fbpx

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
cara menggunakan instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan dalam berbagai bidang, termasuk di industri kreatif. Kali ini kami akan kasih tahu kamu tips cara menggunakan Instagram cerdas ala GenKreativv. Kuy lanjut dibaca! 

Dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif, Instagram adalah media yang tepat untuk menyampaikan berbagai cerita yang kamu miliki. Apalagi kalau urusan membangun brand awareness.

Buat kamu yang berkecimpung di industri kreatif, membangun brand yang baik di Instagram bisa membantumu untuk terhubung dengan para pengguna dan audiens yang lebih besar. Untuk itu, kami akan bagikan tips cara menggunakan Instagram efektif ala anak kreatif. Mari disimak!

1. Buatlah Narasi dengan Instagram Caption 

Gambar berkualitas tinggi hukumnya wajib untuk sebuah post Instagram. Tapi visual yang bagus saja tidak akan cukup untuk menyampaikan cerita dari brand-mu. Caption yang baik adalah pelengkap yang akan menyempurnakan cerita dari post kamu, GenK. 

Cerita yang dibawakan dengan kombinasi antara gambar berkualitas dengan caption yang cerdas akan menarik perhatian para pengguna Instagram. Salah satu referensi favorit kami untuk akun Instagram dengan cerita menarik di setiap fotonya adalah Airbnb.  Lihatlah nih contoh post-nya, GenK: 

cara menggunakan instagram 1

Contoh post Instagram menarik (sumber: Instagram Airbnb)

Inspirasi ide untuk kamu coba:

Bingung mau mencari ide buat post Instagram selanjutnya? Cobalah berbagi cerita pendek tentang foto yang kamu unggah dengan lebih dari tiga kalimat. Sebagai catatan, caption Instagram dibatasi sampai maksimal 2,200 kata. Jadi pastikan caption kamu pendek, tapi tetap berbobot yah

2. Sampaikan Cerita Visual dengan Instagram Profil

Cara menggunakan Instagram ala kreatif berikutnya adalah dengan memakai beberapa post pada feed untuk membuat sebuah gambar besar di profil Instagram-mu. Jika kamu melakukannya dengan benar, hasilnya akan terlihat sangat memukau, GenK.

Nih salah satu contoh penggunaan metode storytelling visual untuk promosi produk di Instagram yang dilakukan oleh Herschel Supply Co. 

cara menggunakan instagram 2

Contoh tampilan feed Instagram (sumber: Instagram Herschel Supply)

Inspirasi ide untuk kamu coba:

Kalau kamu tertarik untuk bereksperimen dan mencoba ide ini untuk Instagram brand-mu, kamu bisa membuat sebuah gambar pada profilmu dengan komposisi tiga, enam, atau sembilan gambar. 

Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop, Sketch, atau Instagrid. Dimensi terbaik yang kami rekomendasikan adalah 1080×1080 pixels di setiap kotak grid-nya. Rumus lengkapnya seperti ini, GenK:

  • Tiga grid: 1080×3240 pixels.
  • Enam grid: 2160×3240 pixels.
  • Sembilan grid: 3240×3240 pixels.

Baca Juga   4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

3. Menaikan followers dengan User-Generated Content (UGC) 

Strategi ini sudah terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan akun Instagram kami hingga ribuan followers dalam waktu singkat loh

Kami memberikan wadah bagi para GenKreativv yang ingin berbagi konten menarik melalui fitur GenK STORIES. Jika kamu tertarik, langsung saja daftar menjadi bagian dari kami, gratis kok

Lanjut ke tips.

Dengan membuat platform UGC ini, kamu bisa terhubung serta mendapatkan cerita-cerita menarik dari komunitas brand-mu. Kamu juga bisa membuat branded hashtag khusus untuk kampanye kegiatan atau agenda tertentu.

Misalkan saat kamu ingin membuat kampanye tentang perayaan kemerdekaan Indonesia. Kamu bisa mengajak para followers-mu memakai tagar #GenK17an untuk setiap post yang terkait dengan perayaan 17 Agustus nanti. 

 

cara menggunakan instagram 3

Tampilan GenK STORIES

Inspirasi ide untuk kamu coba

Untuk membangun audiens serta menaikan engagement rate brand-mu, cobalah mengajak para followers akun Instagram-mu untuk membuat sebuah post foto dengan menyertakan hastag brand kamu. 

Kamu bisa menjanjikan re-post untuk postingan terbaik atau memberikan sebuah hadiah kecil bagi foto-foto yang terpilih.

4. Buatlah Video Pendek atau Boomerang untuk Instagram 

Setelah fitur video pertama kali diluncurkan di Instagram pada tahun 2013 silam, banyak brand menggunakan fitur ini sebagai media untuk berkomunikasi dengan para penggunanya. 

Tidak seperti video di Facebook yang dapat berdurasi hingga 120 menit, video Instagram hanya memiliki durasi maksimal selama 60 detik. Durasi yang singkat ini akan mendorong kreativitasmu untuk dapat membuat cerita yang menarik dalam hitungan detik.  Iklan pendek dari Nike berikut ini misalnya. 

Inspirasi ide untuk kamu coba

Buatlah sebuah video pendek berdurasi 30-60 detik tentang sejarah brand-mu. Mulai dari kisah awal terbentuknya, cerita menarik sepanjang perjalanannya, hingga visi & misi yang diusung oleh brand kamu. 

Video yang menarik tidak selalu harus memakai footage yang memukau, GenK. Cukup dengan kata-kata, kamu juga bisa menyampaikan sebuah cerita yang tak kalah powerful. Berikut ini adalah beberapa tips yang mesti diperhatikan saat kamu membuat video Instagram brand-mu:

  • Jangan bertele-tele. Fokuslah pada poin utama yang ingin kamu sampaikan pada para penonton.
  • Gunakan on-screen caption untuk membantu penonton memahami cerita yang kamu bawa dalam video. 
  • Video dengan orientasi kotak (square video) lebih populer dibandingkan dengan yang berorientasi landscape, karena sesuai dengan layout standar Instagram. Tapi kamu tak perlu ragu untuk bereksperimen dengan keduanya. 

Baca Juga   Fresh Graduate, Baca Ini Yuk Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja!

5. Gunakan Instagram Stories Berseri 

Ayo angkat tangan buat kamu yang selalu update Instagram stories! Tips terakhir untuk membantumu membangun brand kreatifmu di Instagram adalah dengan memanfaatkan fitur stories

Yap, jadi bukan cuma jadi tempat untuk berkeluh kesah atau sekadar menampilkan update kondisi terkinimu, kamu juga dapat membagikan teaser konten buatanmu di sini. 

Meskipun tidak ada batasan dalam jumlah stories yang dapat kamu post setiap harinya, 10 stories per hari adalah jumlah ideal yang kami rekomendasikan, GenK. Seperti ini contohnya: 

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Ubahlah salah satu konten blog terbarumu menjadi seri Instagram stories. Kamu dapat menggunakan gabungan antara foto dan video dirimu bercerita tentang post tersebut, atau buatlah desain grafis khusus. Rekomendasi dimensi untuk sebuah Instagram story adalah 1080×1920 pixels. 


Itu dia 5 tips cara menggunakan Instagram dengan kreatif untuk membangun brand-mu. Caranya sederhana, tapi hasilnya membahana, GenK.

Polling 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link