5 Cara Cepat Menghafal yang Paling Efektif, Kamu Wajib Baca

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
cara cepat menghafal

Ujian sebentar lagi, tapi kamu belum sempat belajar sama sekali? Besok presentasi, tapi materi masih belum ada yang dihafal satu pun ? Singkirkan semua gundah dan gulana, karena kami punya tips cara cepat menghafal yang bakal jadi penolongmu, GenK.

Setiap orang diberkati dengan kemampuannya masing-masing dalam urusan menyimpan dan memproses informasi. Beberapa orang ada yang hanya sekali lihat langsung ingat dan paham akan materi yang diberikan. Namun ada juga orang yang sering kesulitan dalam menghafal, meskipun entah sudah yang keberapa kalinya membaca tulisan yang sama. 

Jika kamu masuk pada kategori orang yang kesulitan dalam urusan mengingat dan memahami sesuatu, berikut kami sajikan khusus tips cara cepat menghafal paling efektif yang patut untuk kamu coba. Silakan disimak, GenK! 

1. Coba Pahami, Gak Hanya Dihafal 

Cara cepat menghafal 1

(sumber: travelweekly.com)

Tips cara cepat menghafal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu konteks informasi yang kamu baca. Dengan memahami isi bahan bacaan, otak kamu akan lebih mudah memproses informasi yang kamu butuhkan, GenK. 

Metode jitu yang bisa kamu terapkan adalah dengan membentuk pola pikir berdasarkan rumus dasar 5W+1H: 

  • What. Apa topik yang sedang kamu baca? 
  • Who. Siapa yang terlibat di dalamnya? 
  • When. Kapan terjadinya? 
  • Where. Di mana tempat berlangsungnya?
  • Why. Kenapa bisa terjadi? 
  • How. Bagaimana bisa terjadi? 

Sesuaikan jenis informasi yang kamu butuhkan dengan menggunakan rumus di atas. Dijamin, kamu jadi lebih mudah memahami dan menghafalkan informasi penting dari sumber yang kamu inginkan.  

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

2. Cari Informasi Utama 

Cara cepat menghafal 2

Cara cepat menghafal dengan meng-highlight kalimat utama (sumber: unsplash.com)

Berlanjut ke tips berikutnya yang masih terkait dengan poin sebelumnya, GenK, pahami isi suatu bahan bacaan dengan mencari informasi utama dari bacaan tersebut. Caranya mudah banget, tinggal pakai teknik seperti yang pernah diajarkan di kelas Bahasa Indonesia dulu. 

Ada yang masih ingat? 

Informasi penting atau sering juga disebut dengan istilah ide pokok biasanya diletakan pada bagian kalimat utama. Hayo, di mana kamu bisa menemukan kalimat utama pada suatu bacaan? Yap, di awal atau di akhir paragraf, GenK.  

Supaya lebih efektif dan efisien, kamu dapat memberikan highlight warna pada baris kalimat utama agar mudah untuk ditemukan lagi nantinya. Gunakan warna-warni highlighter cerah yang mencolok agar otakmu dapat lebih gampang mengingatnya.  

3. Bermain Kata  

Cara cepat menghafal 3

(sumber: giphy.com)

Kata apa yang pertama kali terlintas di otakmu saat mendengar kata “hitam”? Malam? Putih? Warna? Asosiasi antara kata merupakan hal alami dalam proses belajar untuk mempermudah otak dalam menyimpan suatu informasi. 

Kamu dapat memanfaatkan metode ini sebagai salah satu cara menghafal cepat yang praktis untuk dilakukan. Saat kamu sedang belajar dan melihat rentetan kalimat pada tulisan, cobalah untuk mencari padanan kata yang sesuai dengan konteks

Misalnya kata “malam”, apa yang terpikirkan olehmu? Siang, gelap, langit, dan lainnya. Dengan memasangkan satu kata dengan padanan yang relevan, otak kamu dapat memproses informasi dengan lebih  cepat berbekal memori yang sudah ada sebelumnya. 

4. Tulis Ulang

Cara cepat menghafal 4

Catat ulang informasi utama bacaan untuk mempermudah proses menghafal (sumber: unsplash.com)

Menulis kembali apa yang baru saja kamu baca bisa menjadi cara ampuh untuk mempermudahmu dalam menghafal, GenK. Lewat metode ini, otakmu akan merekam informasi pada suatu bacaan untuk kemudian kamu tulis kembali. 

Berdasarkan hasil penelitian dari Oxford, pengulangan yang terjadi akan membuat otakmu secara otomatis menyimpan informasi yang diperlukan. Alhasil, tanpa disadari, kamu akan menghafal materi bacaan dengan lebih cepat.  

Baca Juga   4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

5. Berikan Jeda dan Variasi Topik

Cara cepat menghafal 5

Pelajari beragam topik biar otakmu gak stres (sumber: unsplash.com)

Kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh banyak orang dalam cara menghafal mereka adalah kurangnya waktu istirahat. Waktu yang sempit membuat beberapa orang kemudian memaksakan diri membaca suatu materi tanpa henti selama berjam-jam. 

Bukannya untung, malah buntung yang didapat. Tak ada satu pun materi yang nyangkut di otak, justru cuma tambah bikin pusing. Maka dari itu, sayangilah otakmu dengan memberikan waktu jeda selama 30 menit sampai satu jam sebelum kamu lanjut belajar lagi, GenK. 

Tidak hanya itu, saat kamu melanjutkan proses belajar, cobalah untuk belajar variasi materi yang berbeda. Kamu dapat menggabungkan pelajaran atau bidang yang sulit dan kurang diminati dengan pelajaran favoritmu. 

Contohnya, kamu bisa belajar matematika dan Bahasa Inggris secara bergantian. Jadi pikiranmu gak akan terbebani dengan angka-angka dan beragam rumus yang sulit saja. 

Nah, kalau kamu masih mengalami kesulitan dalam menghafal, bisa jadi karena otakmu sedang lemas dan butuh latihan. Cobain beberapa gerakan senam otak mudah yang bisa membantumu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selamat mencoba, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

GenK LIFE

5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

GenK LIFE

4 Tips Public Speaking Efektif yang Patut Kamu Coba

GenK LIFE

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

GenK LIFE

4 Tips Jadi Fotogenik untuk Tampil Menawan di depan Kamera

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

            Artikel Selanjutnya