GenK LIFE

Cegah Corona, Begini Protokol Pencegahan yang Dilakukan

Menyebarnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia tentu membuat masyarakat khawatir. Dari data terbaru Rabu (23/3/2020) pasien positif corona sendiri bahkan sudah mencapai 700 lebih. Demi menanggulangi kasus pandemi yang mendunia, berbagai upaya tentu sudah dilakukan., begitu pula dengan Pemerintah Indonesia.

Berbagai imbauan serta ajakan terus digalakkan untuk mengedukasi masyarakat demi memutus rantai penyebaran yang terus terjadi. Hal ini dilakukan tentu dengan harapan agar masyarakat makin melek terhadap pandemi ini dan berujung dapat berpartisipasi dalam langkah pencegahan. Berikut beberapa protokol yang telah dirilis oleh pemerintah terkait pencegahan corona di Indonesia.

Protokol di transportasi publik dan area publik

Pemberian disinfektan secara berkala dua sampai tiga kali dalam sehari dengan memperhatikan jam-jam sibuk. Selain itu, memberikan perhatian lebih pada benda-benda yang sering dipegang seperti handle pintu, pegangan tangan dan kursi dan lainnya.

Selain pemberian disinfektan, di dalam kendaraan juga disediakan cairan pembersih tangan dan face masker untuk antisipasi jika ada keadaan khusus yang membutuhkan. Petugas juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para penumpang sebelum memasuki stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lainnya.

Pembersihan transportasi publik. (Sumber: ANTARA Foto/Rivan Awal Linnga).

Tak hanya itu, protokol pencegahan lainnya adalah dengan menyediakan ruang isolasi di setiap acara besar (konser, seminar). Selain itu diwajibkan adana petugas kesehatan untuk mengontrol para peserta yang ada.

Sosialisasi cuci tanga teratur dan etika batuk atau bersin juga dianggap penting sebagai protokol pencegahan corona. Sebagai ajang sosialisasi, sediakan juga area memiliki akses untuk cuci tanagn dengan sabun serta ketersediaan dispenser pembersih tangan di tempat-tempat strategis.

Baca Juga :   Benarkah Banyak Minum Air Putih Dapat Cegah Corona?

Protokol penyelenggaraan acara berskala besar

Bukan hanya di transportasi publik, penyelenggaraan sebuah acara besar juga harus mengikuti protokol pencegahan corona yang berlaku. Salah satu contoh protokol pencegahan yang umum adalah dengan melakukan screening awal pemeriksaan suhu tubuh.

Selain itu, lokasi acara juga dipastikan harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan fasilitas yang memadai untuk mencuci tangan. Frekuensi pembersihan area yang umum juga harus semakin diperbanyak, seperti konter registrasi dan pembayaran, kamar mandi, hingga area makan termasuk di jam padat.

About author

Related posts
GenK LIFE

Ngabuburit di Masa Pandemi? Intip Rekomendasi Aktivitas Seru Selama Puasa 2021

GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu