GenK LIFE

Kangen Hiking? Ini Cara Aman Kembali Mendaki di Tengah Pandemi

hiking

Pada keadaan normal, mendaki adalah kegiatan yang lumrah untuk dilakukan. Kamu mungkin juga rutin melakukannya dengan teman-teman terdekat. Sayangnya sejak pandemi covid-19 menyerang sejak beberapa bulan terakhir, aktivitas pendakian pun dihentikan. Pengelola wisata ikut menutup akses pendakian agar tidak terjadi penularan virus yang kian masif. Namun kini pemerintah sudah memberi sinyal untuk akan segera membuka tempat-tempat wisata termasuk pendakian. Kamu akan bisa kembali menikmati aktivitas naik gunung meskipun di tengah pandemi. Jika kamu sangat ingin hiking di tengah pandemi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman seperti berikut ini.

1. Siapkan Peralatan Protokol Kesehatan

gunakan masker dan hand sanitizer

sumber: undark.org

Hal pertama yang perlu kamu siapkan tidak lain adalah peralatan yang mendukung protokol kesehatan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan peralatan yang harus kamu penuhi ketika beraktivitas di luar ruangan. Kamu perlu menyiapkan masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan alat-alat kebersihan lain untuk melindungi diri dari virus. Apalagi kamu tidak akan tahu dimana dan dari siapa bisa tertular virus.

2. Tetap Utamakan Latihan Fisik Sebelum Mendaki

latihan fisik sebelum hiking

sumber: runnersworld.com

Pendakian bukan kegiatan instan yang bisa dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun. Kamu perlu memiliki persiapan fisik yang baik sebelum mendaki. Jauh-jauh hari sebelum pendakian, kamu harus mulai melatih fisik dengan berlari dan aktivitas lainnya. Apalagi selama beberapa bulan terakhir ada masa di rumah saja sehingga gerak tubuh sudah tidak leluasa seperti dulu lagi. Ditambah lagi ketika mendaki nanti kamu perlu menggunakan alat-alat protokol kesehatan seperti masker, face shield, dan sarung tangan. Hal baru ini perlu penyesuaian agar tidak kesulitan saat hari pendakian tiba.

Baca Juga :   Beragam Poster Tentang COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI

3. Minta Pemandu

siapkan pemandu saat hiking

sumber: hikers.shop

Berangkat berkelompok adalah yang lebih disarankan saat mendaki gunung. Pastikan kamu berangkat dengan kelompok di mana ada satu atau beberapa orang yang berpengalaman tentang pendakian. Tidak hanya itu, dalam kelompokmu juga harus ada orang yang mengerti medan jalan pendakian. Kalau dalam kelompokmu tidak ada yang memenuhi kriteria, kamu bisa menggunakan jasa pemandu agar lebih aman. Pemandu akan lebih sigap dan pastinya akan mengingatkanmu untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama pandemi.

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!