4 Tips Jadi Fotogenik untuk Tampil Menawan di depan Kamera

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
fotogenik

Ada yang bilang kalau tampil menawan di setiap jepretan kamera itu bawaan dari lahir. Cuma segelintir orang saja yang memang punya bakat untuk tampil tampan dan cantik setiap kali difoto. Kata siapa? Siapa pun bisa belajar menjadi fotogenik jika tahu cara yang tepat. 

“Kamu kok bagus mulu sih setiap di foto?”

“Aku kayaknya emang gak punya muka fotogenik deh”, kurang lebih demikian celotehan para kaum milenial setiap kali selesai mengambil foto. Hayo, siapa yang pernah mendengar atau mungkin berkata seperti itu?

Tampil menarik di depan kamera dengan mimik wajah yang terlihat menawan dan pose yang terkesan alami memang akan tampak bagus di foto. Ini dia salah satu kemampuan yang banyak diidam-idamkan oleh para pecinta foto. 

Fotogenik adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kualitas seseorang yang mampu tampil dengan memukau dan menghasilkan potret nan menarik. Istilah ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. 

Kegiatan memotret yang sekarang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah menggunakan kamera HP, menjadikan kata fotogenik juga ikut menjamur. Kapan saja dan di mana saja, kamu dapat langsung mengabadikan momen dalam waktu singkat berbekal ponsel kesayangan. 

Nah, untuk mengabadikan momen yang sempurna, tampilan objek foto juga harus paripurna, GenK. Foto paripurna bisa jadi urusan mudah, kalau kamu tahu tips rahasia untuk jadi fotogenik berikut ini.  

1. Jangan Berdiri Terlalu Dekat dengan Kamera

fotogenik 1

Pilihlah posisi di tengah saat akan wefie (sumber: twitter.com/theellenshow)

Waktunya berfoto wefie dengan para sahabat. Semua orang berkumpul di depan kamera dengan satu orang juru foto yang bertugas mengambil gambar. Saat layar digeser ke galeri, tampak dirimu yang terlihat tidak proporsional dengan kepala yang terlihat besar membahana di depan. 

Ugh! Rasanya ingin mengulangi sesi foto tapi gerombolan yang berkumpul untuk wefie sudah terlanjur bubar. Makanya, lain kali kamu wajib mengikuti aturan utama dalam mengambil foto grup agar bisa tampil fotogenik, GenK. 

Hindarilah posisi yang terlalu dekat, terlalu jauh, atau terlalu pinggir dari kamera. Semakin dekat tubuhmu ke lensa kamera, maka kamu juga akan mendapatkan ilusi tubuh dan wajah yang tampak lebih besar di foto. 

Sebaliknya jika terlalu jauh, ukuran tubuhmu akan kelihatan kecil dan mengurangi kesempatanmu tampil paripurna. Sementara kalau berada terlalu di pinggir frame, ada kemungkinan kamu dapat di-crop dari foto, atau kamera hanya mampu mengambil setengah badanmu saja. 

Pilihlah posisi di tengah jika berikutnya kamu punya sesi potret bersama, baik itu wefie maupun foto biasa. Posisi ini merupakan tempat yang paling pas dan strategis saat berfoto dengan orang banyak. Kamu juga dapat terlihat lebih proporsional ketika berada di tengah, GenK.

Baca Juga   5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

2. Chin’s Up, Smile’s On!

fotogenik 2

Jadi fotogenik secara instan dengan tersenyum (sumber: pexels.com)

Jika kamu gemar berswafoto dan sudah membaca artikel kami tentang tips cara selfie sebelumnya, ada satu aturan yang banyak dijadikan pedoman para selebriti dan influencer untuk tampil photogenic di depan kamera setiap saat. Ada yang ingat? Yap, chin’s up smile’s on

Angkat dagu dan berikan senyuman terbaikmu, ini dia tips utama yang dapat dengan mudah membuatmu tampil menawan di foto. Mengangkat dagu akan membuatmu tampak lebih kuat dan dominan, serta membantu menyembunyikan double chins loh. Asyik! 

Kalau dagu sudah diangkat, selanjutnya jangan lupa untuk tersenyum, GenK. Tidak hanya bisa jadi ibadah, tersenyum juga bisa bikin kamu langsung tampil menawan di setiap foto. Senyum dari orang yang fotogenik bukan sekadar senyum biasa. 

Tampilkan kesan pribadi dengan yang positif dengan merekahkan senyum tulus terbaikmu. Meskipun demikian, setiap orang tentu punya gaya dan cara tersenyum yang berbeda satu sama lain, tapi ada standar umum yang biasa dipakai untuk menentukan senyum fotogenik yang memesona. 

Triknya adalah membiarkan dirimu benar-benar tersenyum seperti biasa, layaknya saat kamu sedang melihat sesuatu yang menyenangkan di depan mata. 

3. Ketahui Angle Terbaikmu

fotogenik 3

Cobalah berbagai angle foto untuk tampil fotogenik (sumber: pexels.com)

Coba kamu perhatikan foto-foto para selebriti Hollywood seperti Kim Kardashian, Ariana Grande, Taylor Swift, hingga Jennifer Lopez, kamu akan akan menemukan satu hal yang sama dari para entertainer tersebut, GenK. Apa tuh? Ada yang tahu gak

Posisi mereka saat dipotret. Para selebriti ini punya angle yang mirip antara satu dan lainnya, yaitu dengan kepala yang sedikit berpaling ke arah kanan dan menunjukan sisi kiri wajah. Ini dia sudut sempurna yang kerap dipilih banyak orang ketika hendak mengambil foto. 

Tampil fotogenik di depan kamera bukan tentang bagaimana rupa fisik seseorang, tapi bagaimana sikap, pose, dan ekspresi yang mampu ditunjukan di depan kamera. Jangan sampai salah kaprah yah, GenK. 

Hal yang paling penting untuk dimiliki seseorang yang ingin tampil photogenic adalah mengetahui sudut saat difoto. Angle terbaik setiap orang bisa berbeda di depan kamera. Ada yang terlihat memesona dari samping, ada juga yang tampil memukau kalau difoto agak ke atas. 

Kunci supaya kamu dapat menemukan angle terbaikmu saat foto adalah dengan bereksperimen mencoba berbagai posisi yang sekiranya mampu membuatmu terlihat paling sempurna. 

Baca Juga   5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

4. Cobalah untuk Duduk atau Menggenggam Sesuatu 

fotogenik 4

Pose duduk bisa jadi pilihan yang tepat saat berfoto (sumber: pexels.com)

Foto berdiri bisa cukup merepotkan bagi sebagian orang. Saat sang fotografer memberikan aba-aba sebelum mulai menjepret, kamu bingung mau berpose seperti apa, tangan juga harus gimana, apakah harus di taruh di belakang, samping, atau depan. 

Alhasil, kamu jadi terlihat kaku dan awkward di foto, meskipun sudah mencoba berbagai macam cara untuk tampil fotogenik. Tapi apa daya, foto saat berdiri memang butuh usaha ekstra untuk mengatur bagian tubuh di sana-sini. 

Solusinya? Kalau memang memungkinkan untuk dilakukan, cobalah untuk duduk atau memegang sesuatu saat akan difoto. Foto duduk akan membuatmu merasa lebih nyaman dan tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara memposisikan tangan atau kaki. 

Jika memang berdiri adalah satu-satunya pilihan yang bisa diambil saat ingin mengambil foto, kamu bisa tampil photogenic saat sedang menggenggam sesuatu. Baik itu berupa tas, buku, atau gelas minuman favoritmu. 


Tampil menawan di depan kamera setiap saat, siapa takut? Dengan tips di atas, siapa saja bisa terlihat kece ketika beraksi di depan kamera. Kalau sudah fotogenik, enaknya diuji dengan tips cara selfie paripurna di artikel kami sebelumnya, GenK. 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

GenK LIFE

5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

GenK LIFE

4 Tips Public Speaking Efektif yang Patut Kamu Coba

GenK LIFE

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

GenK LIFE

5 Cara Cepat Menghafal yang Paling Efektif, Kamu Wajib Baca

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

            Artikel Selanjutnya