fbpx

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
buku referensi skripsi

Bagi kalian yang merupakan mahasiswa tingkat akhir, membuat skripsi menjadi jalan menuju gerbang kebahagiaan selanjutnya, sekaligus menjadi malapetaka bila kalian malas mengerjakannya. Nah, salah satu faktor yang membantu kalian mengerjakannya adalah buku. Makanya, kami akan memberimu tips memilih buku referensi skripsi yang benar.

Kelulusan yang kalian dan orang tua kalian tunggu sudah ada di depan mata.

Tinggal bagaimana kalian bergerak untuk mencapainya.

Tentu saja salah satunya adalah dengan mengusahakan skripsi selesai pada waktunya.

Nah, salah satu caranya adalah dengan memilih dengan cermat buku referensi skripsi yang benar. Pemilihan sumber yang benar dan terpercaya bisa membuat kalian lebih mudah menyelesaikan skripsi kalian.

Maka dari itu, memilih buku panduan skripsi yang tepat merupakan hal yang penting lho. Yuk, simak tips memilih buku referensi skripsi di bawah ini, agar kalian tidak salah memilih langkah saat hendak mencari rujukan.

Melihat Keakuratan Sebuah Buku

Akurasi atau keakuratan tulisan si penulis saat menjabarkan makna demi makna di dalam bukunya sangatlah penting. Kalian harus memastikan apakah buku yang telah kamu pilih sebagai sumber tersebut relevan dengan hal yang sedang kamu teliti.

Bila cara atau teknis penulisan dalam buku tersebut sulit dicerna, atau penulisannya yang cenderung tidak lugas, kalian harus berhati-hati. Pastikan untuk melakukan pengecekan ulang dengan membandingkan buku tersebut dengan buku lain.

Referensi Buku Skripsi 1

Ilustrasi mengecek akurasi buku. Sumber: pexels.com

Selain itu, ada beberapa buku yang mengutip kata atau kalimat dalam buku lain. Coba cek, apakah penulis mencantumkan referensi kalimat yang ia kutip, sehingga kalian bisa mempertanggungjawabkan kebenaran dari kutipan tersebut.

Ingat, saat kalian memilih buku skripsi, keakuratan kata, kalimat, dan informasi haruslah bisa dibuktikan.

Buku Tersebut Buku Baru atau Lama?

Jurnal skripsi dan beberapa buku yang kalian jadikan sumber penulisan skripsi biasanya telah tersimpan lama di dalam perpustakaan. Baik itu perpustakaan kampus kalian sendiri maupun perpustakaan yang berlingkup luas seperti Perpustakaan Negara.

Nah, kalian jangan gampang sekali termakan dengan buku yang tebal dan usang. Meski tampilannya kerap membuat kita percaya bahwa buku tersebut penuh dengan ilmu pengetahuan, belum tentu buku tersebut up to date dengan kondisi sekarang.

Kebaruan informasi di dalam buku rujukan skripsi merupakan hal yang harus kalian pertimbangkan. Dengan berkembangnya zaman, sistem, tata cara, dan pemahaman penulisan semakin beragam. Ada baiknya kalian mengambil informasi ter-update. Dengan begitu, karya ilmiah kalian juga akan lebih kontekstual.

Baca Juga   Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

Ada beberapa penulis yang menerbitkan kembali bukunya dengan versi yang baru, alias sudah di-update. Cobalah untuk mencari terbitan seperti ini.

Pilihlah Buku Sesuai Tujuan Pemilihan Judul Skripsi

Selanjutnya, saat memilih buku referensi skripsi, sebaiknya kamu juga melihat lagi tujuan pemilihan judulmu. Carilah buku yang memang kalian yakini akan memperkaya bahasan topik kalian.

Selain itu, kami punya tips nih, GenK, supaya tulisan skripsi kalian semakin kaya. Cobalah matangkan dulu struktur bahasan di tiap bab skripsi kamu. Lalu, untuk setiap sub-bab, carilah kata kunci yang mewakili tiap pokok bahasan. Nah, kata kunci inilah yang kamu jadikan modal mencari buku-buku referensi yang relevan.

Jangan Lupa untuk Melihat Jangkauan Penulisan dalam Sebuah Buku

Saat memilih buku untuk kamu jadikan sumber penulisan skripsi, lihat juga jangkauan pembahasan buku-buku tersebut. Apakah buku-buku itu terlalu sempit sehingga isinya hanya bisa kamu ambil beberapa? Atau terlalu kaya sampai-sampai tidak ada bahasan fokus yang bisa mendukung skripsimu?

Bila kalian bisa menemukan semua yang kalian butuhkan dalam 10 buku, kenapa harus membaca 10 buku lain yang tak berhubungan dengan topik kalian? Selain itu, untuk kalian yang terbiasa membeli buku untuk skripsi, teknik seperti ini cocok sekali untuk menghemat pengeluaran kalian.

Lihatlah berbagai buku yang ada dipasaran. Tanyakan juga opini dari beberapa teman kalian. Jangan lupa memeriksa infografik, gambar, statistik, biografi dan lain-lain yang ada di dalam buku referensi. Apakah pendapat penulisnya didukung oleh penjelasan gambar yang akurat? Apakah argumen satu dan yang lainnya saling terkait?

Kalau iyai, buku tersebut layak untuk kalian beli.

Selalu Melihat Daftar Pustaka

Hal yang satu ini terkadang disepelekan karena biasanya berada di akhir buku. Padahal ini justru merupakan hal yang teramat penting dari sebuah buku.

Daftar pustaka menjabarkan sumber kalimat yang dikutip dalam buku. Dengan adanya hal ini, maka kalian dapat melihat referensi buku lain dari buku yang kalian sedang baca. Tujuannya, adalah untuk mengecek apakah penulis buku tersebut memiliki dasar yang kuat untuk argumennya?

Referensi Buku Skripsi 2

Ilustrasi melihat daftar pustaka. Sumber: pexels.com

Kalian juga harus pintar menilai. Bila dalam sebuah buku ilmiah tidak ada daftar pustaka, berarti buku tersebut dapat dikatakan tidak valid atau diragukan kebenarannya. Maka dari itu, daftar pustaka menjadi hal yang amat penting dalam sebuah buku.

Nah, jangan lupa, salah salah satu syarat pembuatan sebuah skripsi adalah menulis daftar pustaka. Jangan sampai kalian pun lupa membuatnya, GenK.

Cari Tahu Siapa Penulisnya

Buku panduan skripsi atau sejenisnya harus mempunyai otoritas yang jelas. Maksudnya adalah penulisnya harus dengan jelas menjabarkan identitas dirinya karena yang bertanggung jawab penuh dalam isi suatu buku adalah penulis itu sendiri.

Dari penjelasan mengenai diri penulis, kalian akan dapat melihat sekredibel apa penulis ini untuk kalian jadikan referensi.

Hal lainnya yang dapat kalian lihat dan teliti adalah apakah penulis tersebut tergabung di sebuah institusi? Spakah penulis menulis atas dasar pikiran pribadi, ataupun alasan lainnya?

Semua informasi latar belakang penulis akan membantu kalian mempertimbangkan kualitas isi tulisannya. Jadi, ada baiknya kalian melihat sebuah buku referensi skripsi dari siapa yang menuliskannya. Pasti kalian tidak mau kan data dan informasi yang kalian dapatkan ternyata karangan fiktif belaka?


Setelah kalian melihat beberapa tips memilih buku referensi skripsi, pasti kalian akan lebih cermat bukan untuk memilah buku mana yang layak dan patut dijadikan referensi?

Baca Juga   5 Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kreatif

Jangan sampai kalian menganggap remeh hal-hal kecil seperti kualitas rujukan informasi, GenK. Jangan sampai skripsi kalian tidak valid karena salah memilih buku sebagai sumber maupun referensinya. Ingat, skripsi adalah langkah awal untuk menyandang predikat fresh graduate.

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link