leadersingle

Quarter Life Crisis dan Balada Kegalauan Anak Milenial

Dibaca Normal: 3 menit aja
Quarter life crisis 3

“Duh, kok teman-temanku sudah pada sukses yah? Kenapa di usia segini aku masih belum bisa mencapai apa yang orang lain gapai? Mungkin inilah yang dinamakan dengan quarter life crisis.” Apakah kamu termasuk salah satu orang yang kerap memiliki pikiran penuh keraguan seperti itu? Jangan khawatir, hal tersebut merupakan fenomena yang wajar terjadi di kalangan milenial. Yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

Apa Itu Quarter Life Crisis 

Quarter life crisis 1

Sumber: pexels.com

Memasuki usia 20-an, ada banyak perubahan yang datang silih berganti memasuki kehidupanmu. Mulai dari dalam diri secara emosional, fisik, dan spiritual, hingga ke berbagai hal-hal tak menentu yang datang dari faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pertemanan, dan dunia kerja. 

Pada fase yang rentan inilah, anak muda kerap mengalami sebuah fenomena yang dikenal dengan istilah quarter life crisis (QLC). Istilah ini sempat menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan dalam waktu belakangan ini, khususnya di kalangan generasi milenial yang memang berada pada rentang usia 20 sampai 30-an.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Lalu, apa sih sebenarnya balada kegalauan yang ramai dibicarakan tersebut? Quarter life crisis adalah istilah yang merujuk ke suatu fase kehidupan oleh individu pada usia antara 20 hingga awal 30-an. Individu yang mengalami fase ini merasakan kegelisahan serta keraguan berlebih akan berbagai macam hal, namun secara spesifik adalah tentang tujuan hidup. 

Berdasarkan laporan yang dikutip dari The Guardian, quarter life crisis mempengaruhi sebanyak 86% generasi milenial di seluruh dunia. Laporan tersebut memuat kasus milenial yang sedang berjuang menghadapi kesepian, kekecewaan, insecurity, dan depresi. Pada laporan tersebut juga disimpulkan bahwa hampir setiap milenial pernah atau memiliki potensi untuk mengalami quarter life crisis. Kemudian yang menjadi pertanyaan terbesarnya adalah bukan apakah kamu akan mengalami quarter life crisis atau tidak, tapi kapan? 

Baca Juga
5 Dilema Quarter Life Crisis yang Kerap Menghantui Milenial

Penyebab Quarter Life Crisis 

Quarter life crisis 2

Sumber: pexels.com

Di tengah-tengah pesatnya perkembangan peradaban yang menghasilkan masyarakat maju, ada berbagai macam nilai baru dan tantangan yang kemudian turut muncul bersamaan. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat merupakan salah satu dampak yang dapat terlihat di abad 21 dengan kemajuan teknologi yang juga sangat cepat. Nah, inilah kemudian yang menjadi faktor menjamurnya fenomena QLC di generasi milenial kini. 

Jika ditanya soal akar masalah yang menjadi penyebab quarter life crisis, jawabannya tidak akan semudah memesan makanan di aplikasi online. Semakin beragamnya pilihan hidup terkadang tak selalu membawa dampak yang positif. Para milenial kerap mengalami kesulitan untuk menentukan satu dari sekian banyak pilihan yang ada dalam berbagai aspek kehidupannya. Mulai dari urusan jodoh, karir, keluarga, sosial, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga
Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

6 Cara Agar Terhindar dari Sifat Toxic yang Menyebalkan

GenK LIFE

Apa Itu Alcohol Swab dan Kenapa Jadi Langka di Tengah Wabah Corona?

GenK LIFE

5 Cara Berpikir Positif

GenK LIFE

5 Cara Mengatasi Imposter Syndrome Sesuai Jenisnya

GenK LIFE

4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

GenK LIFE

Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link