Imposter Syndrome, Si Sukses yang Tak Pernah Merasa Puas

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID

Pernahkah kamu berada di satu titik pencapaian terbesar dalam hidupmu, lalu perasaan cemas dan ketakutan akan kesuksesan datang menghampiri? Sering merasa tak pantas dengan segala yang kamu raih? Bisa jadi kamu sedang mengalami yang namanya imposter syndrome, GenK. 

Imposter syndrome adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh dua orang psikolog bernama Suzanna Imes dan Pauline Rose Clance pada tahun 1978. Konsep ini dicetuskan pada zamannya untuk merujuk ke banyak wanita karir yang mengalami sebuah pengalaman yang sama.  Setelah itu, imposter syndrome terus berkembang ke berbagai kalangan dan latar belakang individu yang berbeda di seluruh dunia, GenK. Sindrom ini bisa jadi hambatan yang dapat memengaruhi karir dan bahkan kehidupan seseorang loh. Mau tahu kenapa? Yuk simak lebih lanjut tentang imposter syndrome di bawah ini! 👇

Apa Itu Imposter Syndrome

Imposter syndrome 1

Ilustrasi imposter syndrome (sumber: towardsdatascience.com)

Imposter syndrome adalah kondisi psikologis yang membuat seseorang merasa tidak puas dan tak pantas mendapatkan apa yang telah dicapainya. Individu dengan imposter syndrome memiliki anggapan bahwa dirinya adalah seorang penipu dan takut bahwa suatu hari nanti orang-orang akan mengetahui hal tersebut. 😱 Sindrom yang juga dikenal dengan istilah impostor syndrome, sindrom penyemu, dan fraud syndrome ini pada awalnya ditemukan pada wanita karir yang dianggap sukses pada era tahun 1970-an. Para wanita tersebut memunculkan fenomena dan pola pengalaman psikis yang serupa antara satu dan lainnya.  Perasaan cemas muncul tanpa disadari dan merasa tak pernah cukup dengan apa yang telah digapai. Setiap kesuksesan yang telah diraih, mulai dari materi, jabatan, dan prestasi lainnya merupakan suatu kesalahan yang tak patut diterimanya. Mereka beranggapan bahwa orang lain lebih layak mendapatkan apa yang  dicapainya. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

GenK LIFE

Tips Ngobrol Asik Agar Menghasilkan Ide Kreatif

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link