Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

Dibaca Normal: 4 menit aja
buku referensi skripsi

Bagi kalian yang merupakan mahasiswa tingkat akhir, membuat skripsi menjadi jalan menuju gerbang kebahagiaan selanjutnya, sekaligus menjadi malapetaka bila kalian malas mengerjakannya. Nah, salah satu faktor yang membantu kalian mengerjakannya adalah buku. Makanya, kami akan memberimu tips memilih buku referensi skripsi yang benar.

Kelulusan yang kalian dan orang tua kalian tunggu sudah ada di depan mata.

Tinggal bagaimana kalian bergerak untuk mencapainya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Tentu saja salah satunya adalah dengan mengusahakan skripsi selesai pada waktunya.

Nah, salah satu caranya adalah dengan memilih dengan cermat buku referensi skripsi yang benar. Pemilihan sumber yang benar dan terpercaya bisa membuat kalian lebih mudah menyelesaikan skripsi kalian.

Maka dari itu, memilih buku panduan skripsi yang tepat merupakan hal yang penting lho. Yuk, simak tips memilih buku referensi skripsi di bawah ini, agar kalian tidak salah memilih langkah saat hendak mencari rujukan.

Melihat Keakuratan Sebuah Buku

Akurasi atau keakuratan tulisan si penulis saat menjabarkan makna demi makna di dalam bukunya sangatlah penting. Kalian harus memastikan apakah buku yang telah kamu pilih sebagai sumber tersebut relevan dengan hal yang sedang kamu teliti.

Bila cara atau teknis penulisan dalam buku tersebut sulit dicerna, atau penulisannya yang cenderung tidak lugas, kalian harus berhati-hati. Pastikan untuk melakukan pengecekan ulang dengan membandingkan buku tersebut dengan buku lain.

Referensi Buku Skripsi 1

Ilustrasi mengecek akurasi buku. Sumber: pexels.com

Selain itu, ada beberapa buku yang mengutip kata atau kalimat dalam buku lain. Coba cek, apakah penulis mencantumkan referensi kalimat yang ia kutip, sehingga kalian bisa mempertanggungjawabkan kebenaran dari kutipan tersebut.

Ingat, saat kalian memilih buku skripsi, keakuratan kata, kalimat, dan informasi haruslah bisa dibuktikan.

Buku Tersebut Buku Baru atau Lama?

Jurnal skripsi dan beberapa buku yang kalian jadikan sumber penulisan skripsi biasanya telah tersimpan lama di dalam perpustakaan. Baik itu perpustakaan kampus kalian sendiri maupun perpustakaan yang berlingkup luas seperti Perpustakaan Negara.

Nah, kalian jangan gampang sekali termakan dengan buku yang tebal dan usang. Meski tampilannya kerap membuat kita percaya bahwa buku tersebut penuh dengan ilmu pengetahuan, belum tentu buku tersebut up to date dengan kondisi sekarang.

Kebaruan informasi di dalam buku rujukan skripsi merupakan hal yang harus kalian pertimbangkan. Dengan berkembangnya zaman, sistem, tata cara, dan pemahaman penulisan semakin beragam. Ada baiknya kalian mengambil informasi ter-update. Dengan begitu, karya ilmiah kalian juga akan lebih kontekstual.

Ada beberapa penulis yang menerbitkan kembali bukunya dengan versi yang baru, alias sudah di-update. Cobalah untuk mencari terbitan seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

GenK LIFE

Mengenal Generasi Z, Penerus Generasi Milenial

GenK LIFE

Apakah Protein Benar Berikan Manfaat Baik Bagi Tubuh Kita?

GenK LIFE

Biografi Singkat RA Kartini: Pejuang Emansipasi Wanita Indonesia

GenK LIFE

Lebih Tinggi Gapai Mimpi, Mulai Lakukan Cara Berpikir Dewasa

GenK LIFE

Ceritamu Sepi Pembaca dan Susah Viral? Cek Dulu Panduan Struktur Cerpen Berikut!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>