5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara menjadi komikus

Punya hobi menggambar tapi masih gak tau harus kerja jadi apa? Pas banget nih, kami punya 5 rekomendasi pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar. Cara menjadi komikus, animator, ilustrator, semuanya ada. Yuk simak!

Saat kuliah, setiap hari kerjaanmu hanya menggambar dan menggambar. Pokoknya gak bakal bosen deh. Lain halnya saat kamu disuruh mengerjakan teori. Hoam ngantuk banget!

Tapi sekarang kamu mulai ragu. Apakah menggambar bisa dijadikan profesi atau tidak. Mengingat profesi ini terkadang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat di luar sana.

cara menjadi komikus

Ilustrasi hobi menggambar (sumber: pexels.com)

Sadarkah kamu, bahwa pekerjaan untuk para pelaku industri kreatif saat ini ada segudang loh,karena seni ini berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi. Ini pula yang menjadi alasan kenapa desainer grafis banyak dicari.

Namun bagaimana nasib orang yang murni suka menggambar?

Padahal tidak semua orang yang suka menggambar pasti menjadi desainer grafis loh.

Di dalam artikel kali ini kami akan menyebutkan apa saja sih rekomendasi jenis pekerjaannya beserta cara menjadi komikus, animator, ilustrator, dll. Mari disimak poin-poinnya!

1. Ilustrator

Singkatnya, ilustrator adalah orang yang membuat ilustrasi.

Tapi apa yang membedakannya dengan kartunis dan komikus?

Beberapa perusahaan menganggap bahwa seorang desainer grafis pandai menggambar dan ilustrator pandai mendesain. Padahal tidak selamanya saklek seperti itu, GenK.

cara menjadi komikus

Ilustrasi menggambar (sumber: pexels.com)

Ilustrator adalah orang yang bergelut di bidang seni rupa ataupun desain yang menciptakan gambar ilustrasi untuk memvisualisasikan teks tertentu agar informasi yang disampaikan terlihat lebih menarik.

Contohnya menggambar untuk poster, buku anak-anak, majalah, desain UI UX, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat menggunakan teknik manual atau digital untuk menciptakan efek tertentu, seperti bentuk karakter, warna, dan bayangan.

Setiap ilustrator memiliki gaya dan sudut pandang yang berbeda-beda. Perbedaan itulah yang kemudian menjadi ciri khas.

Baca Juga
5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

Cara Menjadi Ilustrator

Saat ini untuk menjadi ilustrator sangatlah mudah, karena menggambar dapat dilakukan secara otodidak atau dengan masuk kuliah dan mengambil jurusan desain.

Di DKV sendiri, ada beberapa mata kuliah yang memang mengajarkan cara menggambar ilustrasi. Dimulai dari cara menggambar orang, sampai yang kompleks seperti membuat konsep visual, konstruksi, dan desain produk.

Untuk masuk ke ranah profesional, seorang ilustrator harus mampu menyusun portofolio kreatif. Tidak ada salahnya melampirkan artbook ilustrasi jika kamu punya.

2. Storyboard Artist

Masih dalam gambar dua dimensi, menjadi storyboard artist boleh banget dicoba loh.

Storyboard artist adalah orang yang bertugas menerjemahkan naskah menjadi visual. Gambar ini akan digunakan sebagai panduan Director of Photography saat menata kamera untuk pengambilan shot gambar.

cara menjadi komikus

Contoh storyboard (sumber: gamedesigning.org)

Kejelasan gambar storyboard merupakan standar yang paling wajib, karena pekerjaan ini sangatlah penting untuk kelancaran proses syuting. Dengan storyboard, Sutradara, Produser, D.O.P, dan Art Director, bisa membayangkan bagaimana set lokasi syuting nantinya.

Tidak hanya film, seorang storyboard artist juga dibutuhkan untuk membuat komik, game, acara televisi, dan bentuk lain dari visual storytelling.

Cara Menjadi Storyboard Artist

Untuk memiliki profesi seperti ini, kamu mesti lihai dan kreatif saat menjelaskan sebuah cerita lewat gambar.

Selain itu kamu juga mesti paham soal type of shot, karena nantinya kamu akan terus-terusan memvisualisasikan setiap adegan dari scene pertama sampai cerita tamat. Misalnya kamu membuat gambar medium close-up (MCU), maka posisi tokoh pun juga harus sesuai dengan aturan MCU.

Baca Juga
3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link