7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara meningkatkan fokus

Kemampuan seseorang untuk tetap fokus pada pekerjaan sampai selesai merupakan salah satu indikator penentu kesuksesan di masa depan. Sayangnya, kita hidup di dunia yang penuh dengan gangguan, bahkan distraksi dari hal-hal kecil pun dapat membuyarkan fokus dan mengganggu kinerjamu. Gangguan bisa datang dari eksternal maupun internal. Sekarang saatnya kamu untuk mengubah kebiasaan hilang fokus. Di sini kami akan membagikan beberapa cara meningkatkan fokus saat bekerja sehingga kamu dapat berkonsentrasi penuh.

1. Hindari Multitasking Ketika Bekerja

cara meningkatkan fokus

Bekerja secara multitasking (sumber: medicalxpress.com)

Apakah kamu pernah merasakan stres sampai hilang fokus? Hal ini sangat mungkin terjadi saat menjalani kegiatan yang padat setiap harinya. Semua pekerjaan harus diselesaikan dengan cepat, sehingga mau tidak mau kamu harus bisa multitasking alias mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Cara ini mungkin efisien bagi sebagian orang, tapi tidak untuk sebagian lainnya. 

Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu membuat otak jadi mudah lelah dan rentan hilang fokus. Kuantitas pekerjaan mungkin tercapai, tapi bagaimana dengan kualitasnya? Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan teknik pomodoro, yakni teknik belajar berdasarkan manajemen waktu dalam keadaan fokus secara maksimal. Waktu yang ditentukan yakni 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di artikel yang pernah kami tulis tentang apa itu teknik pomodoro dan cara menerapkannya.

UPDATES

Slider

2. Melatih Otak agar Lebih Fokus

Tetap fokus saat bekerja (sumber: unsplash.com)

Mudah terdistraksi merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu pekerjaan. Sedikit-sedikit berhenti mengerjakan pekerjaan untuk sekadar scrolling beranda Instagram. Mulai sekarang coba lakukan latihan otak untuk membuat perubahan kecil di dalam rutinitasmu. Perlu diingat bahwa otak adalah otot. Dengan melatih otot lain di tubuh, maka kekuatan dan daya tahan tubuh akan meningkat. Fokus secara maksimal pun sangat mungkin dilakukan apabila sudah terbiasa. Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk melatih otak:

  • Bekerja dengan fokus secara maksimal selama lima menit dan istirahat dua menit berikutnya. Jika dilakukan terus-menerus, kamu jadi terbiasa untuk fokus lebih lama.
  • Latihan membaca lebih lambat dari biasanya, tapi dengan pikiran yang lebih fokus. Di dunia yang sudah serba internet ini kamu bakal mendapat informasi super cepat, jadinya mudah bosan dan informasi yang tertera malah tidak terserap dengan baik. 
  • Mulai latihan membaca satu artikel panjang setiap harinya, kemudian ingat-ingat lagi apa yang telah kamu baca tadi.
Baca Juga
6 Rekomendasi Aplikasi untuk Meningkatkan Fokus di Android dan iOS

3. Mendengarkan Musik Klasik

Memainkan musik klasik (sumber: unsplash)

Cara meningkatkan fokus saat bekerja yang berikutnya adalah dengan mendengarkan musik klasik. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa musik klasik mampu meningkatkan konsentrasi untuk anak maupun orang dewasa loh. Seandainya kamu sering kesulitan fokus saat menyelesaikan sebuah tugas, dengarkan alunan musik klasik yang saat ini bisa dengan mudah kamu temukan di platform musik online, salah satunya adalah Spotify. Selain untuk meningkatkan fokus, mendengarkan musik klasik juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan stres yang ampuh loh. 

Umumnya, orang-orang mendengarkan musik sambil melakukan kegiatan lain sehingga lebih efisien ketimbang menonton. Mau sambil membaca, mengetik proposal, olahraga, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya juga bisa. Coba pusatkan fokusmu pada alunan instrumen yang dimainkan, dijamin dapat menjernihkan pikiranmu yang kusut. Sekarang pilih satu judul musik klasik favoritmu, mendengarkan secara berulang-ulang pun tidak masalah.

Baca Juga
Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

4. Membuat Goals Sederhana 

cara meningkatkan fokus

Membuat goals (sumber: blog.cicil.co.id)

Memiliki goals yang besar sangatlah bagus, karena setiap orang harus memiliki visi yang lebih besar untuk mencapai goals yang sudah mereka tentukan sejak awal. Misalnya kamu punya goals untuk 5 tahun ke depan. Menjaga konsistensi diri bukanlah tugas yang mudah, apalagi nantinya kamu akan melewati rintangan-rintangan kecil selama mencapai goals tersebut. 

Alih-alih berfokus pada goals besar yang diperuntukkan untuk jangka panjang, mulai sekarang cobalah untuk membuat goals sederhana. Dengan hanya berfokus pada hal kecil, kamu jadi lebih mudah untuk mengatur diri agar tujuanmu dapat tercapai. Tanpa sadar, kamu akan menyemangati diri untuk terus berhasil mewujudkannya.

Baca Juga
5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

5. Eliminasi Hal-Hal yang Mengganggu

Airplane mode (sumber: inet.detik.com)

Mengeliminasi hal-hal yang mengganggu pekerjaanmu bisa menjadi salah satu cara meningkatkan fokus saat bekerja. Jika di layar ponselmu terus-terusan muncul pop-up notifikasi pesan dari WhatsApp atau Facebook, pikirkan apakah pesan tersebut penting atau hanya mengganggu konsentrasimu saat bekerja. 

Mulai sekarang kamu perlu menyingkirkan semua gangguan yang tidak berguna. Caranya bisa dengan mengaktifkan airplane mode, mematikan semua notifikasi, mengubah dering ponsel jadi silent, atau mengunduh aplikasi untuk meningkatkan fokus yang dapat kamu lihat daftarnya di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya. Kemudian rasakan perubahan positif setelah kamu menerapkannya.

Baca Juga
Tetap Produktif dan Kreatif dengan Mengubah Galau Jadi Karya

6. Menyelami Diri lewat Meditasi

cara meningkatkan fokus

Melakukan meditasi (sumber: unsplash.com)

Meditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghubungkan pikiran dengan tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara meningkatkan fokus saat bekerja, melepas stres, dan memperoleh tubuh yang bugar. Kegiatan meditasi menciptakan pikiran yang kosong tapi dengan kesadaran yang penuh. Dengan begitu kamu jadi lebih mudah berkonsentrasi deh. Perasaan tenang, bahagia, dan pikiran yang jernih bakal kamu dapatkan setelah melakukan meditasi.

Ada beberapa jenis meditasi yang dapat kamu lakukan, salah satunya yakni mindfulness meditation. Buat kamu yang belum tahu, mindfulness meditation adalah meditasi yang berguna untuk membuat tubuh menjadi sadar pada pikiran dan emosi diri sendiri. Tujuannya untuk memfokuskan perhatian secara penuh pada pikiran dan energi yang ada di dalam tubuh. Tidak tanggung-tanggung, jenis meditasi yang satu ini mampu menyembuhkan gangguan jasmani maupun spiritual loh, seperti stres dan depresi.

Baca Juga
8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stress

7. Dapatkan Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidur nyenyak (sumber: pexels.com)

Begadang semalaman mungkin menjadi hobi sebagian orang atau adanya keadaan tertentu yang memaksamu untuk tetap terjaga sepanjang malam. Tapi tahukah kamu kalau kurang tidur menjadi salah satu penyebab rusaknya mood dan fokus saat bekerja? 

Setidaknya kamu membutuhkan tidur selama 8 jam dalam semalam, itu pun kalau memungkinkan. Setidaknya coba dan lakukan tidur minimal 7 jam, tapi dengan catatan tidurmu harus berkualitas tinggi. Hal ini berlaku untuk semua orang loh, mulai dari pekerja kantoran, digital nomad, sampai petinggi perusahaan, karena ini merupakan cara meningkatkan fokus yang sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Itu dia beberapa cara meningkatkan fokus saat bekerja yang dapat kamu terapkan untuk beraktivitas sehari-hari. Menjaga konsentrasi sangatlah penting agar pekerjaan tidak terganggu dan semuanya dapat selesai tepat waktu. Selamat mencoba!

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

Jangan Dibiarkan, Ini Dia Faktor Penyebab Mood Swing

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

GenK LIFE

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpikir Kritis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link