fbpx

Cara Membuat Portofolio Kreatif

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
cara membuat portofolio kreatif

Portofolio sangat krusial saat melamar kerja. Kamu akan dipandang sebagai orang yang punya kemampuan di sebuah bidang bila portofolio kamu bagus, baik dari segi isi maupun desain. Makanya kamu harus tahu cara membuat portofolio yang baik, GenK!

Pada dasarnya portofolio merupakan kumpulan karya yang sudah kamu buat untuk dijadikan sebagai tolok ukur penilaian atas kemampuan kamu. Isi portofolio setiap orang tidak mungkin sama, karena isinya tergantung dengan minat dan bidang keahlian yang kamu kuasai. Selain isi, yang perlu kamu perhatikan adalah desain visualnya. Visual yang bagus, unik, dan rapi akan membuat perusahaan yakin bahwa kamu adalah kandidat yang berkompeten untuk direkrut.

Untuk membuat portofolio yang baik, kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan. Tidak perlu khawatir, karena kami akan memberitahu caranya buat kamu, GenK. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak!

Apa Fungsi Portofolio?

cara membuat portofolio                                                                    Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Sebelum membahas cara membuat portofolio, ada baiknya kamu mengetahui sebenarnya apa sih fungsi portofolio. Ini dia, GenK!  

    1. Bukti pencapaian yang sudah kamu dapatkan selama ini. Pencapaian-pencapaian tersebut bisa menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk merekrut kamu atau tidak. Usahakan kamu melampirkan pencapaian terbaru agar portofoliomu up to date.
    2. Mempermudah perusahaan untuk mengetahui kemampuan apa saja yang kamu punya. Jika cocok dengan kriteria, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan itu akan langsung merekrut kamu.
    3. Personal branding, yaitu dengan mencari hal-hal yang dapat menonjolkan karakteristik kamu, baik dari segi kemampuan maupun kepribadian dalam berkehidupan sosial. Orang akan selalu mengingat kamu dari persona yang kamu tampilkan di dalam portofolio. Buatlah persona yang baik agar meninggalkan kesan yang baik pula kepada perusahaan yang kamu tuju.
Baca Juga   Tips Mengatasi Kreativitas yang Mandek

Cara Membuat Portofolio

Setelah mengetahui fungsi portofolio di atas, mungkin beberapa dari kamu ada yang merasa bingung lalu bertanya-tanya, sebenarnya portofolio seperti apa yang disebut bagus oleh perusahaan?

Jawabannya bisa banyak banget, GenK. Tapi yang pasti ada satu poin yang harus kamu catat, yaitu kejujuran saat membuat portofolio. Tidak perlu melebih-lebihkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Just be yourself!

Untuk membantumu, kami akan membagikan cara membuat portofolio yang bisa kamu terapkan sendiri. Apa saja sih caranya? Yuk lihat sama-sama!  

1.Tentukan minat dan bakat kamu

Cara membuat portofolio 2

     Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Tahap yang paling awal adalah menentukan minat dan bakat yang kamu miliki. Beberapa orang merasa sulit untuk menilai diri sendiri. Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu mengenal dirimu lebih dalam lagi. Cari tahu apa sebenarnya minat dan bakat yang kamu miliki. Tujuannya agar kamu tidak salah saat mengambil langkah untuk menentukan lowongan pekerjaan pilihanmu.   Supaya lebih mudah, ambil kertas kosong dan pena. Buatlah daftar kegiatan yang kamu sukai. Lalu pilih kegiatan apa saja yang sejalan dengan bakat yang kamu punya. Jika itu masih sulit, kamu bisa meminta bantuan teman loh. Tanya kepadanya, dan mintalah dia untuk memberi penilaian tentang dirimu.  

2. Cari referensi portofolio

Cara Membuat Portofolio Kreatif

        Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Setelah menentukan minat dan bakat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari referensi portofolio. Tujuannya supaya mempunyai gambaran bagaimana isi dan desain portofolio kamu nantinya. Semakin banyak referensi, maka semakin berkembang pula ide dan konsep awal yang kamu miliki. Untuk referensi seputar desain portofolio, kamu bisa mencarinya di beberapa platform media sosial, seperti Pinterest dan Behance. Jangan lupa memberi apresiasi kepada desainer portofolio favoritmu, GenK.  

3. Tentukan tema portofolio

Cara Membuat Portofolio Kreatif

       Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Dari referensi yang sudah kamu lihat, maka akan tercipta ide-ide baru yang lebih spektakuler dari sebelumnya. Pilihlah tema yang dapat menonjolkan karakter kamu, baik dari segi kemampuan maupun segi kepribadian. Menentukan tema juga akan berpengaruh pada personal branding yang kamu bangun.   Kamu perlu cermat dalam menentukan tema. Jangan sampai perusahaan memiliki persepsi yang salah tentang kamu. Misalnya kamu memilih warna biru yang merepresentasikan karakter yang cinta akan kedamaian. Padahal kamu adalah orang yang senang akan tantangan dan memiliki semangat yang berapi-api. Menentukan tema mungkin akan memakan waktu, tapi itu wajar kok, GenK, jadi tidak perlu khawatir dan terburu-buru saat mengambil keputusan.  

Baca Juga   Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

4. Menyiapkan isi portofolio

Cara Membuat Portofolio 4

          Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Selanjutnya adalah menyiapkan isi portofolio. Pastikan isinya harus berhubungan dengan bidang pekerjaan yang menjadi sasaranmu. Kumpulkan semua karya yang pernah kamu buat, lalu kelompokkan sesuai jenis karya. Misalnya kamu adalah seorang desainer yang pernah membuat poster, infografik, dan motion graphics. Maka kelompokkan ketiga karya agar perusahaan lebih mudah saat memberi nilai. Kalau perlu, pilihlah karya andalanmu sebagai penarik perhatian. 

5. Lampirkan CV yang menarik

Cara Membuat Portofolio 5

Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: dribbble.com)

Curriculum Vitae atau CV merupakan lampiran seputar riwayat hidupmu. Umumnya berisi nama, tempat tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, pencapaian, dan kontak yang bisa dihubungi. Semua dilampirkan sesingkat mungkin supaya perusahaan lebih mudah membaca informasi tentang dirimu. Bahkan umumnya CV dimuat hanya dalam satu lembar loh. Maka dari itu, kamu perlu pintar dalam memilih konten menarik apa saja yang perlu kamu masukkan ke dalam CV. Buat pihak perusahaan langsung mengenal dirimu hanya dengan 1 lembar kertas.  

6. Membuat web portofolio

Cara Membuat Portofolio 6

      Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: ivantclark.com)

Di era internet seperti sekarang, membuat web portofolio merupakan alternatif yang patut kamu pertimbangkan. Orang-orang yang sedang mencari kandidat pekerja bisa dengan mudah mengecek hasil kerjamu jika semuanya ada di dalam satu web. Selain itu, dengan web portofolio, kesempatanmu bekerja terbuka lebih luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri loh! Wah cocok banget buat kamu yang punya impian kerja di luar negeri.

Sama halnya dengan portofolio biasa, kamu perlu membangun personal branding di dalam web portofolio kamu agar perusahaan yang dituju mampu menangkap persona dan kemampuan yang kamu miliki. Asah ide agar lebih cermat dalam mencari ciri khas karya. Pilihlah tema-tema yang masih berkesinambungan dengan kemampuan dan kepribadianmu. Misalnya tema playful, ilustrasi, animasi interaktif, dan masih banyak lagi. Tema yang sudah kamu pilih akan ditunjang dengan pemilihan warna, tipografi, dan komponen desain lainnya. Selamat mencoba, GenK!

Tips Membuat Portofolio

Cara Membuat Portofolio 6

         Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Apakah sekarang kamu sudah paham tentang cara membuat portofolio? Bila sudah, kami juga memiliki tips buat kamu yang ingin membuat portofolio. Ingat, GenK, untuk mendapatkan yang terbaik perlu usaha yang maksimal juga. Ini dia tips membuatnya!  

Baca Juga   Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

1. Sederhanakan portofolio milikmu alias to the point

Jangan sampai pihak perusahaan terlanjur bosan karena portofolio yang terlalu bertele-tele. Kalau perlu gunakan lah konsep infografik supaya isi dapat disederhanakan, tapi tetap mencakup semua informasi.  

2.Gunakan desain yang sederhana dan kekinian

Bisa gawat kalau kamu salah pilih desain yang ujung-ujungnya malah membuat pihak perusahaan tidak tertarik dengan portofolio milikmu. Gunakan desain sederhana dan kekinian agar tidak ketinggalan zaman dan menonjol di antara para pencari kerja lainnya. Apalagi kalau kamu adalah seorang fresh graduate. Pilih desain yang menggambarkan sisi muda dan antusiasmu yang membara, GenK.  

3.Tidak perlu khawatir kalau kamu tidak kuat dalam bidang desain

Tidak semua orang pandai mendesain, karena setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Kamu tidak perlu ambil pusing, karena kamu bisa meminta bantuan rekan atau menyewa desainer untuk merancang desain portofolio kamu. Yang paling penting, apa yang mau kamu sampaikan tertampung sepenuhnya.


Nah, itu dia cara membuat portofolio kreatif yang bisa menginspirasi kamu. Apakah sekarang kamu sudah menentukan tema, isi, dan desain portofolio kamu? Mencari ide memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maka dari itu kesabaran dan kegigihan bisa menjadi kunci keberhasilan kamu di masa depan. Selamat mempraktikkan, GenK!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link