leadersingle

5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

Dibaca Normal: 3 menit aja
cara berdamai dengan diri sendiri

Kata orang, berdamai dengan diri sendiri lebih sulit daripada berdamai dengan orang lain. Bagaimana menurutmu? Yap, untuk bisa berdamai dengan diri sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Prosesnya bisa memakan waktu sampai bertahun-tahun lamanya, karena kamu harus mencari tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan di dalam hidup. 

Membayangkannya saja sudah bikin pusing. Belum lagi dibutuhkan konsistensi untuk dapat melewati semua prosesnya. Jika tidak, hasilnya pun tidak akan maksimal. Buat kamu yang ingin mulai menata kehidupan menjadi lebih baik lagi, berikut kami berikan cara berdamai dengan diri sendiri yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Langsung saja kita simak dari poin pertama, yuk!

1. Belajar Mengikhlaskan

cara berdamai dengan diri sendiri

Hidup jadi tenang setelah mengikhlaskan (sumber: pexels.com)

Ikhlas adalah kata yang sangat mudah diucapkan, tetapi tidak mudah untuk dilaksanakan. Apalagi saat kamu menghadapi kegagalan, rasa penyesalan selalu mendominasi dan akan sering muncul. Padahal banyak nasihat yang menganjurkan kita untuk ikhlas agar hidup menjadi lebih tenang dan bahagia. Tidak ada kata terlambat kok. Yuk belajar mengikhlaskan karena tidak semua hal berujung sempurna, termasuk manusia. Langkah pertama bisa dimulai dengan menerima kekurangan dan kelebihan dari diri kamu sendiri.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Memaafkan Diri Sendiri

cara berdamai dengan diri sendiri

Memaafkan (sumber: kvne.com)

Cara berdamai dengan diri sendiri yang berikutnya yaitu dengan memaafkan segala kegagalan dan kekurangan yang ada pada dirimu. Memaafkan kesalahan orang lain saja bisa, masa memaafkan diri sendiri tidak bisa? Apa pun yang sudah terjadi di masa lalu biarkan berlalu. Tidak ada yang perlu diungkit jika itu malah menyakitimu dan membuat pikiran jadi stres. Jangan terus menyalahkan diri sendiri karena tidak akan ada ujungnya. Cukup jadikan pembelajaran supaya tidak kembali terulang di masa mendatang. Lakukan self-talk positif maka hidupmu akan terasa lebih tenang.

Baca Juga
7 Alasan Kenapa Bersyukur Sangat Penting untuk Hidupmu

3. Istirahat Sejenak

cara berdamai dengan diri sendiri

Beristirahat sejenak (sumber: pexels.com)

Kurang istirahat bisa menjadi salah satu pemicu stres. Ketika fisik dipaksa untuk terus-terusan bekerja, di saat itulah kamu perlu menyisihkan waktu barang sejenak. Kamu dan tubuhmu berhak mendapat kesempatan untuk beristirahat dari segala aktivitas yang ada. Mengetahui kapan tubuhmu butuh istirahat adalah salah satu cara berdamai dengan diri sendiri. Pergi liburan atau sekadar jalan-jalan ke tempat wisata air terjun untuk memanjakan mata tidak ada salahnya kok.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

4 Tips Mujarab Menghilang Rasa Gugup di Depan Umum

GenK LIFE

Apa itu Herd Immunity dan Kenapa Dihubungkan dengan Corona?

GenK LIFE

Pola Asuh Tiger Parenting, Benar Baikkah untuk Mental Anak?

GenK LIFE

Amankah Penggunaan Disinfektan dalam Bilik Sterilisasi Anti Virus?

GenK LIFE

Apa Beda Social Distancing dengan Physical Distancing di Tengah Wabah Corona Saat Ini?

GenK LIFE

Panic Buying: Keinginan vs Kebutuhan untuk Bertahan Hidup

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>