fbpx

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara menambah followers twitter

Anak Twitter mana suaranya? Followers-nya udah berapa, GenK? Puluhan? Ratusan? Ribuan? Nah, kali ini kami akan membagikan cara menambah followers Twitter biar kamu jadi makin hits. Cus

Cuitancuitan yang memenuhi timeline di Twitter menjadi salah satu kegemaran banyak orang di internet. Dari sana, kita mendapatkan update dunia terkini sekaligus hiburan.

Sebagai salah satu platform media sosial terkemuka dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif berdasarkan data dari Statista, Twitter banyak digunakan baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Nah, layaknya Instagram, jumlah followers dapat menentukan pengaruh yang dimiliki oleh suatu pengguna. 

Di artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa tips cara menambah followers Twitter ala kreativv ID. Yuk langsung disimak! 

1. Kualitas dan Kuantitas Tweet

Cara menambah followers Twitter 1

Contoh tweet yang informatif (sumber: Twitter Sprout Social)

Berbicara tentang media sosial, pasti berbicara tentang konten. Untuk membuat presensi yang baik, kamu wajib memperhatikan konten yang kamu buat dan bagikan di akun media sosialmu. Berbeda dengan Facebook dan Instagram, Twitter membutuhkan strategi konten yang lebih “agresif”.

Menurut data dari CoSchedule, jumlah post yang pas berkisar antara tiga sampai tujuh tweet per hari untuk memaksimalkan engagement dengan followers-mu. Namun jumlah ini tidak harus selalu menjadi patokan yang harus kamu ikuti, GenK. Sesuaikanlah dengan konteks target audiensmu. 

Selain kuantitas, kualitas konten yang kamu buat di Twitter juga wajib diperhatian. Cara menambah followers Twitter yang paling utama diperhatikan adalah dengan menyajikan konten berkualitas yang menarik untuk orang banyak.

Para pengguna media sosial biasanya dibagi menjadi dua kategori berdasarkan jenis konten yang dibuat: 

  • Meformers: Pengguna yang membuat update post terkait dengan diri mereka sendiri. 
  • Informers: Pengguna yang membuat update post yang infomatif 

Untuk menarik perhatian para calon followers, buatlah tweet yang berfaedah dengan memberikan informasi yang berguna dan menarik untuk audiensmu. Cobalah untuk menghindari konten yang hanya berfokus pada hal-hal terkait dirimu. 

Jika kamu bingung menentukan konten updates mana yang tergolong informers dan meformers, perhatikan klasifikasinya berikut: 

Cara menambah followers Twitter 2

Klasifikasi updates (sumber: buffer.com)

2. Optimalisasi Waktu Post

Konten yang bagus sudah dibuat, berikutnya adalah menentukan waktu yang pas untuk post. Kamu pastinya tidak mau dong, membuat tweet di tengah malam saat followers-mu sedang terlelap tidur. Maka dari itu, waktu posting wajib jadi kamu perhatikan.

Berdasarkan data dari Sprout Social, waktu terbaik untuk posting di media sosial adalah saat siang hari dan menjelang sore di weekdays. Pada waktu ini, orang-orang biasanya banyak yang mengakses media sosial saat istirahat makan siang dan sebelum pulang. 

Cara menambah followers Twitter 3

Data engagement Twitter (sumber: sproutsocial.com)

Meskipun angka-angka tersebut bisa bervariasi antara zona waktu dan target audiensmu, mengatur waktu posting bisa membantumu untuk mendapatkan exposure maksimal dari para pengguna Twitter. 

Trik yang bisa kamu coba adalah dengan membuat jadwal posting tweet beberapa kali sehari pada waktu-waktu tertentu di mana banyak dari para pengguna Twitter sedang aktif.    

 

Baca Juga   Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

3. Konten Visual 

Tips cara menambah followers Twitter yang berikut ini mungkin sudah banyak kamu dengar nih, buatlah konten dengan visual yang ciamik. Hukum yang satu berlaku di hampir semua media sosial, baik itu Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter tentunya.  

Konten yang disertai dengan visual memukau akan lebih menarik perhatian para pengguna Twitter dibanding konten yang hanya berisi teks saja. Dengan menyertakan gambar, presentasi post-mu dilirik pengguna Twitter akan menjadi lebih tinggi. 

Cara menambah followers Twitter 4

Contoh tweet dengan meme (sumber: Twitter Beardbrand)

Gunakanlah gambar yang dapat menarik perhatian mata dalam waktu singkat. misalnya dengan memakai warna-warni terang yang dapat terlihat menonjol di antara tweet lainnya, atau foto unik yang mengundang tanya. Kamu juga bisa memanfaatkan meme yang sudah tersedia Twitter loh.   

Konten gambar berupa infografis bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengundang perhatian dengan menyajikan data dalam bentuk visual ciamik. Kamu membuatnya dengan mudah memakai rekomendasi aplikasi pembuat infografis di artikel sebelumnya, GenK.  

4. Hastag, Hastag, Hastag

Hal apa yang selalu muncul dalam setiap post di Twitter? Hastag. Ini dia elemen esensial yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu cantumkan dalam setiap tweet yang buat. Hastag berguna untuk membuat post kamu lebih mudah dicari oleh para pengguna Twitter. 

Tips yang bisa kamu terapkan adalah dengan membuat beberapa custom hastag yang akan kamu gunakan setiap kali kamu membuat sebuah tweet. Misalnya dengan memakai #GenKreativv #IndustriKreatif, orang-orang dapat menemukan kreativv ID dengan lebih mudah. 

Buatlah satu atau dua hastag pribadi yang custom untuk kamu, lalu pilihlah beberapa hastag tambahan lain yang banyak dipakai di industri atau target audiensmu. Misalnya #SEO dan #ContentMarketing yang ideal dipakai untuk kamu para pembuat konten profesional. 

Cara menambah followers Twitter 5

Contoh tweet dengan single hastag (sumber: Twitter Elise Dopson)

Baca Juga   5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

5. Kuasai Seni Tagging, Retweeting, dan Replying 

Step selanjutnya dalam cara menambah followers Twitter adalah memastikan engagement dengan pengikutmu. Hal ini krusial banget buat kamu lakukan untuk memastikan kalau akunmu benar-benar asli dan bukan sekadar akun palsu yang dibuat oleh robot. 

Luangkan waktu untuk selalu berinteraksi di Twitter setelah kamu memberikan update post terbaru. Interaksi ini bisa dengan membalas tweet, memberikan like, tagging, dan retweet seresponsif mungkin. Semakin cepat responnya, maka semakin baik pula impresi yang diberikan followers-mu

Sebagai awalan, kamu bisa mencoba membalas tweet dari akun-akun brand atau individu terkemuka untuk mendapatkan perhatian. Buatlah balasan yang mendetail agar menarik orang untuk berkunjung ke profil Twitter-mu. 

Cara menambah followers Twitter 6

Contoh tweet dengan tagging (sumber: Twitter Spoke)

Kamu juga memberikan pujian ke akun lain dengan menggunakan fitur tagging untuk menampilkan interaksi yang baik kepada para calon followers. Tak ketinggalan, cobalah me-retweet fans dan followers-mu untuk meningkatkan tingkat engagement.  


Nah, ternyata cara menambah followers Twitter mudah bukan? Selain Twitter, kamu juga bisa mengintip tips supaya konten Instagram jadi lebih menarik lewat artikel kami sebelumnya, GenK.

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

GenK LIFE

Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link