4 Tips Jadi Fotogenik untuk Tampil Menawan di depan Kamera

Dibaca Normal: 4 menit aja
fotogenik

Ada yang bilang kalau tampil menawan di setiap jepretan kamera itu bawaan dari lahir. Cuma segelintir orang saja yang memang punya bakat untuk tampil tampan dan cantik setiap kali difoto. Kata siapa? Siapa pun bisa belajar menjadi fotogenik jika tahu cara yang tepat. 

“Kamu kok bagus mulu sih setiap di foto?”

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

“Aku kayaknya emang gak punya muka fotogenik deh”, kurang lebih demikian celotehan para kaum milenial setiap kali selesai mengambil foto. Hayo, siapa yang pernah mendengar atau mungkin berkata seperti itu?

Tampil menarik di depan kamera dengan mimik wajah yang terlihat menawan dan pose yang terkesan alami memang akan tampak bagus di foto. Ini dia salah satu kemampuan yang banyak diidam-idamkan oleh para pecinta foto. 

Fotogenik adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kualitas seseorang yang mampu tampil dengan memukau dan menghasilkan potret nan menarik. Istilah ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. 

Kegiatan memotret yang sekarang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah menggunakan kamera HP, menjadikan kata fotogenik juga ikut menjamur. Kapan saja dan di mana saja, kamu dapat langsung mengabadikan momen dalam waktu singkat berbekal ponsel kesayangan. 

Nah, untuk mengabadikan momen yang sempurna, tampilan objek foto juga harus paripurna, GenK. Foto paripurna bisa jadi urusan mudah, kalau kamu tahu tips rahasia untuk jadi fotogenik berikut ini.  

1. Jangan Berdiri Terlalu Dekat dengan Kamera

fotogenik 1

Pilihlah posisi di tengah saat akan wefie (sumber: twitter.com/theellenshow)

Waktunya berfoto wefie dengan para sahabat. Semua orang berkumpul di depan kamera dengan satu orang juru foto yang bertugas mengambil gambar. Saat layar digeser ke galeri, tampak dirimu yang terlihat tidak proporsional dengan kepala yang terlihat besar membahana di depan. 

Ugh! Rasanya ingin mengulangi sesi foto tapi gerombolan yang berkumpul untuk wefie sudah terlanjur bubar. Makanya, lain kali kamu wajib mengikuti aturan utama dalam mengambil foto grup agar bisa tampil fotogenik, GenK. 

Hindarilah posisi yang terlalu dekat, terlalu jauh, atau terlalu pinggir dari kamera. Semakin dekat tubuhmu ke lensa kamera, maka kamu juga akan mendapatkan ilusi tubuh dan wajah yang tampak lebih besar di foto. 

Sebaliknya jika terlalu jauh, ukuran tubuhmu akan kelihatan kecil dan mengurangi kesempatanmu tampil paripurna. Sementara kalau berada terlalu di pinggir frame, ada kemungkinan kamu dapat di-crop dari foto, atau kamera hanya mampu mengambil setengah badanmu saja. 

Pilihlah posisi di tengah jika berikutnya kamu punya sesi potret bersama, baik itu wefie maupun foto biasa. Posisi ini merupakan tempat yang paling pas dan strategis saat berfoto dengan orang banyak. Kamu juga dapat terlihat lebih proporsional ketika berada di tengah, GenK.

Baca Juga
Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

2. Chin’s Up, Smile’s On!

fotogenik 2

Jadi fotogenik secara instan dengan tersenyum (sumber: pexels.com)

Jika kamu gemar berswafoto dan sudah membaca artikel kami tentang tips cara selfie sebelumnya, ada satu aturan yang banyak dijadikan pedoman para selebriti dan influencer untuk tampil photogenic di depan kamera setiap saat. Ada yang ingat? Yap, chin’s up smile’s on

Angkat dagu dan berikan senyuman terbaikmu, ini dia tips utama yang dapat dengan mudah membuatmu tampil menawan di foto. Mengangkat dagu akan membuatmu tampak lebih kuat dan dominan, serta membantu menyembunyikan double chins loh. Asyik! 

Kalau dagu sudah diangkat, selanjutnya jangan lupa untuk tersenyum, GenK. Tidak hanya bisa jadi ibadah, tersenyum juga bisa bikin kamu langsung tampil menawan di setiap foto. Senyum dari orang yang fotogenik bukan sekadar senyum biasa. 

Tampilkan kesan pribadi dengan yang positif dengan merekahkan senyum tulus terbaikmu. Meskipun demikian, setiap orang tentu punya gaya dan cara tersenyum yang berbeda satu sama lain, tapi ada standar umum yang biasa dipakai untuk menentukan senyum fotogenik yang memesona. 

Triknya adalah membiarkan dirimu benar-benar tersenyum seperti biasa, layaknya saat kamu sedang melihat sesuatu yang menyenangkan di depan mata. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Tips Ngobrol Asik Agar Menghasilkan Ide Kreatif

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

GenK LIFE

Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

GenK LIFE

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link