GenK LIFE

Cara Mengatur Gaji Bulanan Biar Bisa Nabung Makin Banyak

cara-mengatur-gaji-bulanan

Cara mengatur gaji bulanan sangat penting untuk dilakukan dengan benar. Ada kalanya seseorang kesulitan mengatur gaji yang diterimanya tiap bulan. Biasanya, seiring usia seseorang bertambah, kebutuhan juga semakin kompleks. Selain itu, bisa mengatur gaji nggak dipengaruhi oleh nominal gajinya. Soalnya, semakin besar gaji tersebut sering kali makin banyak juga pengeluaran kamu. Yuk, kita simak ulasan selengkapnya tentang cara mengatur gaji.

Mengapa Seseorang Sulit Mengelola Gaji Bulanan?

sulit-mengatur-gaji

Ilustrasi orang mengatur pendapatan bulanan (Sumber: unsplash.com)

Jadi begini, mengatur gaji kamu nggak selalu berkaitan dengan besaran gaji yang kamu peroleh. Seperti yang dibilang tadi, saat gaji naik maka keperluan seakan selalu ikut bertambah. Sebenarnya, pengeluaran ini terjadi karena gaya hidup yang ikut berubah, tanggung jawab juga meningkat, sampai akhirnya seseorang menganggap sepele anggaran pengeluaran dan nggak membuat catatan keuangan.

Seperti dilansir dari Forbes, menurut studi Reserve Board, “53 persen orang mampu memenuhi kebutuhan ‘darurat’ tanpa menjual barang atau berutang”. Nah, itu artinya di sejumlah kasus, masalah finansial bukan disebabkan oleh kekurangan gaji, tapi penggunaannya yang nggak terkendali.

mengelola-gaji-bulanan

Ilustrasi mengelola gaji bulanan (Sumber: unsplash.com)

Makanya, terlepas dari nominal penghasilan kamu, penting banget untuk mengetahui cara yang benar dalam mengelola gaji. Jadi, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menyisihkan uangmu untuk ditabung dan berinvestasi. Cara mengatur gaji bulanan sebenarnya simpel, asalkan kamu berkomitmen terhadap dirimu sendiri. Berikut cara bijak untuk mengatur gaji bulanan.

1. Mengetahui Pendapatan Per Bulan

Pertama-tama, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui pemasukan tiap bulan. Ketahui jumlah pendapatan bersih kamu per bulan. Jangan lupa untuk memotongnya dengan biaya tetap seperti iuran, asuransi, pajak atau keperluan bisnis. Semestinya langkah awal ini bakal membuat catatan finansialmu nggak meleset.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

membuat-rencana-keuangan

Ilustrasi membuat rencana keuangan (Sumber: unsplash.com)

Cara mengatur gaji bulanan selanjutnya adalah membuat rencana pengeluaran. Pengeluaran ini adalah biaya tetap yang harus kamu bayar. Seperti biaya listrik, air, pulsa, transportasi, iuran, asuransi dan sebagainya. Kemudian, gajimu dikurangi oleh semua biaya tetap ini, itulah jumlah bersihnya.

Baca Juga :   Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

GenK LIFE

5 Cara Agar Kamu Bisa Keluar dari Hidup Membosankan