fbpx

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
hobi menulis

Kamu suka menulis, tapi gak tahu harus kerja jadi apa. Nah, tidak perlu bingung lagi, GenK, karena kami punya rekomendasi 7 jenis profesi buat kamu yang punya hobi menulis. Ayo simak di artikel berikut!

Mengetik tulisan seharian penuh tak menjadi masalah bagimu. Namanya juga passion, apa pun tantangannya tidak akan bikin kamu mundur dong. Dari sini kamu jadi berpikir untuk pindah haluan dan merintis karir sebagai seorang penulis. Tapi di sisi lain, kamu pun kebingungan karena masih minim informasi soal dunia pekerjaan yang satu ini.

“Bagaimana cara menjadi penulis?”

“Apa saja jenis profesi yang membutuhkan skill menulis?”

Ini menjadi pertanyaan yang lumrah, karena pekerjaan menulis masih identik seputar penulis novel dan penulis buku. Padahal ada banyak jenis pekerjaan selain itu itu loh

Karena sebelumnya kamu sudah membahas tentang jenis pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar, sekarang saatnya kami membagikan tentang 7 jenis profesi buat kamu yang hobi menulis. Cekidot!

1. Novelis

Ketika orang awam memikirkan karier sebagai penulis, pasti jenis profesi inilah yang paling sering terlintas di benak mereka. Kalau hobimu membuat cerita fiksi dan punya segudang ide yang imajinatif, gak ada salahnya untuk cobain profesi yang satu ini, GenK.

cara menjadi penulis 1

Contoh novel (sumber: pexels.com)

Namun untuk menjadi seorang novelis gak cukup kalau punya ide bagus saja. Kamu juga perlu kreatif untuk mengembangkan garis besar alur cerita dari awal sampai akhir.

Apalagi sekarang ada banyak jalan yang bisa kamu pilih untuk menjadi novelis. Berawal dari platform cerita online, tidak menutup kemungkinan ada penerbit yang melirik ceritamu, GenK. 

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana cara menjadi penulis novel, kamu bisa menerbitkan buku lewat self publishing yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Ini merupakan cara alternatif buat kamu yang ingin menerbitkan buku dengan proses yang cepat. Ditambah lagi, dengan cara ini kamu dapat memegang kendali secara penuh atas bukumu.

Baca Juga   4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

2. Book Editor

Sesuai namanya, seorang book editor bertugas menyarankan perubahan dan perbaikan pada naskah yang sebelumnya sudah dibuat oleh penulis selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya. 

cara menjadi penulis 2

Ilustrasi mengedit tulisan (sumber: pexels.com)

Book editor tidak hanya membaca dan mengedit naskah mentah loh. Diperlukan tanggung jawab ketika mengedit dan mengembangkan isi buku sebelum akhirnya siap untuk diterbitkan. 

Selain itu, tugasmu juga mencakup verifikasi fakta yang dikutip dalam tulisan dan bekerja sama dengan penulis untuk mengembangkan konten sebelum dipublikasikan.

Jika kamu suka membaca buku dan punya hobi menulis, pekerjaan sebagai editor bisa menjadi salah satu pilihan profesi untukmu, GenK. Karena pekerjaanmu akan berkutat dengan tulisan dan tulisan lagi ketika memilah-milah dan mengedit naskah.

3. Jurnalis

Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang bekerja dengan melakukan kegiatan jurnalistik yang kemudian tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa seperti koran, televisi, majalah, atau internet. 

Sebagai seorang jurnalis, kamu diharapkan untuk menulis laporan secara objektif dan sesuai kenyataan yang ada di lapangan untuk memberikan informasi faktual kepada masyarakat. 

cara menjadi penulis 3

Ilustrasi pekerjaan sebagai jurnalis (sumber: pexels.com)

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana caranya menjadi penulis seperti ini, kamu bisa memulai semuanya dari yang paling basic, GenK. Sebagian besar jurnalis mulai merintis karier sebagai wartawan umum yang lama-kelamaan mulai fokus ke bidang yang lebih spesifik, seperti wartawan olahraga, bisnis, sains, atau seni. 

Karena bahan berita bisa muncul kapan saja dan di mana saja, kamu perlu menyiapkan diri untuk jadwal kerja yang fleksibel dan super hectic. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi kalau profesi ini merupakan passion kamu, GenK. Di sini kamu bisa sekalian mengembangkan hobi menulis menjadi profesi yang menantang loh.

Baca Juga   5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

4. Web Content Writer

cara menjadi penulis 4

Ilustrasi menulis konten artikel (sumber: pexels.com)

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan penulis dengan kemampuan ahli dalam melakukan research dan menulis untuk konten digital seperti blog, artikel, atau landing pages

Pekerjaan ini mungkin akan mengharuskan kamu untuk melakukan riset secara online atau mewawancarai ahlinya secara langsung untuk dapat mengumpulkan informasi yang relevan.

Terus bagaimana cara menjadi penulis dengan posisi content writer?

Selain memiliki skill untuk menulis, kamu juga harus menguasai tentang teknik Search Engine Optimization (SEO) yang bakal banyak membantu kamu untuk terbiasa dengan HTML dan CSS. Karena nantinya kamu juga bertanggung jawab untuk melakukan engagement dengan audiens atau stakeholders

5. Social Media Specialist

cara menjadi penulis 5

Ilustrasi mengembangkan konten di media sosial (sumber: pexels.com)

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menyadari betapa pentingnya melakukan pendekatan kepada audiens melalui sosial media. Hal ini sekaligus membuka peluang kepadamu untuk mencari tahu bagaimana caranya menyampaikan pesan atau memperkenalkan brand kepada audiens melalui konten melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn.

Seorang social media specialist memiliki beberapa tanggung jawab pekerjaan yang harus mereka lakukan, seperti mengembangkan dan melakukan manajemen strategi media sosial, memastikan kesuksesan setiap campaign di media sosial, tetap up to date dengan perkembangan berita terkini dan teknologi, serta bekerja sama dengan copywriter dan desainer.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satunya, GenK?

Baca Juga   6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

6. Content Strategist

Cara menjadi penulis dengan posisi content strategist adalah kamu mesti memiliki keterampilan menulis dan komunikasi yang kuat dengan berbekal pemikiran yang analitis dan pengetahuan soal pemasaran. Tujuannya tentu untuk merencanakan, membuat, dan mengelola konten berbasis online.

jenis profesi 6

Ilustrasi menyusun strategi konten (sumber: pexels.com)

Seorang content strategist harus bisa mengembangkan strategi untuk mencapai goals dari bisnis tertentu. Selain itu, posisi ini membutuhkan kemampuan mencari dan menemukan kebutuhan pengguna. 

Untuk dapat menyusun strategi konten, kamu bisa menggunakan pengetahuan soal teknik SEO dan analisis pasar. Fungsinya untuk mengetahui jenis konten seperti apa yang laku di kalangan audiens tertentu. Bukan cuma itu, GenK, seorang content strategist juga harus tahu konten apa yang cocok untuk membangun brand image

7. Screenwriter

Profesi yang berikutnya adalah screenwriter atau yang kita sebut sebagai penulis skenario. Tak hanya bekerja di layar lebar, tetapi seorang penulis skenario juga bisa bekerja untuk acara televisi, GenK. Ini benar-benar fleksibel, tetapi semuanya tetap berkaitan dengan pengembangan naskah.

jenis profesi 7

Ilustrasi menulis naskah (sumber: pexels.com)

Penulis skenario bekerja dengan sutradara dan produser untuk menulis naskah film atau acara televisi. Beberapa orang mungkin memulai kariernya sebagai copywriter atau penulis untuk perusahaan produksi. 

Kamu perlu memahami struktur dasar skenario film secara keseluruhan, baik dari segi alur maupun pembagian karakter. Buatlah alur yang menarik supaya orang ketagihan untuk terus mengikuti kisah tokoh buatanmu. Tak jarang beberapa dialog film menjadi viral loh. Maka dari itu cobalah untuk membuat dialog yang unik dan bermakna.

Baca Juga   Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

Bagaimana Cara Menjadi Penulis?

Sekarang muncul pertanyaan di benakmu, “Bagaimana cara menjadi seorang penulis?” 

Kalau kamu tertarik, sebenarnya ada banyak pilihan cara. Jangan khawatir bila latar belakang pendidikanmu bukan berasal dari dunia tulis-menulis. Banyak penulis sukses tidak berasal dari latar belakang pendidikan yang mumpuni.

Meski demikian, banyak juga penulis yang menyempurnakan keterampilan menulis mereka melalui program sarjana atau dengan mendaftar program pelatihan untuk mendapatkan sertifikat khusus.

Setelah melihat bagaimana cara menjadi penulis dan jenis profesinya, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin memilih karier yang sesuai dengan passion dan bakat kamu. Punya hobi menulis? Gaskan, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link