fbpx

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
facebook marketing

Siapa yang tidak kenal Facebook? Media sosial dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia ini merupakan platform yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membangun brand-mu, GenK. Yuk simak 5 tips Facebook marketing ala GenKreativv berikut! 

Upaya membangun brand di media sosial merupakan salah satu tren digital marketing yang sedang menjadi primadona beberapa tahun belakangan. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menggait pasar dengan menggunakan berbagai platform media sosial, salah satunya Facebook. 

Sebagai platform media sosial nomor satu, tak pelak membuat Facebook mendapat perhatian yang istimewa dong dalam upaya perusahaan untuk dapat terhubung dengan para konsumen dan penggunanya. 

Nah, setelah sebelumnya kami telah membahas mengenai tips cara menggunakan Instagram supaya kontenmu lebih menarik, kali ini kami akan berikan kamu tips kreatif Facebook marketing untuk membangun brand-mu di media sosial, GenK. Selamat membaca! 

1. Tuliskan Seluruh Ceritamu dalam Sebuah Facebook post

Tips Facebook marketing pertama untuk membangun brand kamu adalah dengan membagikan cerita yang dapat menarik perhatian orang. Cerita yang dimaksud bisa berupa kisah tentang salah satu bagian dari brand seperti produk, atau tentang prestasi seorang karyawan. 

Tuliskan ceritamu secara lengkap dalam bentuk satu post utuh meskipun hasilnya akan jadi cukup panjang. Berdasarkan hasil studi National Public Radio (NPR) dari 30.000 link post Facebook mereka, ditemukan kalau post pendek (di bawah 120 karakter) memiliki angka klik yang lebih tinggi, dibanding post yang lebih panjang (di atas 280 karakter). 

Eits, tapi jangan salah, post yang lebih panjang ternyata punya angka “Other Clicks” yang lebih tinggi, seperti klik untuk “See More”, yang memang muncul pada post Facebook yang panjang. Artinya, para pembaca sudah mendapatkan semua yang mereka ingin ketahui dari post tanpa perlu mengeklik link

Bila kamu penasaran, Facebook page The Humans of New York bisa dijadikan referensi nih. Mayoritas post di halaman Facebook mereka cukup panjang dan mengharuskan orang mengeklik “See More” untuk membaca cerita lengkapnya. 

Membaca post yang panjang mungkin terdengar seperti bukan pilihan bagi beberapa orang, tapi buktinya, The Humans of New York menerima tingkat engagement yang cukup tinggi loh dari para pengguna Facebook. 

facebook marketing 1

Facebook Humans of New York (sumber: Facebook Humans of New York)

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Jika kamu ingin para fans Facebook-mu membaca cerita tentang kisah di balik brand-mu, menulis post panjang bisa jadi pilihan. Opsi ini paling tepat dipilih jika kamu ingin benar-benar menyampaikan sebuah cerita kepada audiensmu, dibanding hanya mengarahkan mereka menuju ke situs tertentu. 

2. Buatlah Foto Album Facebook

facebook marketing 2

Contoh album foto Facebook (sumber: buffer.com)

A photo tells a thousand words; many photos tell many thousand words. 

Gimana GenK, setuju gak? 

Cara kreatif selanjutnya untuk Facebook marketing adalah dengan membagikan cerita seputar brand kamu lewat album foto Facebook. Seperti kata kutipan di atas, sebuah foto bisa menyampaikan seribu cerita. 

Cocok banget kalau kamu punya acara dengan banyak momen menarik yang bisa kamu bagikan lewat foto. Misalnya saat kegiatan outing bersama seluruh kru atau behind the scene proses shooting sebuah produk. 

Kabar baiknya, Facebook akan membagikan seluruh album ke News Feed setiap kali ada foto baru yang ditambahkan. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau para fans Facebook-mu akan ketinggalan update cerita saat kamu menambahkan foto baru. 

Dengan membagikan cerita melalui sebuah album foto di Facebook, orang-orang akan merasa kenal dan tahu lebih dalam mengenai seluk beluk brand kamu. Jangan lupa untuk turut menyertakan caption di setiap foto, supaya para pembaca tahu cerita di balik tiap momennya. 

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Setiap kamu akan mengadakan sebuah event, ajaklah para kolega dan para hadirin untuk mengambil sebanyak mungkin foto sesuka mereka. Lalu mintalah untuk mengirimkan hasilnya kepadamu. Foto-foto tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah album Facebook dengan memilih 10, 20, atau 30 foto terbaik. 

Baca Juga   7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

3. Gunakan Sebuah Video Panjang 

Terkadang, membagikan banyak foto di Facebook belum cukup untuk menyampaikan cerita yang sudah kamu siapkan. Untuk itu, jika kamu memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, cobalah alternatif lain dengan menggunakan media video. 

Dengan durasi video Facebook yang cukup lama hingga mencapai 120 menit, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyampaikan cerita yang lebih panjang. Dibanding dengan memakai video pendek Instagram yang batas maksimalnya hanya 60 detik. 

Bagusnya lagi, Facebook telah mengubah algoritma News Feed yang akan memprioritaskan video panjang dengan potensi engagement yang tinggi dengan para penggunanya. Jadi tuangkanlah semua idemu dan jadikan ide tersebut dalam bentuk video, lalu bagikanlah ke Facebook. 

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Kumpulkan video testimoni dari para fans berat brand kamu atau pesan dari kolega kerja, lalu satukan menjadi sebuah video montase yang bisa dibagikan di Facebook. 

4. Facebook Live

Kunci utama dalam ber-storytelling di media sosial adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Berikan kesan terbaik kepada para audiensmu dengan cara melakukan siaran langsung di Facebook atau live. Trik Facebook ini merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkat engagement rate

Cara Facebook marketing dengan siaran langsung bisa membantumu terhubung langsung dengan para fans, karena Facebook akan menempatkan video saat live di posisi teratas News Feed dibanding saat siaran langsung tersebut telah berakhir. 

Video siaran langsung dari Chewbacca Mom merupakan video live Facebook dengan jumlah penonton terbanyak dalam sejarah, dengan rekor mencapai 175 juta view loh. Meskipun video tersebut bukanlah sebuah konten merek tertentu, kamu bisa belajar beberapa hal nih

Konten video Chewbacca Mom tersebut memiliki struktur three-act yang disusun rapi dengan urutan sebagai berikut: 

  • SetupPengenalan video saat ia menceritakan perjalanannya ke Kohl’s
  • Konfrontasi – Dibangun saat proses unboxing topeng 
  • Resolusi – Bagian klimaks ketika ia tertawa terbahak-bahak

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Melakukan siaran langsung di Facebook bisa cukup sulit jika kamu melakukannya tanpa persiapan. Cobalah membuat jalan cerita berdasarkan susunan three-act seperti di atas untuk video live. Kamu bisa membuat siaran langsung untuk berbagi tips, video behind the scene, atau sesi Q&A.   

Baca Juga   Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

5. Urutkan Facebook Ads 

Strategi kreatif Facebook marketing yang terakhir untuk membangun brand kamu adalah dengan mengurutkan Facebook ads. Pengurutan Facebook ads merupakan cara yang bisa kamu coba untuk terhubung dengan calon pengguna melalui pengalaman yang dihadirkan dari iklan digitalmu. 

Tujuannya adalah membangun pengalaman pengguna secara bertahap dimulai dari pengenalan merekmu, atau brand awareness. Pada tahapan ini, fokus utama yang kamu sampaikan melalui Facebook ads adalah tentang siapa kamu dan apa yang brand-mu lakukan. 

Disusul dengan artikel terkait informasi produk yang dibuat oleh brand kamu, serta mengapa orang harus menggunakan produk tersebut untuk membantunya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

Lalu pada akhirnya, ads-mu akan berisi tentang call-to-action untuk menggunakan produk maupun layanan, menjadi bagian dari komunitas,  atau sekadar berlangganan email subscription untuk newsletter.

Trik Facebook ini sudah diuji coba oleh Refinery29, sebuah website style, kecantikan, dan fashion, yang bekerja sama dengan Adaptly dan Facebook. Refinery29 mencoba trik ini dengan membuat tiga iklan berbeda yang telah dirancang berdasarkan susunan seperti penjelasan di atas. 

facebook marketing 3

Contoh Facebook ads (sumber: buffer.com)

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Kamu bisa menggunakan urutan iklan Facebook sesuai dengan tiga tahapan tadi, yaitu dengan tahap pengenalan brand, pemberian informasi produk, dan diakhiri oleh call-to-action post pada Facebook ad terakhir.  Berikanlah rentang waktu tayang empat hari untuk setiap iklan.


Dengan memanfaatkan Facebook secara optimal menggunakan beberapa tips di atas, kamu bisa memaksimalkan potensi media sosial sebagai bagian dari digital marketing-mu, GenK. 

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link