Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis

Dibaca Normal: 3 menit aja

Siap atau tidak, quarter life crisis (QLC) bisa datang menghampirimu kapan pun. Tanpa mengenal jenis kelamin dan latar belakang, kamu yang sekarang berada di rentang usia 20-an punya resiko yang sama untuk mengalaminya. Jangan khawatir, tetap tenang dan baca artikel ini sampai habis, karena kami punya jurus jitu yang kamu lakukan untuk mengatasi quarter life crisis

1. Kenali Diri Sendiri

Fase quarter life crisis 1

Sumber: pexels.com

Jurus jitu yang pertama ini pastinya sudah cukup sering kamu dengar; kenali diri sendiri. Yap, ibarat kata pepatah dari filsuf Cina, Lao Tzu, “Knowing others is intelligence; knowing yourself is wisdom. Mastering others is strength, mastering yourself is true power”. Dengan mengenali dirimu sendiri, kamu terbantu dalam mengarungi berbagai tantangan yang ada di dalam hidup. Seperti sebuah kompas, ilmu ini akan bermanfaat untuk mempermudah kamu dalam menentukan jalan serta membuat keputusan. 

Pengetahuan yang cukup akan siapa dirimu dapat menjadi solusi dalam menghadapi keraguan dan kebingungan di saat kamu melalui fase quarter life crisis. Buatlah highlight akan personal values dari kelebihan dan hal-hal yang paling menonjol dan nilai yang kamu pegang di dalam hidup. Contoh personal values adalah kreativitas, kejujuran, tanggung jawab, ketekunan, pantang menyerah, dan persistensi. Pilihlah tiga personal values yang paling penting bagimu. Meskipun terdengar sulit, cara ini bisa menjadi membantumu untuk lebih fokus dalam berbagai hal. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Quarter Life Crisis dan Balada Kegalauan Anak Milenial

2. Adopsi Sikap Baru 

Fase quarter life crisis 2

Sumber: pexels.com

Ini dia salah satu jurus jitu yang relatif cukup mudah untuk kamu coba dalam melewati fase quarter life crisis. Waktunya untuk mencoba mengadopsi sikap baru. Waduh, apa tuh maksudnya? Sikap yang kamu tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari tak lebih dari sekadar sebuah pilihan. Caramu bersikap terhadap sebuah kejadian atau hal tertentu merupakan sesuatu yang bisa dikendalikan. 

Menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab bukan hanya tentang menunjukkan sikap yang baik, tapi bagaimana kamu mampu mengendalikan dampak yang dihasilkan dari suatu kejadian terhadap diri sendiri. Misalnya saat hujan turun di tengah perjalananmu ke kantor. Kamu punya pilihan untuk bersikap seperti biasa, mungkin marah dan menyalahkan orang lain, atau berusaha untuk tenang dan mencoba mencari solusinya. 

Baca Juga
5 Dilema Quarter Life Crisis yang Kerap Menghantui Milenial

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

GenK LIFE

Tips Ngobrol Asik Agar Menghasilkan Ide Kreatif

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link