GenK LIFE

Fenomena Ghosting, Aksi Tak Bertanggung Jawab Pemberi Harapan Palsu

ghosting

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata “ghosting” meski ini termasuk istilah baru di kalangan milenial. Apa itu fenomena ghosting? Ghosting adalah sebuah istilah yang menggambarkan tindakan memutuskan komunikasi dengan seseorang tanpa memberi peringatan atau penjelasan tentang alasan melakukannya.

Bahkan, saat orang yang menerima perlakuan ghosting berinisiatif untuk menghubungi terlebih dahulu untuk berkomunikasi, mereka nggak akan direspons sama sekali. Inilah mengapa istilahnya disebut dengan ghosting, karena menggambarkan tindakan “menghilang” seakan menguap lenyap begitu saja layaknya hantu.

Istilah ghosting lebih banyak digunakan dalam hubungan romantis, tapi bisa juga kamu pakai untuk menggambarkan suatu kejadian di mana kamu tiba-tiba kehilangan kontak begitu saja, termasuk dengan teman atau keluarga.

Sejarah Ghosting

sejarah ghosting

Sumber: pexels.com

Istilah ghosting jadi semakin sering digunakan sekitar tujuh tahun lalu dalam kencan online. Kemudian, ghosting resmi masuk ke dalam kamus Merriam-Webster pada tahun 2017. Nah, menariknya, istilah ini sebenarnya sudah digunakan jauh sejak tahun 1990-an. Nggak sedikit pelajar dan para penulis pop culture menggunakan istilah tersebut untuk menjelaskan ghostwriting dalam musik hip-hop.

Bagaimana Istilah Ghosting Menjadi Populer

Bagaimana Istilah Ghosting Menjadi Populer

Sumber: pexels.com

Lantas, mengapa istilah fenomena ghosting baru populer dalam satu dekade alias sepuluh tahun terakhir? Alasan utamanya adalah mengacu pada aktivitas kencan online di mana banyak orang melakukan ghosting saat berkencan, dan mereka memang bisa dengan mudah melakukannya. Seiring ghosting makin sering dilakukan, dan semakin banyak orang memahami artinya bahkan pernah mengalaminya, baik dia melakukan ghosting atau menjadi pihak ghosted, istilah ini makin sering digunakan.

Baca Juga :   Don't Give Up! Simak Cara Mengatasi Perasaan Insecure Ini
About author

Related posts
GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!

GenK LIFE

Generasi Millennial Ga Bisa Nabung? Ini Cara Ngatur Duit Ala Millennial!

GenK LIFE

Ide Hampers Lebaran Unik untuk Jalin Silaturahmi dengan yang Tersayang