8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stress

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
cara menghilangkan stres

Stres bisa datang kapan saja, bahkan tanpa alasan yang jelas. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Jangan dibiarkan terus-menerus, GenK. Carilah cara menghilangkan stres tanpa menggunakan obat-obatan.

Menurut Wikipedia, stres adalah sebuah gangguan psikologis yang sedang dialami seseorang karena adanya tekanan yang bisa muncul dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Gangguan ini muncul sebagai cara tubuh kamu menanggapi segala jenis tuntutan yang kamu dapatkan sehari-hari atau tekanan apapun.

Mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, pekerja kantor, pekerja lepas, dan lain-lain bisa merasakan stres. Jadi, jangan lagi ada ucapan, “Ah, masih kecil mah enak, belum kenal stres!”

Stres belum tentu ada kaitannya dengan kesibukan seseorang loh. Memang bisa saja, semakin padat kegiatan seseorang, semakin rentan ia terkena stres. Tapi bukan berarti orang tidak beraktivitas tidak bisa merasakannya. Jika kamu berdiam diri seharian atau beberapa di rumah saja, tanpa melakukan apa pun, ada peluang juga kamu bisa mengalami stres. Intinya adalah apa yang ada di dalam pikiranmu; semakin sesak, semakin menekan.

Penyebab Stres yang Mesti Kamu Hindari

cara menghilangkan stres

Stres (sumber: pexels.com)

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan stres, bahkan mungkin dari hal-hal kecil yang tidak kamu sadari. Dan, setiap orang punya pemicu stres yang berbeda-beda. Mana saja di antara poin berikut yang pernah membikin kamu stres, GenK?  

  1. Tuntutan sekolah atau pekerjaan
  2. Aktivitas padat yang membuatmu kelelahan
  3. Jam tidur kurang
  4. Terjebak di mimpi atau cita-cita orang lain
  5. Terkekang oleh lingkungan
  6. Mengalami perubahan besar di dalam hidup secara mendadak
  7. Membangun persona yang tidak sesuai dengan jati diri
  8. Omongan negatif dari orang lain

Cobalah buat daftar, ada berapa dari ha-hal di atas yang kerap menekan pikiranmu?

Baca Juga   Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

Gejala Stres, Apakah Kamu Pernah Merasakannya?

cara menghilangkan stres

Ilustrasi saat mengalami stres (sumber: pexels.com)

Ada beberapa gejala yang mungkin kamu rasakan seandainya kamu sedang stres, baik itu stres ringan sampai stres berat. Misalnya:  

  1. Mudah marah dan tersinggung
  2. Murung
  3. Kepercayaan diri rendah
  4. Tubuh terasa sangat lelah
  5. Lesu
  6. Mudah sakit kepala
  7. Hilangnya nafsu makan
  8. Insomnia
  9. Merasa kesepian
  10. Merasa tidak berharga

Cara Mudah Menghilangkan Stres

Nah, kalau ada salah satu gejala di atas yang pernah atau sedang kamu alami, kamu perlu waspada, bisa jadi kamu sedang merasa stres, GenK. Saat stres kamu akan merasa kesulitan untuk berpikir positif. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya stres berkepanjangan, ada baiknya kamu mengikuti cara menghilangkan stres yang mudah berikut ini.

1. Minum Air Putih Itu Penting

cara menghilangkan stres 3

Ilustrasi saat meminum air putih (sumber: pexels.com)

Minum air putih 8 gelas per hari

Kamu pernah dengar anjuran seperti itu? Yap, itulah jumlah asupan air yang dibutuhkan tubuh kamu setiap hari.

Anjuran itu untuk tubuh dalam keadaan normal loh. Saat sedang stres, tubuh kamu membutuhkan lebih banyak cairan. Kenapa? Karena tanpa kamu sadari, stres bisa menyebabkan kamu kekurangan cairan tubuh. Inilah yang menyebabkan tubuh terasa lelah dan pikiran tidak jernih.

Baca Juga   Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Ayo lakukan cara termudah ini untuk menghilangkan stres. Sekarang ambil gelas milikmu, lalu isi dengan air putih. Buat tubuhmu lebih segar, GenK!

2. Makan Coklat Enak Banget Loh

cara menghilangkan stres 4

Ilustrasi saat memakan coklat (sumber: pexels.com)

Kira-kira kenapa coklat bisa menghilangkan stres ya?

Hampir semua orang menyukai coklat, terutama anak-anak dan kamu yang suka makanan manis. Siapa sangka selain rasanya yang enak, ternyata coklat bisa membantu untuk menghilangkan stres loh.

Coklat mengandung theobromine dan kafein yang bisa memberikan efek segar dan meningkatkan suasana hati alias mood booster. Jadi, kalau suasana hati kamu yang sedang mendung, coba saja makan cokelat, GenK.  

3. Mendengar atau Menonton Video ASMR

cara menghilangkan stres 5

Contoh video ASMR (sumber: denofgeek.com)

Kepuasan pribadi dari suara? Kok bisa?

Bisa. Buktinya, pernahkah kamu merasa tenang, nyaman, dan senang ketika mendengar sebuah suara tertentu? Bahkan kamu mengulang terus-terusan suara tersebut cuma untuk kesenangan pribadi? Bisa jadi kamu sudah masuk dalam kondisi ASMR, GenK.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang masih asing dengan istilah ini. ASMR merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response atau lebih mudahnya disebut dengan head tingles. ASMR memungkinkan kamu merasakan sensasi tergelitik pada otak yang merupakan reaksi saat kamu mendengar suara tertentu. Dari sensasi tersebut kamu bisa mendapat kesenangan pribadi.

Saat ini sudah banyak YouTuber yang mengunggah video dengan konsep ASMR. Kamu tinggal memilih konten seperti apa yang kamu suka. Siapa tahu video ASMR bisa membantumu untuk menghilangkan stres loh. Yuk cobain!

Baca Juga   Cara Membuat Portofolio Kreatif

4. Satisfying dari Squishy dan Slime

cara menghilangkan stres 6

Ilustrasi bermain slime (sumber: f42home.com)

Squishy dan Slime adalah dua jenis mainan yang sedang populer di kalangan anak muda. Kalau Squishy terbuat dari bahan seperti busa, sedangkan Slime terbuat dari lem sebagai bahan dasarnya. Ternyata kegiatan menekan dan meremas dua jenis mainan ini bisa menghilangkan stres loh. Karena kegiatan tersebut mampu mendatangkan rasa senang. Terlebih squishy punya aroma yang wangi. Dijamin bisa membuatmu rileks, GenK. Tidak ada salahnya mencoba dua jenis mainan ini untuk membantumu menghilangkan stres. Cobain deh.

5. Main dengan Hewan Kesayangan

cara menghilangkan stres 7

Ilustrasi bermain dengan hewan kesayangan (sumber: pexels.com)

Setiap orang punya hewan kesayangan masing-masing, contohnya kucing dan anjing. Misal, kamu adalah pecinta kucing, maka pergilah ke pet shop atau cafe kucing yang ada di dekat rumahmu. Atau kalau perlu, adopsi kucing untuk kamu pelihara di rumah. Ini bertujuan untuk meningkatkan mood dan memberikan aktivitas baru yang mengasyikan selain bekerja dan terus bekerja.

Bermain dengan hewan kesayangan bisa memperbaiki mood dan pikiran kamu yang sedang kacau. Bahkan di beberapa rumah sakit ada yang sengaja menyediakan hewan-hewan lucu untuk menemani pasiennya sebelum melakukan operasi atau saat sedang melewati proses penyembuhan. Hewan-hewan ini terbukti mampu membuat pasien menjadi lebih rileks dan mengalihkan pikiran dari rasa sakit.  

6. Pastikan Jam Tidur Cukup

cara menghilangkan stres 8

IIlustrasi saat tidur (sumber: pexels.com)

Beberapa orang yang sedang mengalami stres pasti lebih rentan terkena insomnia alias penyakit susah tidur. Parahnya, kalau jam tidurmu kurang, metabolisme tubuhmu terganggu. Kalau dibiarkan akan menjadi penyakit. Eits, buang jauh-jauh keinginan mengkonsumsi obat tidur ya, karena masih ada solusi lain kok.

Baca Juga   7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

Kembali lagi ke video ASMR. Video tersebut bisa membuatmu tenang dan nyaman, sehingga tubuh kamu menjadi rileks dan mengantuk. Dengarkan atau tonton video ASMR sampai kamu benar-benar terlelap. Yuk dicoba dulu!

7. Olahraga Ringan Anti Repot

cara menghilangkan stres 9

Ilustrasi saat berolahraga (sumber: pexels.com)

Selain tidur cukup, kebugaran tubuh juga harus dijaga nih. Kalau tubuhmu terasa sehat dan bugar, maka kamu jadi lebih kuat saat melakukan aktivitas sehari. Jangan khawatir soal tempat dan waktu, karena sekarang sudah banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di dalam ruangan dan dengan waktu yang singkat. Bahkan di YouTube sudah banyak instruktur senam yang mengunggah video yang menyajikan serangkaian gerakan senam. Cara menghilangkan stres yang satu ini sangatlah mengasyikan, GenK!

8. Senyum

cara menghilangkan stres 10

Ilustrasi tersenyum di depan kaca (sumber: pexels.com)

Yang satu ini memang terdengar sepele, tapi percayalah, senyum adalah obat yang paling manjur dikala kamu sedang merasa stres. Berdirilah di depan cermin, lalu tersenyum. Lihat diri kamu yang sedang tersenyum, lalu peluk diri sendiri sambil mengucapkan “Terima kasih sudah berjuang. Aku sayang kamu, (nama kamu sendiri)!”

Dari kegiatan kecil ini, kamu bisa mulai mencintai diri sendiri, GenK. Love yourself!

Baca Juga   3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!


Itu dia cara menghilangkan stres yang mudah dan bisa kamu praktikan sendiri. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu untuk terlepas dari tekanan pikiran yang sedang melanda hari-harimu. Kamu pasti bisa kembali melewati semua bebanmu, GenK! Semangat!

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

GenK LIFE

5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

GenK LIFE

4 Tips Public Speaking Efektif yang Patut Kamu Coba

GenK LIFE

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

GenK LIFE

4 Tips Jadi Fotogenik untuk Tampil Menawan di depan Kamera

GenK LIFE

5 Cara Cepat Menghafal yang Paling Efektif, Kamu Wajib Baca

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

            Artikel Selanjutnya