GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

The Adventurer (sumber: Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Media)

Bersama dengan diadakannya Indonesia Millennial Summit pada tanggal 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, IDN Media baru saja meluncurkan sebuah laporan yang disusun berdasarkan penelitian oleh IDN Research Institute. Berjudul “Indonesia Millennial Report 2020: Understanding Millennial’s Behaviours and Demystifying Their Stereotypes”. 

Indonesia sedang mengalami bonus demografis dan fenomena ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2045. William Utomo, Co-Founder dan COO IDN Media yang juga adalah salah satu dari penulis utama laporan tersebut, menyatakan, “Dengan memahami perilaku milenial dan mengoptimalkan minat serta bakat mereka, kita telah melakukan satu langkah substantif untuk membentuk mereka menjadi manusia-manusia Indonesia yang berkualitas di 2045.” 

Berdasarkan penelitian ini, IDN Research Institute memetakan ada 7 tipe milenial di Indonesia, yaitu The Adventurer, The Visionary, The Artist, The Leader, The Socializer, The Conservative, dan The Collaborator. Lebih dalam lagi, Indonesia Millennial Report 2020 juga mengungkap pandangan mereka terhadap agama, pendidikan, karir, konsumsi media, perilaku penggunaan internet, hiburan, pola belanja, dan pandangan politik. 

Secara singkat, berikut adalah karakteristik dari ke-7 tipe milenial yang dikemukakan oleh IDN Research Institute di Indonesia Millennial Report 2020: 

1. The Adventurer

Indonesia MIllennial Report 2020 1

The Adventurer (sumber: Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Media)

Menginspirasi, meyakinkan, penuh dinamika, serta mau menyuarakan pandangan politik dan agama mereka. Mengutarakan kebenaran yang pahit daripada kebohongan yang manis mereka anggap lebih baik. Untungnya, kesensitifan mereka terhadap orang lain dapat membantu mereka mengomunikasikan maksud yang sesungguhnya. Sebagai konsumen, mereka membeli produk yang memproyeksikan citra sosial. 

2. The Visionary 

Indonesia MIllennial Report 2020 2

The Visionary (sumber: Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Media)

Ingin bekerja sama dengan komunitas heterogen di sekitar mereka, mereka cenderung bersikap netral untuk menghindari perbincangan sensitif soal kepercayaan dan agama. The Visionaries adalah tipe milenial yang akan menyiapkan segala kemungkinan yang ada dengan merancang rencana B. Untuk pola konsumsinya, milenial tipe ini tak akan tergoda dengan merek—mereka lebih memprioritaskan fungsi.

Baca Juga :   8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

GenK LIFE

5 Cara Agar Kamu Bisa Keluar dari Hidup Membosankan