Asah Kreativitas Anak dengan Lakukan 5 Cara Ini

Dibaca Normal: 3 menit aja

Sebagai orang tua, pasti akan senang jika memiliki anak yang tumbuh dengan baik dan kreatif. Anak yang kreatif biasanya akan lebih percaya diri jika berada di dalam lingkungan sosial. Kreativitas merupakan sebuah potensi penting dari anak yang perlu untuk dikembangkan sejak dini. Hal ini karena kreativitas merupakan pondasi anak agar mampu menyelesaikan masalah, berpikir luar biasa (out of the box) dan berani menjelajah serta mencoba hal baru.

Slider
Slider
Slider

Dilansir Parents, membiarkan anak untuk beraktivitas tentu secara tidak langsung dapat membantu memaksimalkan kecerdasannya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan atau mengasah kreativitas dalam diri anak yang perlu kamu tahu.

1. Ajak anak untuk bermain

Ilustrasi bermain. (Sumber: pexels)

Bermain merupakan salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengasah kreativitas anak. Walay terbilang sepele, sebenarnya bermain memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kemampuan motorik anak, menyalurkan energi anak hingga meningkatkan imajinasinya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah ajak anak untuk membuat mainan sendiri DIY (Do it Yourself). Kamu bisa membantu membuatnya dari barang-barang bekas seperti kain perca, kardus, botol bekas dan barang lainnya. Kamu juga bisa mengembangkan imajinasinya dengan melakukan hal tersebut.

2. Jangan membatasi gerak

Ilustrasi bermain pasir. (Sumber: pexels)

Sebagai orang tua, kerap memiliki kekhawatiran sendiri bagi anak untuk bermain di luar rumah. Hal tersebut memang hal yang sangat wajar terjadi, tapi jangan sampai kamu membatasi ruang geraknya.

Beri ia kesempatan untuk bermain di luar rumah, mengenal alam,  dan bermain dengan teman-teman. Lewat cara itu anak akan kaya pengalaman dan terbiasa berinteraksi dengan lingkungan yang akan membuatnya belajar banyak hal, termasuk menyelesaikan masalah. Jangan lupa juga untuk memberi pengertian anak saat ingin bermain. Misal seperti memberi pengertian untuk selalu mencuci tangan setelah bermain pasir atau memegang hewan, dan lainnya.

Baca Juga
4 Cara Menumbuhkan Empati Pada Anak yang Harus Kamu Tahu

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Edukasi Berkendara Aman di Era New Normal dengan SALTING ‘Safety & Talking’ ala Mahasiswa LSPR

GenK LIFE

Milenial, Bukan Saatnya Lagi Untuk Boros, Coba 5 Investasi Ini

GenK LIFE

Jenis Tanaman Hias Daun, Ada Janda Bolong Hingga Ekor Tupai

GenK LIFE

Ucapan Toxic Positivity, Bukan Menyemangati tapi Justru Perih di Hati

GenK LIFE

Cara Meningkatkan Self Talk Positif untuk Hidup yang Lebih Baik

GenK LIFE

Alpha, Beta, dan Omega: Ladies, Cari Tahu Tipe Kepribadian Kamu di Sini!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link