Coba Cara Mengatasi Insomnia Ini, Dijamin Hari-Hari Lebih Produktif

Dibaca Normal: 3 menit aja
cara mengatrasi insomnia

Insomnia adalah salah satu kondisi yang kerap kali dialami, di mana penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur dikarenakan banyak hal. Tingkat insomnia sendiri juga beragam, bahkan jika sudah akut kamu bisa tidak tidur sama sekali meskipun sebenarnya merasa lelah dan mengantuk.

Jika terus terjadi dalam waktu lama, hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi mudah drop, pastinya kamu juga akan lebih mudah stress dan sakit. Kebanyakan orang memilih untuk meminum obat tidur ketika mengalami insomnia, namun pastinya selalu ada efek samping yang tidak baik ketika meminum obat. Jadi lebih baik kamu coba beberapa cara mengatasi insomnia secara alami seperti berikut ini:

Terapkan Jam Tidur Yang Tetap

Terapkan Jam Tidur Yang Tetap

sumber: pxhere.com

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah mencoba mengatur jam tidur yang pasti. Biasakan diri untuk tidur di jam yang telah kamu tentukan. Misal untuk orang dewasa umumnya akan tidur di jam 10 atau jam 11 malam. Dengan membiasakan tidur di jam yang sama akan membantu kamu untuk lebih teratur mengistirahatkan tubuh dan pastinya akan membantu menghilangkan insomnia. Jika belum mengantuk dan sudah tiba jam tidur, maka cobalah untuk langsung menuju kamar dan istirahatkan tubuh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Rajin Olahraga

olahraga mengurangi insomnia

sumber: pixabay.com

Cara yang kedua adalah dengan berolahraga, sebab bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tubuh juga lebih rilaks. Melakukan aktivitas berat juga akan membuat tubuhmu lelah sehingga lebih mudah tertidur di malam hari. Tak hanya itu saja, olahraga yang dilakukan secara teratur juga bisa melepaskan kortisol, yang seringkali menyebabkan sulitnya terpejam di malam hari. Untuk jenis olahraganya bebas ya, bisa disesuaikan dengan kesukaanmu sehingga melakukannya juga terasa lebih ringan. Mau olahraga berkelompok seperti basket boleh, atau yoga sendirian di rumah juga tak masalah.

Baca Juga
HIIT Cardio, Olahraga yang Dapat Dilakukan di Waktu Singkat

Mandi Air Hangat

Kalau mata tak kunjung terpejam meski tubuh sudah merasa lelah, coba deh mandi dengan air hangat. Air hangat akan membuat tubuh menjadi rileks dan akhirnya akan membuat kamu jadi lebih cepat mengantuk. Mandi air hangat juga membantu peredaran darah pada tubuh lebih lancar setelah seharian beraktivitas. Jadi buat kamu yang sering merasa pegal-pegal di malam hari, mandi air hangat bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasinya.

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

6 Nutrisi Sehari-Hari yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

GenK LIFE

Jenis Tanaman Aquascape Mudah Dipelihara, Bikin Aquarium Makin Cakep!

GenK LIFE

Lebih Bahagia dengan 4 Tips Memicu Stres Positif Ini

GenK LIFE

Apakah Kamu Alpha Male dan Alpha Female? Yuk Ikut Tesnya!

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa? Ini Dia Jawabannya!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>