leadersingle

7 Ciri Orang Oportunis, Si Pencari Kesempatan Dalam Kesempitan

Dibaca Normal: 4 menit aja

Bisakah kamu mencium bau itu? Iya, bau drama perselisihan yang bisa kamu manfaatkan untuk  keuntunganmu sendiri. Mungkin jadi pahlawan kesiangan, atau kompor biar api praharanya semakin membesar. Nah, ini dia salah satu ciri orang oportunis yang suka memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Gak cuma itu saja, ada beberapa ciri orang oportunis lainnya yang mesti kamu ketahui. 

1. Mereka tuh orang kreatif 

Ciri orang oportunis 1

Sumber: pexels.com

Ciri orang oportunis yang paling mendasar adalah pola pikir dan cara mereka melihat dunia. Dalam suasana yang tidak dapat diprediksi, kebanyakan orang akan melihatnya sebagai sebuah bencana dan ketidakberuntungan alias nasib ‘sial’. Tapi tidak demikian dengan orang oportunis. Dalam situasi apapun, mereka akan selalu berusaha untuk mengubahnya menjadi keberuntungan bagi diri sendiri. Kalau kata pepatah nih, dimana ada keinginan, di situ ada jalan

 

Baca Juga
Dari Semua Musim, Manakah yang Paling Menggambarkan Kepribadianmu?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Apa itu aturan dan norma? 

Ciri orang oportunis 2

Sumber: pexels.com

Kalau kamu masih ingat dengan pelajaran sosiologi saat SMA dulu, pastinya ingat dong sebuah konsep yang disebut dengan “norma”. Konsep ini didefinisikan sebagai suatu kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat. Misalnya dalam norma kesopanan, kamu mesti menghormati orang yang lebih tua dan tidak berkata-kata kasar.

Namun sayangnya, banyak dari ciri orang oportunis yang menunjukkan bahwa mereka tidak mempercayai dengan norma yang ada di masyarakat. Saat norma dan aturan dilanggar, perasaan bersalah dan tidak nyaman pasti langsung muncul dan mulai menggeliat di dalam batin. Hal ini tidak berlaku bagi para oportunis yang percaya jika setiap orang bisa menentukan sendiri nilai yang dipercayainya tanpa terikat dengan norma apapun. 

3. Selalu punya alasan 

Ciri orang oportunis 3

Sumber: pexels.com

Banyak oportunis yang memiliki kecenderungan sifat egois dan biased, alias suka memihak. Mereka dikenal mampu mengorbankan nilai-nilai yang dipercayai oleh mayoritas orang demi menggapai apa yang diinginkannya. Ciri orang oportunis ini terkait dengan dahaga mereka untuk menggenggam kesuksesan. Rasanya sulit untuk mundur dan keluar dari sebuah situasi dengan tangan kosong, tanpa membawa apapun yang menguntungkan. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

8 Cara Mengatasi Keraguan Terhadap Diri Sendiri

GenK LIFE

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

5 Kota yang Harus Lockdown di Tengah Wabah COVID-19 Dunia

GenK LIFE

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

GenK LIFE

5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Hand Sanitizer, Loh!

GenK LIFE

HIIT Cardio, Olahraga yang Dapat Dilakukan di Waktu Singkat

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link