GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

draw my life

Apakah kamu pernah menonton video Draw My Life? Jenis konten video ini memang sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan. Kira-kira kenapa video ini sangat populer di YouTube yah? Yuk kita simak alasannya!

Beberapa tahun belakangan, platform YouTube diramaikan dengan konten video mirip seperti orang mendongeng, tapi diikuti dengan ilustrasi gambar sebagai visualisasi adegan. Video ini dikenal dengan istilah Draw My Life, GenK.

Saking populernya, YouTuber Indonesia pun banyak yang mengunggah video sejenis, GenK. Tapi tahukah kamu apa itu Draw My Life?

Apa Itu Draw My Life?

Draw My Life adalah jenis video internet, di mana penulis menceritakan sejarah hidup mereka lewat voice over yang selanjutnya diselaraskan dengan ilustrasi gambar manual maupun digital. Kemudian keduanya digabungkan dan jadilah konten video Draw My Life yang sering kamu temukan di YouTube. 

Sebenarnya pola kerja video yang satu ini mirip dengan storyboard, karena setiap gambar yang dibuat berfungsi untuk memvisualisasikan adegan. 

Appeal atau tampilan gambar ilustrasi yang digunakan pada konten video ini pun tidak terlalu rumit, namun biasanya memiliki cerita yang serius dan mendalam, termasuk kisah yang selama ini disembunyikan. Makanya banyak orang yang ingin meluapkan keresahan dengan cara membuat Draw My Life.

Tips: Untuk lebih mempelajari lebih mendalam soal appeal gambar, kamu dapat membaca informasi selengkapnya di jenis dan prinsip animasi yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya. 

Digital Storytelling lewat Draw My Life

Sesuai dengan namanya, digital storytelling adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah cerita melalui digital, bisa lewat komputer seperti video, film, atau animasi. Di dalamnya terdapat unsur gambar bergerak, narasi, teks, musik, dan unsur video lainnya. 

digital storytelling

Ilustrasi mendengar cerita lewat platform digital (sumber: xiaomitoday.com)

Ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bakal kamu dapatkan dari digital storytelling, seperti:

  1. Tampilan yang menarik memudahkan kamu untuk memahami isi informasi yang disampaikan.
  2. Cocok untuk orang yang punya tipe belajar visual.
  3. Meningkatkan kreativitas dalam penggunaan software dan hardware komputer saat proses mengedit.
  4. Menarik perhatian massa sehingga mampu meningkatkan jumlah pengunjung atau penonton.

Balik lagi soal soal Draw My Life, jenis konten video tersebut merupakan salah satu contoh digital storytelling yang sukses, GenK. Kesuksesan konten video ini juga tak lepas dari beberapa faktor penting, seperti siapa yang bercerita, apa kisah hidupnya, dan bagaimana bentuk visualnya. 

Baca Juga :   Pilihan Alternatif Buat Kamu yang Bosan dengan Pengharum Ruangan Aerosol

Kenapa Video Draw My Life Sangat Populer?

Kemunculan sebuah tren pasti ada alasannya. Sama halnya dengan konten video Draw My Life yang sangat populer di kalangan warganet terutama di platform YouTube. Berikut adalah beberapa alasannya, GenK:

1. Media untuk Bercerita

Tidak semua orang memiliki kemampuan bercerita lewat teks, ada yang malah lebih leluasa bercerita lewat gambar loh. Draw My Life menawarkan solusi efektif yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk bercerita. 

Tapi kalau gak bisa gambar gimana? 

Jangan khawatir, kamu dapat menyewa jasa ilustrator untuk merealisasikan ceritamu ke dalam gambar.

2. Visual Storytelling yang Menarik

draw my life

Contoh gambar di video Draw My Life (sumber: outspokenpost.com)

Manusia memiliki beberapa jenis gaya belajar, yaitu visual, auditori, kinestetik, dan lain-lain. Setiap gaya menggunakan media yang berbeda-beda, GenK. Buat kamu yang cenderung menyukai gaya visual dan kinestetik, jenis video Draw My Life merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mengetahui sejarah kehidupan seseorang tanpa perlu membaca. 

Sebuah storytelling yang dikemas ke dengan visual kece pastinya sangat menarik untuk ditonton. Pantas saja jenis video yang satu ini kerap menghiasi daftar video di kolom ‘Trending’ YouTube sejak beberapa tahun belakangan.

3. Berbagi Pengalaman Hidup

draw my life

Kisah hidup yang terungkap (sumber: biobiochile.cl)

Meski appeal atau tampilan gambar yang digunakan pada video ini terkesan simpel dan tidak mendetail, tetapi seringkali cerita yang diangkat sangatlah serius. Misalnya pengalaman hidup yang tidak pernah diungkapkan, kisah kelam di masa muda, atau jatuh-bangun kehidupan saat merintis karir. 

Baca Juga :   6 Tanda Pasangan Posesif yang Wajib Kamu Waspadai

4. Mengenal Seseorang lebih Dalam

Dari kisah hidup yang disampaikan lewat Draw My Life, kamu jadi bisa lebih mengenal orang tersebut lebih dalam. Karena kisah hidup yang selama ini tidak pernah ditunjukkan di depan kamera sekarang diungkap lewat konten video tersebut. Seseorang yang memiliki empati tinggi seakan-akan ikut terbawa suasana dan ikutan baper, GenK. Apakah kamu salah satunya?

5. Kepoin Kehidupan Orang Lain

draw my life

Ilustrasi selalu ingin tahu (sumber: freepik.com)

Saat ini kita hidup beriringan dengan perkembangan internet. Segala informasi dapat kamu temukan dengan mudah, termasuk informasi seputar kehidupan orang lain. Kalau sudah begini, adanya privasi pun mulai dipertanyakan.

Sering kepo soal kehidupan orang, lama kelamaan bisa berubah menjadi sifat diri, GenK. Makanya ada banyak orang yang menonton video Draw My Life karena sekadar ingin tahu kehidupan orang di masa lalu. 

Apa saja masalah yang dipendam selama ini?

Adakah rahasia yang terkuak di dalam video?


Selalu ada tren baru di internet yang muncul setiap harinya. Mungkin setelah ini akan muncul bentuk digital storytelling lainnya seperti Draw My Life. Nah, sebelum kamu ketinggalan trennya, ayo bikin sekarang, GenK!

Polling

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

Leave a Reply

Your email address will not be published.