fbpx

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
keluar dari hidup membosankan

Bekerja dari pagi sampai malam. Diulang setiap hari. Kamu pasti suka merasa siklus hidupmu monoton kan? Tak ada salahnya mengambil rehat sejenak dari padatnya kesibukan. Usir jauh-jauh hidup membosankan yang mengikatmu, GenK.

Bekerja keras untuk mencari nafkah memang tak mudah, tapi harus dilakukan. Entah itu kamu bekerja di perusahaan atau membuat usaha sendiri, sudah sewajarnya kamu memaksimalkan daya gunamu untuk menghidupi hidupmu dan orang-orang yang kamu sayangi.

Jika mulai merasa tertekan, kamu harus mencari tahu sebenarnya rasa ketidaknyamanan akan pekerjaanmu saat ini munculnya dari mana. Ada banyak hal yang dapat menjadi alasan. Belum tentu karena kamu tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Salah satunya adalah rasa jenuh yang melanda karena siklus hidup membosankan.

hidup membosankan 1

Ilustrasi stres dengan pekerjaan (sumber: pexels.com)

Kamu pernah dengar istilah gila kerja?

Bekerja tanpa henti, antara terlalu cinta dengan pekerjaan atau tuntutan hidup yang memaksamu melakukan itu. Tapi apakah kamu tahu, gila kerja bukanlah perilaku yang sehat. Kamu akan mudah lelah dan rentan terkena penyakit. Ingat, GenK, tubuhmu juga membutuhkan jeda untuk istirahat barang sejenak loh.

Selain berpengaruh pada kesehatan, gila kerja juga menciptakan hidup membosankan yang super menjengkelkan. Ada sebuah siklus rutinitas yang monoton, tapi kamu sudah terikat di dalamnya.

Berteriaklah sekencang-kencangnya kalau bisa, itu pun kalau kamu mau.

Rasa jenuh bisa datang kapan saja, namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara kamu untuk memperbaiki kondisi jenuh itu sendiri. Ingin tetap tenggelam di dalam perasaan itu atau ingin merubahnya dan mencari jalan keluar untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Baca Juga   3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

Berdiam Diri di Rumah

Bekerja setiap hari pasti melelahkan bukan?

Akan tetapi kalau sudah passion masalah apapun bakal kamu terjang.

Lalu, kalau rasa jenuh datang tiba-tiba bagaimana dong?

Mengambil jeda mungkin bisa menjadi jawabannya.  

hidup membosankan 2

Ilustrasi menonton televisi di rumah (sumber: canva.com)

Misal kamu mengambil cuti 1 hari di hari Senin. Mungkin kamu akan merasa janggal, karena biasanya di hari senin kamu akan super duper sibuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Tapi di hari Senin yang ini, kamu malah tidur-tiduran di kasur. Seakan-akan tubuhmu sudah menempel dengan kasur ya, GenK. Duh nyaman banget!

Coba deh kamu ambil cuti di hari itu. Berdiam dirilah di rumah sambil melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan yang membuatmu senang. Bermain ponsel, makan, tidur, nonton serial atau film. Apapun itu. Yang terpenting bisa membuatmu senang. Bukan cuma tubuhmu yang butuh istirahat, tapi otakmu juga loh. Jangan biarkan hidup membosankan menjeratmu.

Bersantailah sejenak, karena hidup itu cuma sekali, GenK.  

Menonton Konser Musik Kesayanganmu

Menonton konser adalah salah satu kegiatan yang wajib banget kamu coba untuk keluar dari hidup membosankan. Di sana kamu bisa menikmati musik dengan orang-orang yang juga punya satu kegemaran akan suatu genre lagu atau band yang sama denganmu. Kamu bisa berbagi cerita dengan orang baru dari berbagai daerah, karena di sana semua membaur menjadi satu tanpa terkecuali.

hidup membosankan 3

Ilustrasi menonton konser (sumber: pexels.com)

Coba cari konser musik di dalam waktu dekat ini. Pesan satu tiket atau kalau perlu ajak teman-temanmu yang lain. Jangan pikirkan soal pekerjaan dulu. Yang penting pergi sejauh mungkin untuk lepas dari jeratan pekerjaan yang selalu bikin kamu pusing.

Siapkan pakaian terbaikmu. Berbekal kaos, celana denim, sepatu sneakers, dan waist bag sudah cukup kok. Karena yang terpenting saat menonton konser adalah kenyamanan, GenK.

Lupakan semua beban di benakmu. Bernyanyi dan bersoraklah sambil mengikuti irama musik yang bergema. Kamu adalah kamu. Tidak ada yang bisa menghalangimu untuk bahagia. Selama kebahagiaanmu bisa dicapai dengan hal-hal yang positif ya, GenK. Keep going!  

Baca Juga   Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Pergi Menjelajah ke Tempat Baru

Travelling itu bukan cuma soal destinasi wisatanya, tetapi soal bagaimana perjalanan menjelajah sebuah tempat memberikan pelajaran baru yang berharga terhadap kehidupanmu.

Setiap tempat pasti punya cerita. Apalagi kalau tempat tersebut masih jarang terekspose media. Di sana, kamu akan mendapat pengalaman berharga soal berkehidupan sosial dan juga budayanya. Ditambah dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Dijamin bikin rileks.

hidup membosankan 4

Ilustrasi pergi berlibur (sumber: pexels.com)

Pergi berlibur nggak mesti lama-lama kok. Kamu bisa mengambil cuti beberapa hari untuk short trip sederhana namun seru, mungkin 1-3 hari. Yang penting sesuai budget dan lokasinya sesuai dengan yang kamu mau.

Cukup bawa ransel dengan beberapa potong baju di dalamnya. Oh iya, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah di sana ya. Lumayan buat kenang-kenangan dan nostalgia nantinya. Disposable camera, kamera polaroid, ataupun kamera mirrorless juga oke kok.

Nikmati hari-harimu di sana. Mengingat pekerjaan di kala liburan itu hukumnya haram.

Ikuti kemana kakimu melangkah dan temukan hal-hal baru yang menakjubkan di luar sana.

Selamat berlibur, GenK!  

Merubah Susunan Rutinitas Harian

hidup membosankan 5

Ilustrasi membuat tulisan daftar rutinitas (sumber: pexels.com)

Cara keluar dari hidup membosankan yang satu ini sangat mudah kok. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, maksud dari merubah susunan rutinitas harian itu seperti apa.

Kami beri contoh, misalnya setiap bangun tidur sebelum berangkat kerja, setelah sarapan kamu mematikan lampu kamar, lalu memakai kaos kaki. Bagaimana kalau sekarang urutannya kita ubah?

Mulai hari ini cobalah untuk memakai kaos kaki terlebih dahulu, barulah mematikan lampu kamar. Begitu pula kegiatan-kegiatan sederhana lainnya. Coba urutannya kamu acak untuk mengusir kejenuhan.

Supaya lebih mudah, siapkan kertas dan pena. Tulis daftar kegiatan yang kamu lakukan dari bangun sampai tidur lagi. Lalu keesokan harinya, coba ubah urutan tersebut supaya hidupmu lebih berwarna, GenK. Yuk cobain!  

Baca Juga   Merekam Kisah Manusia lewat Fotografi Human Interest

Pergi ke Festival Kuliner

Makan.. makan.. dan makan..

Rasanya ingin mencoba semua makanan yang ada di setiap booth makanan. Aroma dan tampilannya yang menggiurkan dijamin bikin kamu ngiler. Menghabiskan waktu seharian di festival kuliner memang nggak ada ruginya. Menghilangkan stres sambil memanjakan mata dan perut bisa menjadi pilihan yang tepat.

hidup membosankan 6

Ilustrasi pergi ke festival kuliner (sumber: thebangoraye.com)

Ada makanan tradisional, modern, ataupun cepat saji. Nah, buat kamu yang doyan tantangan, cobain deh makanan super pedas. Biasanya di festival makanan suka mengadakan lomba makan pedas dengan durasi tertentu. Lumayan kan kalau dapat hadiah, yang penting jangan berlebihan, GenK.

Oh iya, kebanyakan makanan dan minuman di festival kuliner dijual dengan harga yang terjangkau loh. Jadi kamu nggak perlu pusing. Akhir bulan pun tetap tancap gas. Makanya kamu bakal ketagihan untuk beli lagi dan lagi.

Cuti sehari untuk mengembalikan mood bukan masalah kok. Setiap orang pasti punya titik jenuh di dalam hidupnya. Tinggal bagaimana cara mereka untuk melewatinya, GenK.


Kalau seandainya cara-cara di atas masih kurang untuk menyembuhkan kejenuhanmu, kamu bisa menggunakan cara lain kok. Apa pun cara yang kamu pilih, pastikan itu adalah cara yang positif dan bisa membuatmu bahagia. Berpikirlah dua kali sebelum memilih untuk benar-benar menyerah. Siapa tahu rasa tidak nyaman itu hanya muncul dari kejenuhan di hidup membosankan yang sedang kamu jalani saat ini, GenK.

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link