GenK LIFE

Sayangi Bumi dengan 6 Langkah Hidup Ramah Lingkungan Berikut

Gaya hidup ramah lingkungan bukan lagi hal yang baru di zaman modern ini. Dengan semakin memprihatinkannya kondisi bumi tersayang kita ini, waktunya untuk terjun langsung berpartisipasi dengan cara kamu masing-masing. Nah, belakangan ini gaya hidup ramah lingkungan sedang menjadi tren di kalangan masyarakat luas, khususnya para milenial nih. Untuk yang baru ingin memulai, berikut ini cara hidup ramah lingkungan yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Yuk disimak! 

1. Bawa Tumbler dan Tas Belanja Sendiri 

 

Hidup ramah lingkungan 1

Sumber: gaya.tempo.co

Tips klasik untuk belajar cara hidup ramah lingkungan yang pasti sudah sering kamu dengar di mana-mana nih. Daripada membuang uang setiap kali menghilangkan dahaga, mending kamu bawa tumbler sendiri. Selain lebih hemat, kamu juga bisa tampil lebih kece dengan botol minuman milikmu. Apalagi buat para coffee lovers, kamu bisa memilih botol minuman dengan bukaan atas yang besar untuk menyimpan kopi favoritmu. 

Untuk acara shopping, jangan lupa untuk senantiasa membawa sendiri tas belanja kamu dari rumah. Bisa berupa tas berbahan kanvas yang lagi hits, atau tas khusus yang tersedia di berbagai supermarket. Pastikan tas belanja terbuat dari bahan yang kuat untuk barang belanjaan yang berat dan berukuran besar, biar gak jebol pas ditenteng. 

Baca Juga :   Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

 

2. Pilih, Pilah, dan Pisahkan Sampah

 

Hidup ramah lingkungan 2

Sumber: wikipedia.org

Daur ulang terdengar sulit buatmu? Eits, jangan khawatir, kamu bisa mulai dari metode 3P, yaitu pilih, pilah, dan pisahkan sampah. Sebelum kamu membuang sampah, pastikan kamu sudah memilih jenis barang yang benar-benar sudah tidak layak pakai. Lalu pilah tempat pembuangan yang tepat dengan jenis sampah, sesimpel bahan organik seperti sisa makanan, dan non-organik seperti kertas, dan plastik. Baru pada tahap terakhir kamu bisa memisahkan jenis sampah yang berbeda agar mudah didaur ulang di TPS nanti. 

 

3. Hemat Energi 

 

Hidup ramah lingkungan 3

Sumber: nuenergy.org

Berapa lama sih waktu yang kamu habiskan untuk mandi? 5 menit? 10 menit? 30 menit? Gaya hidup ramah lingkungan yang paling penting untuk diperhatikan adalah pada penggunaan energi. Pastikan kamu menggunakan air dengan optimal. Matikan keran saat lagi gosok gigi dan gak perlu membuang air untuk hal yang tidak perlu. 

Tak cuma air, hemat energi juga mesti diterapkan ke berbagai hal, termasuk listrik nih. Pastikan kalau kamu sudah mematikan peralatan listrik seperti lampu, AC, TV, dan komputer sebelum keluar rumah. Tagihan listrik gak membengkak, kamu pun bisa lebih hemat karena tagihan bulanan juga ikut berkurang. 

Baca Juga :   Yakin Kenal Sama SpongeBob? Coba Kuis Ini Dulu!
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

GenK LIFE

5 Cara Agar Kamu Bisa Keluar dari Hidup Membosankan