GenK LIFE

Memperingati Hari Tari Internasional, Intip 6 Tarian Unik di Dunia

Entah itu alunan nada jantung sang belahan jiwa yang berdetak lembut ketika mereka tengah terlelap, gemerisik dedaunan yang mewarnai akhir musim, desauan sang bayu yang membelai permukaan jendela yang berpadu dengan rintik hujan menciptakan nada sendu di penghujung tahun, gemericik aliran sungai yang membentur bebatuan, irama bisa kita temukan di mana pun. Dan di mana ada irama, di situ pasti ada tarian. Terkadang, sembari menikmati irama yang mengalun merdu, tanpa sadar kita juga ikut bergoyang. Hayo, ngaku, deh! Tarian, memiliki banyak arti. Mencerminkan kebahagiaan, tanda syukur atas panen yang melimpah, perayaan hingga bentuk kegembiraan atas pencapaian sesuatu dalam kehidupan, ada tari untuk setiap hal dalam hidup umat manusia. Nah, memperingati Hari Tari Internasional yang jatuh pada tanggal 29 April, berikut ini kami sajikan tarian-tarian unik dari seluruh dunia:

  1. Step Dance, Irlandia

Rumit, tapi indah, itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan tarian tradisional dari Irlandia. Irish step dance merupakan tarian unik sekaligus menakjubkan. Mengkombinasikan gerakan kaki super cepat di bawah kontrol tubuh bagian atas yang super kaku, step dance dari the land of the clover leaf ini adalah perkawinan antara tari balet dan tap. Pola ritme yang menawan dipadukan dengan gerak artistik, membuatnya terlihat sangat memuaskan dan bikin tubuh ingin ikut menari.

  1. Waltz, Jerman

Dari tarian yang penuh hentakan, kita beralih ke salah satu tarian paling romantis hingga detik ini. Yups, Waltz dari Jerman, yang sering kita lihat penampakannya di banyak film percintaan ini didapuk sebagai salah satu tarian Ballroom paling populer. Tarian indah ini memperlihatkan a rise and fall patter, di mana para penarinya mengayunkan bahu dengan lembut sejajar dengan lantai. dibandngkan dengan jenis Ballroom dance lain, Waltz merupakan tarian yang gampang banget dipelajari, lho, guys. Tertarik?

  1. Capoeira, Brazil

Tarian unik di dunia selanjutnya yang nggak kalah bikin kamu ingin mengikuti irama adalah Capoeira dari Brazil yang penuh ritme akrobatik. Capoeira ini memang aslinya merupakan kombinasi antara seni bela diri, akrobat dan musik tradisional Afrika. Kamu akan menyaksikan tendangan cepat, gerakan reflek yang penuh kekuatan dan putaran serta teknik akrobatik lainnya yang diiringi dengan vokal pria, drum tradisional Afrika dan perkusi Reco-Reco. Semua perpaduan itu bikin mood ikutan positif.

  1. Chholiya Dance, Uttarakhand

Selanjutnya ada tarian dari daerah perbukitan Uttarakhand yang menunjukkan keberanian para pejuang mereka. Biasanya Chholiya dilakukan pada acara pernikahan Kumaoni dengan tujuan untuk menjauhkan roh-roh jahat yang biasa mengikuti gelaran momen kebahagiaan. Irama tarian Chholiya berasal dari instrumen kuningan tradisional, seperti bagpipe, Dhol, Damaun dan seruling sembilan lubang. Musiknya yang penuh semangat dan ceria dirancang untuk memacu keberanian prajurit untuk mengusir bala.

  1. Raqs Sharqi, Mesir

Lanjut ke Mesir untuk menyaksikan tarian Raqs Sharqi alias tari perut. Perlu kamu ketahui, jauh sebelum era modern, di mana Egyptian Belly Dance ini dipandang sebagai tarian pelacur, Raqs Sharqi sebenarnya adalah tarian yang dihormati dan dikagumi. Tarian ini ditampilkan di istana raja-raja Mesir dengan pakaian tertutup dan dilarang memperlihatkan kulit mereka. Menampilkan gerakan perut yang sensual, namun rumit, Raqs Sharqi yang diiringi alunan musik perkusi ini juga cukup menggoda untuk diikuti, lho.

  1. Kecak, Indonesia

Indonesia juga punya tarian unik yang nggak kalah menarik, lho. Kecak. Tarian meditasi yang berakar dari Tari Sanghyang ini dilakukan sebagai bagian dari ritual pengusiran setan. Namun Tari Kecak yang ada saat ini bentuknya lebih ke penggambaran kisah Ramayana dengan diperankan oleh para penari yang mengenakan kostum berwarna-warni. Iramanya berasal dari hymne dengan nada menenangkan. Cocok banget untuk bermeditasi.

Baca Juga :   Infografis Fakta Virus Corona

Itulah dia 6 tarian unik di dunia yang dijamin bakal bikin kamu ikut menari di hari tari internasional ini. Mana yang paling kamu suka, nih, guys?

About author

Related posts
GenK LIFE

Beberapa Hal Yang Tidak Perlu Dipusingkan Agar Hidup Lebih Menyenangkan

GenK LIFE

Para Workaholic Wajib Baca! Ini 5 Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras

GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!