5 Manfaat Art Therapy untuk Kesehatan Raga dan Mentalmu

Dibaca Normal: 3 menit aja

Mengapa ada banyak seniman yang tetap berkarya dan menghasilkan karya seni seumur hidupnya meski karyanya kurang laku di pasaran? Mengapa seringkali mereka memilih untuk hidup susah yang penting masih dapat berkarya? Jawabannya adalah karena karya seni yang diciptakan merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara buah pikirannya dengan dunia nyata. 

Slider
Slider
Slider

Kerumitan pemikirannya, kacau balau perasaannya, semuanya terungkapkan dengan baik melalui karya seni tersebut. Rasanya mungkin sama seperti kita curhat kepada teman terdekat kita saat sedang merasa sedih. Bagi seniman, membuat karya seni adalah salah satu cara untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakan. Itu adalah hal yang bisa membuatnya lega, dan meringankan beban pikirannya. Namun, sama seperti curhat, tidak semua orang paham dan mengerti apa yang sebenarnya seniman tersebut rasakan. 

Di dunia terapi, ada istilah yang dikenal dengan nama art therapy. Waduh, apa tuh? Art therapy adalah salah satu bentuk terapi yang menggunakan metode seni yang bermanfaat untuk membantu seseorang melampiaskan emosinya dan mengungkapkan pikirannya yang tidak bisa diungkapkan secara verbal melalui karya seni; baik itu menyanyi, menari maupun menggambar. Michigan State University menyatakan bahwa art therapy memiliki manfaat untuk mental dan kejiwaan secara menyeluruh. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Ningkatin Present Awareness

Sumber: pexels.com

Kesadaran akan masa kini (present moment) adalah salah satu hal penting yang harus kamu miliki untuk bisa menghadapi situasi sosial maupun masalah psikologis yang mengganggu. Fokus pada saat ini sangat mungkin dapat membantu kamu dalam melakukan berbagai hal dengan lebih baik dan juga optimal. Namun, mungkin banyak orang yang sulit memfokuskan dirinya pada present moment ini. Karena itu, art therapy mampu untuk membantu kamu, dan siapapun untuk fokus pada present moment alias masa kini.

Baca Juga
Seni Bersyukur dan Menyayangi Diri Sendiri dengan Body Positivity

2. Memperkuat Self Image

Sumber: pexels.com

Self image bisa dikatakan mirip seperti self concept, yaitu suatu gambaran tentang diri sendiri. Banyak orang, atau mungkin termasuk kamu nih yang memiliki self image yang buruk, misalnya sering teledor, merasa tidak berguna, dan sebagainya. Nah, dengan menggunakan teknik art therapy ini, kamu bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi dan juga memperkuat self image positif diri. Misalnya kamu adalah orang yang berani, maka dengan art therapy, self image-mu sebagai orang yang berani akan menjadi lebih kuat dan juga melekat pada dirimu sendiri.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

GenK LIFE

Kenali Apa Itu Public Shaming Beserta Dampaknya

GenK LIFE

Kenali Gaslighter dan Cara Menghadapinya Agar Tidak Termanipulasi!

GenK LIFE

Pola Asuh Tiger Parenting, Benar Baikkah untuk Mental Anak?

GenK LIFE

6 Tips Mengatur Ritme Sirkadian (Jam Biologis Tubuh) Agar Tetap Bugar dan Produktif

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link