HIIT Cardio, Olahraga yang Dapat Dilakukan di Waktu Singkat

Dibaca Normal: 3 menit aja

Dalam menjaga kesehatan dan tubuh agar tetap selalu fit, kita juga harus melakukan olahraga selain menjaga pola makan dan gaya hidup. Namun, terkadang kesibukan dan keterbatasan waktulah yang membuat kita jadi kesulitan untuk melakukan olahraga.

Slider
Slider
Slider

Awalnya, hal itu bisa menjadi salah satu kekhawatiran kita. Tapi ternyata ada juga loh olahraga sehat yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, namun juga efektif menjaga tubuh. Nama dari olahraga ini adalah HIIT Kardio.  Olahraga ini bahkan dipercaya juga dapat membantu menurunkan berat badan, loh!

Banyak di antara kita pasti masih belum mengetahui dengan jelas apa itu HIIT Cardio. Maka, agar tidak keliru, kamu bisa simak penjelasan tentang olahraga kardio  di bawah ini.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa itu olahraga HIIT?

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu mengenai jenis olahraga ini. High Intensity Interval Training atau yang biasa disebut sebagai HITT Cardio adalah sebuah olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau sekitar 20-30 menit. Walau demikian, olaharaga ini sama bermanfaatnya dengan saat lita melakukan dua kali olahraga yang berintensitas sedang.

Ilustrasi melakukan workout. (Sumber: pexels)

Olahraga HIIT yang bisa kita lakukan  ini juga sangat beragam, seperti bersepeda, lari sprint, zumba pilates dan lainnya. Olahraga ini memang memiliki intensitas yang tinggi dengan memanfaatkan waktu yang singkat namun memiliki latihan yang berat.

Metodenya juga menggunakan gabungan antara intensitas tinggi dengan intensitas rendah. Pada akhirnya, dengan intensitas tersebut membuat detak jantung kita jadi meningkat.Tapi perlu diingat jika intensitasnya sendiri harus step by step, dari yang sedang lalu berubah ke intensitas tertentu yang diinginkan.

Baca Juga
6 Jenis Olahraga di Rumah Supaya Tubuh Tetap Bugar

Yang dilakukan saat HIIT Kardio

Salah satu intensitas atau contoh HIIT adalah dengan melakukan pemanasan jogging ringan selama 5-10 menit, dilanjutkan dengan lari sprint sekitar 15-20 detik. Setelahnya, kita bisa berjalan selama 60-90 detik sebagai masa pemulihan. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa mengulangnya sebanyak 5 sampai 10 kali dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas.

Ilustrasi workout. (Sumber: pexels)

Cara lainnya adalah dengan mengombinasikan beberapa macam gerakan olahraga seperti plank, squat, lari, hingga bersepeda dalam satu waktu latihan. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam olahraga ini adalah intensitas selama latihan.

Dengan melakukan olahraga ini, dipercaya menjadi salah satu metode membakar lemak yang paling efektif. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah. Pasalnya seluruh latihan HIIT ini lebih banyak membakar karbohidrat dan lemak selama olahraga dan juga saat iatirahat.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Bikin Hari Istimewanya Lebih Spesial dengan Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

6 Cara Keluar dari Toxic Relationship Meski Kamu Masih Mencintainya

GenK LIFE

5 Tips Menghindari Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan

GenK LIFE

5 Fotografer Wanita Indonesia yang Sudah Go Internasional

GenK LIFE

Ini Cara Membuat Bonsai untuk Pemula, Hasilnya Cantik Banget!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link