasil saja, GenK.

Ide yang matang akan muncul ketika kamu sudah melalui proses panjang yang di dalamnya terjadi trial and error. Dari kegagalan tersebut, kamu jadi tahu apa saja yang harus diperbaiki kedepannya. Sekarang buka laptopmu, mulai kerjakan semua tugas yang menumpuk. Tidak perlu terburu-buru, yang penting terus mengalir.


Nah, itu dia penjelasan singkat seputar art block dan bagaimana cara mengatasinya. Gak perlu takut mengalami kebuntuan ide, karena pasti ada solusinya jika kamu mau berusaha. Tetap semangat, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

GenK LIFE

Yuk Intip Tips dan Cara Mendapat Uang dari Podcast!

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link