fbpx

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
hard skill industri kreatif

Bekerja di industri kreatif memang menjadi suatu hal yang unik dan menantang. Kamu dituntut untuk selalu berkembang dan berproses dengan ide-ide baru. Bukan cuma soal ide, kamu juga wajib memiliki hard skill yang tepat agar ide-ide tersebut dapat tereksekusi dengan baik. 

Ide tanpa aksi adalah sia-sia, tapi aksi tanpa ide juga tidak berarti apa-apa. Lingkungan yang serba cepat di industri kreatif mewajibkan kamu untuk punya keduanya, ide yang cemerlang, serta cara eksekusi yang gemilang. Tanpa salah satunya, usaha kamu hanya akan menjadi percuma, GenK. 

Berbicara soal ide berarti berbicara soal kemampuan diri sendiri. Kreativitas yang berasal dari pikiran setiap orang tentunya akan berbeda-beda. Tetapi, kreativitas bisa dilatih dengan menggunakan soft skill yang tepat loh. Makanya coba cek artikel kami sebelumnya mengenai soft skill supaya kamu semakin terampil

Selain soft skill, kamu juga harus memiliki yang namanya hard skill. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam berbagai kegiatan pekerjaan kamu di dunia industri kreatif. Kali ini kami sudah merangkum 3 contoh hard skill serbaguna untuk berbagai bidang pekerjaan di industri kreatif. Silakan disimak! 

1. People Management

hard skill 1

Ilustrasi people management (sumber: pminsight.co.uk)

Hard skill pertama yang penting untuk dikuasai, khususnya pada posisi manajerial adalah people management. Yap, sesuai namanya, kemampuan ini berfokus pada manajemen sumber daya manusia, atau para pekerja dalam suatu organisasi. 

Sekilas, hard skill yang satu ini mungkin terdengar mirip dengan human resource. Walaupun keduanya mempunyai banyak persamaan, kemampuan people management secara khusus menyasar pada cakupan yang lebih praktis dibanding human resource.

People management berfokus pada kemampuan interaksi antara setiap orang yang erat kaitannya dengan aspek hierarki pada suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan proses pencapaian target organisasi berjalan lancar dan terlaksana dengan baik. 

Komponen penting dari hard skill ini adalah

  • Komunikasi 

Kemampuan komunikasi yang baik selalu menjadi pilar utama yang dapat membantumu dalam berbagai bidang pekerjaan. Skill komunikasi yang efektif akan membantumu membangun hubungan baik dengan setiap orang dalam organisasi, GenK.  

  • Training

Transfer of learning, atau transfer ilmu adalah komponen penting lain yang mesti dikuasai sebagai bagian dari people management. Saat ada karyawan atau kolega yang baru bergabung, kamu dapat memberikan training untuk mempercepat proses adaptasi pekerjaan mereka. 

  • Pendelegasian 

Dalam dunia kerja, teamwork merupakan hal krusial yang harus selalu dimiliki oleh setiap orang. Skill teamwork yang baik salah satunya ditandai dengan kemampuan pendelegasian tanggung jawab pada orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca Juga   7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpikir Kritis

2. Video Production

hard skill 3

Ilustrasi video production (sumber: shunarthawaii.com)

Sebagai makhluk visual yang selalu tertarik dengan berbagai hal yang memukau mata, kita seringkali terbuai saat melihat konten-konten dengan grafis ciamik. Baik itu berupa gambar atau pun video. Karena itulah, hard skill video production merupakan aset yang  sangat berguna di industri kreatif. 

Setiap menitnya, ratusan ribu hingga jutaan orang di seluruh dunia sedang menyaksikan tayangan video yang ada di internet. Baik melalui platform populer seperti YouTube, atau video yang tayang di media sosial. Menonton video sudah jadi kebiasaan banyak orang. 

Konten video merupakan salah satu jenis karya yang paling banyak diminati dan laku keras di pasaran. Apalagi di dunia industri kreatif, GenK. Berangkat dari hal inilah, kemampuan produksi video menjadi salah satu dari 10 hard skill yang paling banyak dicari di tahun 2019 versi LinkedIn

Video production merupakan kemampuan kompleks yang meliputi banyak skill lainnya, GenK. Beberapa di antaranya seperti videografi, video editing, manajemen,  dan pastinya didukung dengan kreativitas tanpa batas dong. Semua skills tersebut digabung menjadi satu menjadi kemampuan video production. 

Eits, tapi nih, GenK, membuat konten video yang menarik dan relevan dengan kualitas tinggi bukanlah hal yang mudah loh. Pasalnya, proses produksi sebuah konten video membutuhkan persiapan yang matang dan waktu yang tidak sebentar pastinya. 

Baca Juga   3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

3. Social Media Marketing

hard skill 3

Ilustrasi social media marketing (sumber: marketinglyfe.com)

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Presensi seseorang di media sosial bukan lagi menjadi sekadar upaya bersosialisasi, tapi juga sudah menjadi bagian penting dalam urusan pekerjaan. 

Dengan banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia, kesempatan baru pun tentu ikut muncul sebagai upaya pemanfaatan tren ini. Nah, kemampuan yang dipakai dalam upaya memanfaatkan media sosial tersebut untuk kebutuhan industri adalah social media marketing

Hard skill yang mulai santer terdengar sejak beberapa tahun belakangan ini merupakan kemampuan teratas dalam daftar pencarian banyak perusahaan. Kemampuan untuk memanfaatkan kekuatan media sosial sudah tentu akan membawa segudang hal positif bagi suatu organisasi. 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menyampaikan suatu kampanye atau menawarkan produk/tertentu kepada para calon penggunamu dari berbagai pelosok dunia cukup melalui layar komputer. 

Supaya upaya pemasaran yang kamu lakukan di media sosial bisa sukses dan semakin terdepan, kamu bisa mengintip beberapa tips Facebook marketing yang pernah kami berikan di artikel sebelumnya. Dijamin, presensi media sosial kamu akan jadi semakin oke


Menguasai kemampuan soft skill dan hard skill dengan seimbang merupakan kunci penting dari setiap pekerjaan. Beberapa contoh hard skill di atas bisa kamu pelajari jika kelak kamu tertarik bergabung di dunia industri kreatif.

Polling 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

GenK LIFE

Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link