Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

Dibaca Normal: 5 menit aja
art block

Pekerja kreatif merupakan jenis profesi yang paling rentan mengalami art block. Kalau sudah begini, kira-kira kamu harus gimana yah? Padahal deadline sudah di depan mata. Mari simak penjelasannya di sini, GenK!

Sekreatif apapun orang, pasti ada kalanya ketika mereka kehabisan ide. Inspirasi seni pun juga jadi terasa kurang. Ini merupakan hal yang lumrah dialami seorang pekerja kreatif, GenK.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Mau kamu seorang desainer, video editor, penulis novel, penulis lagu, dan lain-lain pasti pernah merasakan kondisi seperti itu.

art block 1

Ilustrasi mengalami art block (sumber: pexels.com)

Walaupun sudah menjadi hal yang lumrah, tapi hilangnya ide dan inspirasi benar-benar mengganggu dan menjengkelkan. Apalagi kalau deadline dari klien sudah ada di depan mata. Bisa gawat kalau begini sih!

Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan art block

Wah… apa tuh?

Langsung saja simak penjelasannya di poin berikutnya. Cekidot!

Apa Itu Art Block?

Kalau penulis pasti sering mengalami writer’s block, di mana mereka kehilangan ide untuk menulis. Sedangkan, pekerja kreatif atau yang lebih spesifiknya seorang desainer, rentang mengalami yang namanya art block

Ketika kamu berada di komunitas seni, pasti pernah mendengar istilah yang satu ini, GenK. Apalagi kalau kamu berteman dengan banyak desainer, pasti mereka pernah mengeluhkan masa-masa ketika mengalami kreativitas mandek.

art block 2

Ilustrasi tidak ada ide (sumber: pexels.com)

Art block adalah periode ketika seorang seniman atau desainer tidak dapat mengakses kreativitasnya atau mereka tidak dapat membawa diri mereka untuk membuat karya yang baru.

Jangankan disuruh mendesain, untuk membuat konsep awal saja otakmu tiba-tiba mogok dan tidak bisa diajak untuk menghasilkan ide kreatif.

Kondisi seperti ini akan datang kepada siapa pun tanpa pandang bulu loh. Baik kamu seorang seniman tradisional maupun digital.

Serem banget gak tuh?

Sekarang coba tanyakan kepada dirimu sendiri. Apakah kamu sedang merasakan turunnya minat untuk mendesain? 

Kondisi ini diikuti dengan gejala tidak ada ide baru, pikiran menjadi kosong, murung, dan kurang percaya diri.

Bisa jadi kamu adalah satu orang yang terkena virus mentok ide ini, GenK.

Baca Juga
Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Tips Ngobrol Asik Agar Menghasilkan Ide Kreatif

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

GenK LIFE

Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

GenK LIFE

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link