GenK LIFE

Cegah Corona dengan Minuman Sehat, Begini Tips Memilih Botol Infused Water

Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam upaya pencegahan pandemi corona saat ini. Mulai dari menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer, social distancing, hingga menjalani pola hidup sehat.

Meminum banyak air putih menjadi salah satu pilihan sederhana yang mulai banyak dilakukan oleh kita. Namun, tak sedikit juga dari kita yang tentu senang dengan ini. Berbagai alasan pun mengiringi alasan ketidaksukaan itu, mulai dari tampilan air yang tidak menarik bahkan tidak menggugah selera.

Botol minum. (Sumber: Pexels).

Demi menyiasati hal itu, ada cara lain meminum air yang tidak terasa biasa dan membosankan, yaitu dengan meminum infused water. Infused water adalah jenis minuman yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang dibuat menggunakan campuran air mineral dan berbagai macam potongan buah, sayur, herbal ataupun rempah-rempah.

Infused water sendiri memiliki beragam manfaat seperti dapat menurunkan berat badan, mencegah penuaan kulit, sebagai detoks, menghidrasi tubuh hingga membantu memperlancar sistem pencernaan. Walau begitu, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan sebelum mencoba infused water, salah satunya adalah dengan pemilihan botol minum.

1. Pilih botol terdasarkan material atau bahannya

Jenis botol minum. (Sumber: Amazon)

Seperti yang kita tahu, botol minum memang terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya adalah plastik. Walau gterbuat dari bahan plastik, ternyata plastik yang dipakai juga tidak sembarang, loh! Jenis pastik yang dipakai untuk pembuatan botol adalah plastik poliester, polikarbonat, polietilena, ataupun polipropilena.

Tak hanya plastik, botol minum pun juga dapat terbuat dari material stainless steel yang tidak berbahaya dan bisa lebih tahan lama. Keunggulan botol minum dengan bahan stainless steel adalah dapat digunakan untuk minuman panas ataupun dingin. Walau begitu, kita tetap harus perhatikan perawatan botol ini, loh! Jika tidak dirawat atau sudah terlalu lama, botol akan mengalami korosi dan membahayakan.

Baca Juga :   Cegah Corona, Begini Protokol Pencegahan yang Dilakukan

2. Perhatikan tanda yang ada di bawah botol

Ilustrasi botol minum. (Sumber: Pexels).

Kita memang banyak yang lebih familiar dengan botol berbahan plastik. Walau begitu, ternyata tak semua bahan plastik itu aman, loh! Botol minum plastik akan dinilai baik jika terbuat dari material plastik dengan kualitas food grade, seperti low density polyethylene (LDPE) atau polypropylene (PP).

Cara paling mudah untuk pengecekan kualitas botol plastik adalah dengan melihat kode plastik yang biasanya terdapat di bawah botol. Botol yang baik, ditandai dengan kode berupa simbol segitiga dengan angka di dalamnya.

Angka-angka tersebut juga memiliki maksudnya sendiri, loh! Botol yang aman adalah yang memiliki kode dengan angka 5 di bawahnya. Botol dengan penggunaan angka 1, 2 dan 4 juga masih masuk ke dalam kategori aman untuk digunakan. Namun, jika sudah memiliki angka 3, 6, atau 7 maka sdangat berbahaya bagi kesehatan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Ngabuburit di Masa Pandemi? Intip Rekomendasi Aktivitas Seru Selama Puasa 2021

GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu