GenK LIFE

Ini Cara Membuat Bonsai untuk Pemula, Hasilnya Cantik Banget!

cara membuat bonsai

Bonsai, versi mini dari pohon-pohon berukuran besar. Untuk membuat bonsai yang cantik dan estetik membutuhkan kombinasi sempurna antara keterampilan artistik, perhatian mendalam pada detail terkecil, keseimbangan dan nggak ketinggalan kesabaran penuh. Kalau ada orang menanyakan gimana sih, cara membuat bonsai? Well, jawabannya akan sedikit menantang. Nggak sekadar membuat pohon versi mini, membuat bonsai jauh lebih tinggi daripada itu. Membuat bonsai adalah menciptakan seni. Arti kata ‘bonsai’ sendiri adalah caramu menanam bonsai. Kerap dijadikan sebagai wadah untuk relaksasi dan meditasi, yuk, intip instruksi dan langkah-langkah mudah membuat bonsai berikut.

1. Pilih Pohon yang Mau Kamu

memilih jenis bonsai

sumber: homestratosphere.com

Meski bonsai adalah miniatur dari pohon-pohon asli dan hampir semua pohon bisa ditanam menjadi bonsai tapi jangan dikira kamu bisa begitu saja memilih pohon dan menanamnya untuk dijadikan bonsai, lho. Kamu butuh keterampilan yang baik dan juga banyak stok kesabaran supaya bisa membuatnya. Ada hal yang penting diperhatikan sebelum memulai. Pilih jenis pohon yang tepat dan sesuai dengan tingkat keahlianmu dan juga sesuai dengan lingkungan tempatmu berada.

2. Cara Merawat Pohon Hingga jadi Bonsai

merawat bonsai

sumber: lovethegarden.com

Nah, setelah kamu punya calon pohon bonsai, pastikan rajin merawatnya. Hal terpenting untuk diperhatikan adalah bonsai tumbuh di pot kecil, di mana hanya ada sedikit tanah yang menyediakan nutrisi dalam jumlah terbatas untuk dia bertumbuh besar. Karena itu kamu harus rutin memindahkan tanaman ke pot baru, mengganti tanahnya, memberinya ‘makan’ dan tentu yang nggak boleh ketinggalan adalah menyiraminya. Lakukan semua itu dengan lebih sering untuk menjamin bonsaimu tumbuh dengan baik.

Baca Juga :   Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

3. Jangan Salah, Bonsai Juga Perlu ‘Training’

membuat dan merawat bonsai

sumber: bonsaitonight.com

Pemangkasan cabang, akar, daun, teknik perkabelan, penjepitan dan okulasi, adalah ‘training’ bonsai hingga bisa terlihat sempurna. Untuk membentuk pohon bonsai agar terlihat seperti yang diinginkan ada berbagai macam teknik. Misalnya, untuk bikin bonsai tradisional khas Jepang, ada aturan yang harus kamu perhatikan. Bonsai khas Jepang harus terlihat seperti ia tumbuh dengan alami dalam desain yang dibentuk oleh alam. So, jangan lupa untuk menyembunyikan kabel-kabel cabang dan pastikan untuk menyamarkannya dengan sangat hati-hati.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Merasa Kesepian? Mungkin Ini Penyebabnya!

GenK LIFE

Lagi Fokus Ngerjain Skripsi? Ini Tips Biar Lebih Semangat Lagi!

GenK LIFE

5 Olahraga untuk Mengatasi Anxiety, Dijamin Bikin Hatimu Makin Happy

GenK LIFE

Ini Dia Cara Menikmati Hidup di Saat Kamu Tengah Berjuang Meraih Mimpi