fbpx

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
desain komunikasi visual

Anak DKV mana suaranya? Jurusan yang satu ini memang gak ada matinya, GenK. Lulusannya tak melulu jadi desainer grafis atau seorang video editor, loh. Ada 5 profesi unik untuk lulusan desain komunikasi visual yang bisa kamu coba. 

DKV merupakan salah satu jurusan yang sedang naik pamor belakangan ini. Ini gudangnya anak-anak kreatif ngumpul. Meningkatnya perkembangan dunia industri kreatif menjadi salah satu alasan banyak orang yang mulai melirik jurusan ini.

Selain industri kreatif, para lulusan DKV juga dibutuhkan di berbagai bidang. Pekerjaan seperti desainer grafis, animator, maupun sutradara sering diasosiasikan dengan ilmu ini.

Tidak hanya di industri kreatif, ada banyak profesi lain yang bisa dicoba lulusan Desain Komunikasi Visual. Mari kita simak sama-sama!

Apa Itu Desain Komunikasi Visual?

Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah bidang ilmu yang mempelajari proses komunikasi menggunakan media visual. 

Di sini, kamu belajar berbagai aspek dari ilmu desain itu sendiri. Tipografi, warna, bentuk, tekstur, ruang, huruf, dan segala yang berkaitan dengan visual. Kemudian diaplikasikan ke berbagai bidang lainnya.

Ilmu yang dipelajari juga tak hanya mengenai dasar-dasar desain saja loh. Kamu djuga belajar cara mengaplikasikannya ke berbagai bidang seperti animasi, film, game, web dan banyak lagi lainnya.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan Desain Komunikasi Visual antara lain:

  • Fotografi
  • Copywriting
  • Gramatika Iklan
  • Semiotika
  • Design Thinking
  • Narasi visual
  • Tipografi
Jurusan yang satu ini memang diperuntukan khusus bagi kamu yang memiliki jiwa seni yang tinggi serta menyukai tantangan.

Bagaimana tidak? Hampir seluruh jenis tugas dan ujian yang diberikan saat kamu menempuh pendidikan di jurusan DKV adalah berupa proyek.

Kreativtias dan kemampuan  manajemen-mu dalam menyelesaikan sebuah proyek diuji.

Tak sekadar uji kreativitas, kamu juga akan dilatih untuk dapat bekerja sama dengan orang lain, cara membuat proposal, hingga public relations.

Di Indonesia sendiri, jurusan DKV sudah cukup berkembang. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar ilmu ini, kamu bisa menemukan jurusan DKV di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Profesi Menarik Lulusan DKV

Dengan berkembangnya zaman, lulusan DKV dapat bekerja di berbagai bidang pekerjaan dan industri. Jadi stereotip kalau anak DKV cuma bisa di industri kreatif sudah gak berlaku, GenK.

Banyak beberapa profesi oke lainnya yang membutuhkan lulusan DKV.

Langsung lanjut dibaca, GenK!.

Baca Juga   8 Cara Mengatasi Keraguan Terhadap Diri Sendiri

1. Photojournalist

desain komunikasi visual 1

Profesi Photojournalist (sumber: adorama.com)

Photojournalist merupakan jenis pekerjaan spesialisasi dari profesi jurnalis pada umumnya. Mengingat era sekarang semakin tervisualisasi, profesi ini penting banget, GenK!

Sebagai seorang photojournalist, kamu bertugas untuk mengumpulkan gambar. Kamu juga diminta untuk mengedit dan menampilkan bahan-bahan visual lainnya.

Hasil yang kamu kumpulkan adalah material yang nantinya akan digunakan untuk keperluan publikasi atau broadcasting.

Fungsi dari seorang photojournalist sangat penting loh. Dalam penyampaian suatu berita, foto dan gambar merupakan salah satu elemen wajib.  

Gambar dan foto memiliki kekuatan untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat disampaikan oleh kata-kata. Untuk itulah hampir di setiap berita, foto atau gambar menjadi salah satu hal yang selalu ada.

Para pembaca biasanya akan terlebih dahulu memperhatikan judul dan foto dari sebuah artikel sebelum membaca isi dari artikel tersebut.

Ibarat kata pepatah nih, GenK, picture is worth a thousand words.

Hanya dari sebuah gambar, pembaca sudah bisa menyimpulkan isi dari sebuah artikel.

Nah, untuk itulah, profesi photojournalist membutuhkan beberapa keterampilan khusus nih. Keterampilan khusus tersebut berkaitan dengan komunikasi visual.

Seorang photojournalist harus mampu menghasilkan foto maupun gambar dengan kualitas yang baik.

Kualitas foto yang baik bukan hanya tentang resolusi yah. Namun bagaimana foto tersebut dapat menyampaikan pesan yang merepresentasikan suatu kejadian.

Jadi, GenK, photojournalism bukan hanya tentang menguasai ilmu fotografi yah. Kamu juga wajib menguasai kemampuan editing visual dan komunikasi visual.

Dua kemampuan tersebut merupakan makanan sehari-hari anak DKV nih. Jadi gak salah, kalau photojournalist bisa menjadi pilihan profesi kamu yang belajar Desain Komunikasi Visual nih.

2. Desainer Produk

desain komunikasi visual 2

Profesi Desainer Produk (sumber: freundevonfreunden.com)

Pernahkah kamu memperhatikan detail sebuah produk?

Mengapa desain gantungan baju berbentuk demikian?

Atau kenapa botol kondisioner terkadang memiliki tutup di bawah?

Semua hal tersebut merupakan hasil karya dari seorang Desainer Produk loh.

Desain produk yang juga sering disebut desain industri adalah proses menciptakan produk baru untuk bisnis.

Dunia bisnis terus berkembang dan inovasi tentu terus bermunculan. Hal tersebut mendasari adanya bidang pekerjaan yang satu ini. Nah, sebab itulah desainer produk menjadi profesi yang banyak dicari nih, GenK.

Tugas utama seorang desainer produk adalah merancang produk baru dengan memperhitungkan aspek-aspek tertentu.

Aspek dalam desain produk tak hanya mengenai tampilan saja loh. Fungsi dan cara pelanggan dalam menggunakan sebuah produk juga patut diperkirakan.

Dalam prosesnya, ada 3 jenis desain yang digunakan dalam desain produk, yaitu:

  • Desain sistem. Bagian krusial dalam sebuah produk terletak pada sistemnya. Contohnya toserba. Letak lokasi produk-produk tertentu dalam sebuah toko diatur sedemikian rupa. Hal ini berguna untuk mempengaruhi proses pemasaran dari produk yang dijual. Misalnya pada saat tahun baru, terompet dan hiasan rumah akan dipajang di rak paling depan. Hal ini akan memudahkan calon pembeli, untuk mendapatkan produk-produk berpotensi laku saat menjelang tahun baru.
  • Desain proses. Di dalam sebuah sistem tentunya akan berjalan sebuah proses. Desain proses berfokus untuk menciptakan pengalaman yang lebih efisien dan efektif dalam sistem yang telah diciptakan sebelumnya. Pada kasus toserba misalnya, scanner otomatis bisa didesain untuk mempermudah proses pembayaran. Jadi para pelanggan tidak perlu repot untuk antri di kasir.
  • Desain interface. Sistem dan proses yang baik tentu harus didukung tampilan yang menarik. Interface tidak hanya mesti menarik, namun juga harus memperhatikan fungsi dari desain tersebut nih, GenK. Tampilannya tentulah harus mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna. Jadi sebuah produk dapat meningkatkan pengalaman para pengguna secara menyeluruh.

Hal inilah yang menjadikan desainer produk menjadi profesi yang cukup menjanjikan.

Hampir setiap perusahaan yang memproduksi barang, membutuhkan jasa seorang desainer produk, GenK.

Mulai dari industri makanan, furnitur, otomotif, elektronik, hingga ke industri kecantikan, semua membutuhkan posisi Desainer Produk loh.

Jadi profesi ini bisa banget untuk menjadi salah satu pekerjaan potensial bagi kamu, anak DKV. Dasar-dasar ilmu desain yang dipelajari semasa kuliah akan sangat berguna nih.

Baca Juga   5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

3. Creative Consultant

desain komunikasi visual 3

Profesi Creative Consultant (sumber: pexels.com)

Kamu suka bertemu dengan banyak orang? Kamu memiliki kemampuan interpersonal yang baik?

Wah, jika jawabanmu untuk semua pertanyaan di atas adalah iya, maka kamu cocok untuk menjadi seorang konsultan kreatif, nih.

Pekerjaan yang satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk anak DKV.

Kamu akan berkesempatan untuk ikut dalam proyek-proyek menarik, menjalin relasi, dan belajar hal baru loh.

Untuk menjadi seorang konsultan kreatif yang mumpuni, kamu memerlukan kemampuan personal dan profesional yang baik, GenK.

Kualifikasi yang dibutuhkan dapat berbeda untuk beberapa pekerjaan yang spesifik, seperti animasi, menulis, product development, dan lainnya.

Selain ide-ide unik dan portofolio yang menarik, beberapa skills berikut juga gak boleh ketinggalan nih:

  • Campaign dan content development. Seorang creative consultant harus mampu mengembangkan ide-ide campaign, konten, serta produk yang unik. Pengetahuan yang mendalam akan konten yang dapat menarik perhatian juga krusial nih.
  • Kreasi digital. Pada banyak kasus, konsultan kreatif juga mesti akrab dan mahir menguasai aplikasi-aplikasi kreasi digital, seperti software animasi, marketing tools, software editing, dan juga email campaign generation tools.
  • Time management. Banyak konsultan kreatif yang bekerja sebagai kontraktor independen. Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat esensial untuk jenis pekerjaan freelance ini.
  • Kreativitas dan inovasi. Wah, kalau soft skill ini tanpa perlu dipertanyakan lagi dong. Setiap creative consultant secara rutin harus terus berinovasi dengan ide-ide baru dan unik.
  • Komunikasi. Skill komunikasi yang baik pasti harus dimiliki oleh seorang konsultan kreatif. Profesi ini memang menuntut kamu untuk sering bertemu dengan klien. Untuk itulah, kemampuan komunikasi yang efisien dan efektif tentu menjadi kunci utama yang wajib dipegang nih, GenK.

Gimana GenK, tertarik mencoba pekerjaan ini?

Baca Juga   8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stress

4. Data Visualization Specialist

Profesi Data Visualization Specialist (sumber: pexels.com)

Di era digital saat ini, data merupakan komoditas penting di seluruh bidang industri.

Penggunaan data dalam berbagai bidang pun terus meningkat. Hal ini tak lepas oleh pesatnya perkembangan teknologi di era Industri 4.0 ini.

Kamu tentu sudah pernah mendengar istilah ‘Industri 4.0’ atau ‘Revolusi Industri 4.0’. Era industri tersebut menandai perubahan dalam aspek integrasi teknologi.

Di hampir semua bidang, teknologi akan berperan penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan.

Datangnya era baru ini juga mendatangkan momok bagi banyak orang nih. Diperkirakan dalam 15 tahun mendatang, banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh robot loh, GenK.

Tapi gak perlu khawatir. Bagi kamu anak DKV, ada kabar baik nih buat kamu. Ada banyak  pekerjaan yang melibatkan kemampuan berpikir kreatif, serta kemampuan lainnya yang dimiliki oleh lulusan DKV nih.

Salah satunya adalah Data Visualization Specialist. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, data merupakan komoditas penting di era sekarang.

Ada banyak pekerjaan menarik terkait dengan data loh. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai Data Visualization Specialist.

Tugas seorang Data Visualization Specialist adalah menerjemahkan data menjadi bentuk visual. Produk data berbentuk visual tersebut kemudian dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan.

Visualisasi data akan mempermudah proses penyajian informasi dari data yang telah dikumpulkan nih, GenK. Jadi data tersebut dapat digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun.

Hasil karya para Visual Data Specialist yang paling sering kamu lihat contohnya adalah infografis.

Nah, ilmu-ilmu yang diajarkan di jurusan Desain Komunikasi Visual sudah pasti akan sangat berguna di posisi ini. Penguasaan teknik-teknik visualisasi tentu mutlak diperlukan.

Ilmu-ilmu berupa Tipografi dan Semiotika yang kamu pelajari semasa kuliah bakal sering digunakan nih di bidang visualisasi data.


Pekerjaan di industri kreatif tak menjadi batasan untuk kamu lulusan Desain Komunikasi Visual. Profesi unik di atas bisa menjadi referensi kamu yang tertarik mencoba industri baru, GenK.

Polling

 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link