Bagaimana Cara Berhenti Menyentuh Wajah Agar Terhindar dari Virus Corona?

Dibaca Normal: 3 menit aja
cara berhenti menyentuh wajah

Kasus pasien yang terjangkit virus corona semakin meningkat. Perlu diketahui bahwa cara penularan virus corona bersumber dari droplet atau cairan yang masuk ke dalam tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan kamu untuk tidak menyentuh wajah, karena kamu tidak akan tahu apakah tanganmu benar-benar bersih dari cairan orang yang terinfeksi atau tidak. Sebab itu selalu ada himbauan untuk memahami cara mencuci tangan yang benar dan tidak menyentuh area wajah.

Slider
Slider
Slider

Cara Berhenti Menyentuh Wajah

Lalu bagaimana cara berhenti menyentuh wajah? Karena pada kenyataannya manusia sangat sulit untuk tidak menyentuh wajah sama sekali. Seorang ahli pernah menyampaikan bahwa sejak di dalam rahim, manusia sudah menyentuh wajah. DNA manusia sejak dulu terancang untuk menyentuh wajah meski tanpa kamu sadari.

Akan sangat berbahaya jika tetesan cairan orang yang telah terinfeksi menempel di tanganmu dan kamu malah menyentuh dan menggosok area mulut, hidung, atau mata. Demi mengurangi risiko terinfeksi virus corona, berikut beberapa cara berhenti menyentuh wajah, di antaranya:

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Mengalihkan Kebiasaan

cara berhenti menyentuh wajah

Menyentuh wajah (sumber: nbcdfw.com)

Teknik mengalihkan kebiasaan kerap digunakan untuk membantu seseorang agar bisa fokus pada perilaku yang berlawanan. Sama halnya ketika kamu memiliki kebiasaan menyentuh wajah. Kamu perlu menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut. Bayangkan ada berapa banyak bakteri dan kuman membandel di telapak tanganmu sebelum dicuci bersih. Mungkin benar-benar menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah cukup sulit, tapi kamu dapat mengalihkannya, yaitu dengan menyentuh area tubuh lain yang tidak berisiko terkena bakteri. Cara seperti ini lama-kelamaan menjauhkan kamu dari perilaku asli.

2. Menyilangkan Tangan di Dada

cara berhenti menyentuh wajah

Menyilangkan tangan di depan dada (sumber: psychologytoday.com)

Cara berhenti menyentuh wajah yang berikutnya ialah dengan menyilangkan tangan di depan dada. Setiap hendak mengangkat tangan untuk menyentuh area wajah, kamu akan tersadar alasan kenapa kamu menyilangkan tangan di depan dada. Sehingga kamu tersadar dan mengurungkan niat untuk menyentuhnya. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah dilakukan, terutama saat kamu berada di tempat umum.

Baca Juga
Social Distancing untuk Hindari Virus Corona

3. Buat Tangan Kamu Sibuk

cara berhenti menyentuh wajah

Meremas bola (sumber: diariodemadryn.com)

Tanganmu akan bergerak meski tanpa disadari. Salah satu cara untuk mencegah kontak tangan ke wajah yakni dengan membuat tanganmu sibuk. Pegang benda lain yang bisa mengalihkan perhatian dan membuat tangan jadi sibuk, seperti squishy atau bola kecil yang bisa diremas. Ini merupakan pilihan yang tepat, karena meremas barang-barang juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan stres berlebih. Eits, tapi jangan lupa membersihkan barang tersebut secara rutin, karena kemungkinan barang tersebut menjadi tuan rumah kuman dan bakteri membandel.

Baca Juga
5 Tips Work From Home Ini Bikin Kamu Tetap Produktif

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Benarkah Keluarga Rothschild Merupakan Keluarga Terkaya di Dunia?

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

Meningkatkan Kualitas Hidup, Ternyata Ada Banyak Manfaat Jadi Single

GenK LIFE

Buka Puasa Bersama: Hal yang Selalu Dirindukan di Bulan Ramadhan

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

7 Alasan Kenapa Cewek Harus Cobain Solo Travelling

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link