fbpx

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara menjadi komikus

Punya hobi menggambar tapi masih gak tau harus kerja jadi apa? Pas banget nih, kami punya 5 rekomendasi pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar. Cara menjadi komikus, animator, ilustrator, semuanya ada. Yuk simak!

Saat kuliah, setiap hari kerjaanmu hanya menggambar dan menggambar. Pokoknya gak bakal bosen deh. Lain halnya saat kamu disuruh mengerjakan teori. Hoam… ngantuk banget!

Tapi sekarang kamu mulai ragu. Apakah menggambar bisa dijadikan profesi atau tidak. Mengingat profesi ini terkadang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat di luar sana.

cara menjadi komikus

Ilustrasi hobi menggambar (sumber: pexels.com)

Sadarkah kamu, bahwa pekerjaan untuk para pelaku industri kreatif saat ini ada segudang loh, karena seni ini berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi. Ini pula yang menjadi alasan kenapa desainer grafis banyak dicari

Namun bagaimana nasib orang yang murni suka menggambar?

Padahal tidak semua orang yang suka menggambar pasti menjadi desainer grafis loh

Di dalam artikel kali ini kami akan menyebutkan apa saja sih rekomendasi jenis pekerjaannya beserta cara menjadi komikus, animator, ilustrator, dll. Mari disimak poin-poinnya!

1. Ilustrator

Singkatnya, ilustrator adalah orang yang membuat ilustrasi. 

Tapi apa yang membedakannya dengan kartunis dan komikus?

Beberapa perusahaan menganggap bahwa seorang desainer grafis pandai menggambar dan ilustrator pandai mendesain. Padahal tidak selamanya saklek seperti itu, GenK.

cara menjadi komikus

Ilustrasi menggambar (sumber: pexels.com)

Ilustrator adalah orang yang bergelut di bidang seni rupa ataupun desain yang menciptakan gambar ilustrasi untuk memvisualisasikan teks tertentu agar informasi yang disampaikan terlihat lebih menarik.

Contohnya menggambar untuk poster, buku anak-anak, majalah, desain UI UX, dan masih banyak lagi. 

Kamu dapat menggunakan teknik manual atau digital untuk menciptakan efek tertentu, seperti bentuk karakter, warna, dan bayangan.

Setiap ilustrator memiliki gaya dan sudut pandang yang berbeda-beda. Perbedaan itulah yang kemudian menjadi ciri khas.

Baca Juga   Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

Cara Menjadi Ilustrator

Saat ini untuk menjadi ilustrator sangatlah mudah, karena menggambar dapat dilakukan secara otodidak atau dengan masuk kuliah dan mengambil jurusan desain.

Di DKV sendiri, ada beberapa mata kuliah yang memang mengajarkan cara menggambar ilustrasi. Dimulai dari cara menggambar orang, sampai yang kompleks seperti membuat konsep visual, konstruksi, dan desain produk.

Untuk masuk ke ranah profesional, seorang ilustrator harus mampu menyusun portofolio kreatif. Tidak ada salahnya melampirkan artbook ilustrasi jika kamu punya. 

2. Storyboard Artist

Masih dalam gambar dua dimensi, menjadi storyboard artist boleh banget dicoba loh.

Storyboard artist adalah orang yang bertugas menerjemahkan naskah menjadi visual. Gambar ini akan digunakan sebagai panduan Director of Photography saat menata kamera untuk pengambilan shot gambar.

cara menjadi komikus

Contoh storyboard (sumber: gamedesigning.org)

Kejelasan gambar storyboard merupakan standar yang paling wajib, karena pekerjaan ini sangatlah penting untuk kelancaran proses syuting. Dengan storyboard, Sutradara, Produser, D.O.P, dan Art Director, bisa membayangkan bagaimana set lokasi syuting nantinya.

Tidak hanya film, seorang storyboard artist juga dibutuhkan untuk membuat komik, game, acara televisi, dan bentuk lain dari visual storytelling.

Cara Menjadi Storyboard Artist

Untuk memiliki profesi seperti ini, kamu mesti lihai dan kreatif saat menjelaskan sebuah cerita lewat gambar. 

Selain itu kamu juga mesti paham soal type of shot, karena nantinya kamu akan terus-terusan memvisualisasikan setiap adegan dari scene pertama sampai cerita tamat. Misalnya kamu membuat gambar medium close-up (MCU), maka posisi tokoh pun juga harus sesuai dengan aturan MCU.

Baca Juga   4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

3. Animator

Sekarang kita pindah ke gambar tiga dimensi. 

Animator adalah orang yang membuat animasi, mulai dari gambar sampai proses menggerakkan gambar dengan teknik manual maupun digital. Gambar dua dimensi yang sudah dibuat per frame, kemudian diberi ilusi seolah-olah bergerak. 

cara menjadi komikus

Ilustrasi membuat animasi digital (sumber: lectureinprogress.com)

Ada animasi dua dimensi, tiga dimensi, dan gabungan keduanya.

Kalau kamu penasaran prospek pekerjaan animator, kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti video YouTube, film, game dan televisi. 

Sama halnya dengan ilustrator, seorang animator juga harus punya ciri khas. Seperti cara penggunaan slow in dan slow out, staging, timing, dan exaggeration.

Cara Menjadi Animator

Pertama-tama kamu mesti paham jenis-jenis animasi, yaitu ada yang 2D dan 3D. Kemudian bagaimana bentuk yang ingin kamu buat? Bisa saja film animasi, stop motion, atau motion graphic. Kenali juga tren animasi masa kini. 

Kamu dapat belajar secara otodidak atau masuk kuliah dengan peminatan animasi. Di sana kamu akan diajarkan cara membuat animasi secara manual sampai digital dengan software canggih. 

Kemudian compile semua karya yang sudah kamu buat ke dalam portofolio kreatif. Buatlah semenarik mungkin dalam bentuk cetak artbook atau video showreel.

4. Muralis

Suka membuat mural? Gak ada salahnya untuk menjadikan hobimu sebagai profesi loh. Berawal dari coretan doodle di dinding, coba kembangkan hobimu ke bidang profesional, yaitu menjadi seorang muralis. 

cara menjadi komikus

Membuat mural (sumber: howdesign.com)

Muralis adalah seniman mural yang menggambar dan melukis di media dinding atau permukaan luas lainnya yang bersifat permanen. 

Sekarang prospek kerja muralis cukup menjanjikan. Karena saat ini banyak perusahaan iklan yang menggunakan mural sebagai salah satu teknik kampanye atau promosi.

Selain itu, di kafe atau restoran juga banyak yang menggunakan mural untuk mempercantik interior.

Bagaimana, GenK? Apakah kamu tertarik menjadi muralis?

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

Cara Menjadi Muralis

Buat kamu yang baru ingin membuat mural, cobalah latihan melukis di kanvas terlebih dahulu. Selanjutnya barulah pindahkan lukisan tersebut ke media dinding. Mulai membuat mural pada dinding rumah kamu sebelum langsung ke klien, GenK.

Perbanyak latihan, karena sebesar apapun keinginan kamu mustahil rasanya jika tidak mempelajari teknik dasar membuat mural. Semangat!

5. Komikus

cara menjadi komikus

Contoh desain karakter (sumber: pexels.com)

Kalau yang terakhir adalah komikus, yaitu seniman yang membuat komik. Teknik membuat komik merupakan rangkuman dari semua jenis pekerjaan yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Ini karena seorang komikus harus mampu membuat naskah dengan alur cerita yang menarik, pandai membuat ilustrasi, storyboard, dan masih banyak lagi.

Makanya pekerjaan komikus terkadang dipecah lagi lagi menjadi beberapa bagian. Seperti bagian storyline, desain karakter, membuat background, dan coloring.

Cara Menjadi Komikus

Seperti bidang ilustrasi dan desain, industri komik juga sangat kompetitif loh. Apalagi sekarang komik sudah bisa diakses dalam bentuk digital. Semua orang makin tergila-gila dengan komik, membuat para kreator baru mulai bermunculan.

Atau kamu ingin membuatnya dalam bentuk visual novel? Gak masalah.

Di proses kreatif, coba perkuat konsep dengan menentukan genre, alur, penokohan, dan gaya gambar. Buat cerita dan visual semenarik mungkin. Tentukan juga platform untuk mengunggah karyamu. 


Itu dia 5 jenis pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar beserta cara menjadi komikus, animator, dll. Tenang saja, GenK, karena banyak kok perusahaan yang membutuhkan bakatmu. Tetap semangat!

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link