5 Cara Berpikir Positif

Dibaca Normal: 5 menit aja
Cara Berpikir Positif

Di dalam berkehidupan sehari-hari, ada dua jenis cara berpikir manusia kala menyikapi suatu masalah, yaitu positif dan negatif. Kedua cara itu saling bertolak belakang, karena pada hakikatnya kedua cara itu memiliki sudut pandang yang berbeda pula. Dibalik semua itu, ternyata berpikir positif punya manfaat yang sangat berguna loh. Sebelum membahas lebih soal manfaat dan cara berpikir positif, ada baiknya kamu mengenal lebih dalam apa itu berpikir positif!

Apa Itu Berpikir Positif?

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kata berpikir positif. Dalam definisi singkatnya, berpikir positif adalah sebuah cara atau pola pikir seseorang dalam menyikapi suatu kejadian di dalam kehidupan dari sudut pandang yang lebih baik sehingga hidup terasa bahagia. Untuk berpikir positif, kamu perlu menghindari dan menyaring hal-hal berbau negatif agar tidak merusak keharmonisan dalam berkehidupan sehari-hari. Hidup pasti terasa lebih damai.

Ada banyak alasan kenapa kamu harus berpikir positif. Misalnya, dengan berpikir positif kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, baik dari segi kepribadian kamu, pergaulan, hingga kesehatan. Seandainya kamu ingin menerapkan cara berpikir positif, kami punya beberapa tips yang akan kami bagikan untuk kamu.

Cara Berpikir PositifIlustrasi berpikir positif (Sumber: unsplash.com)

Eh tapi tunggu dulu, GenK, sebaiknya kamu baca dulu manfaat dan alasan kenapa kamu harus berpikir positif agar kamu lebih tertarik untuk menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Berpikir Positif

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa manusia harus berpikir positif? Jawabannya cukup sederhana dan tentu masih berkaitan dengan kehidupan kamu. Ini dia beberapa manfaat berpikir positif yang berguna untuk kamu. Yuk simak!

1. Menjadi pribadi yang menyenangkan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat menerapkan pola pikir positif adalah kamu akan berubah menjadi pribadi yang menyenangkan. Dengan tidak memikirkan hal-hal negatif, maka hidupmu lebih mudah bahagia dan ceria, sehingga orang-orang disekitar kamu pun akan merasakan dampaknya. Mereka akan selalu menunggu kedatanganmu, karena kamu dianggap mampu membawa kebahagiaan dengan kepribadian kamu yang menyenangkan.

2. Lebih mudah bergaul

Berpikir positif ternyata berpengaruh dalam hal pergaulan kamu loh. Apabila kamu terus berpikir negatif tentang teman dan sahabat kamu, tentu akan membuat pertemananmu tidak sehat. Dengan berpikir positif, maka kamu akan lebih mudah bergaul dan menjalin pertemanan dengan orang baru.

Baca Juga
5 Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kreatif

3. Mengurangi tingkat stres dan depresi

Stres dan depresi bukanlah hal sepele. Setiap individu memiliki kemungkinan untuk mengalami stres dan depresi. Salah satu solusi untuk menghindarinya adalah dengan menerapkan pola pikir positif. Karena sebenarnya kunci utama untuk mengelola stres adalah dengan berpikir positif. Kamu perlu menyingkirkan hal-hal negatif agar tidak membuat pikiranmu kacau. Sehingga akan berpengaruh ke perasaan dan mood kamu dalam menjalani hari-hari.

4. Cepat sembuh dari penyakit yang sedang diderita

Ternyata dengan berpikir positif, seorang pasien yang sedang menderita penyakit bisa menjalani proses penyembuhan lebih cepat daripada pasien yang memilih untuk menyerah. Akan lebih bahaya lagi apabila pasien tersebut sudah tidak memiliki semangat hidup. Karena dengan mengubah pola pikir menjadi lebih positif, pasien akan lebih semangat dan tekun saat menjalani serangkaian pengobatan.

5. Risiko terkena penyakit serangan jantung lebih rendah

Salah satu penyebab terkena serangan jantung adalah stres berat. Masih berhubungan soal stres, agar tidak merambat menjadi penyakit kronis, kamu perlu berupaya terus-menerus untuk selalu berpikir positif. Bisa bahaya banget kalau kamu harus menderita serangan jantung karena stres ya, GenK.

Cara Berpikir Positif

Kira-kira Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menerapkan pola pikir positif dalam kehidupan sehari-hari. Lalu sekarang, bagaimana cara berpikir positif? Kalau kamu ingin mengetahui bagaimana caranya, yuk ikuti kiat-kiat yang kami bagikan berikut ini!

1. Belajar melawan pikiran negatif

cara_berpikir_positif_1 Sumber: unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link