fbpx

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
pekerjaan industri kreatif

Bekerja di industri kreatif memang istimewa dan menarik, GenK. Kamu bisa menemukan beragam pekerjaan kekinian yang unik dan tentunya menantang.  Apa saja? Langsung disimak aja di bawah ini!

Berbagai pekerjaan baru terus bermunculan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan datangnya era teknologi di era Industri 4.0. Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang juga ikut berubah menyebabkan munculnya banyak profesi baru di banyak bidang industri dan bisnis. 

Profesi yang sepuluh tahun lalu belum ada atau mungkin tidak mendapatkan banyak perhatian, sekarang bermunculan dan banyak dicari oleh pasar, termasuk di industri kreatif. Berikut ini beberapa profesi kekinian yang bisa kamu coba, GenK. 

1. Content Writer

industri kreatif 1

Ilustrasi orang menulis (sumber: contentwriters.com)

“Kamu kerja di mana? Bagian apa?” “Oh, aku kerja di kreativv ID, jadi Content Writer”, “Waduh, ngapain tuh?”. Hayo, siapa yang familiar dengan percakapan tersebut? Nah, ini dia salah satu profesi kekinian yang paling sering kamu temukan di berbagai bidang, khususnya industri kreatif. 

Melihat tren konsumsi konten digital yang terus meningkat, profesi yang terkait dengan produksi konten juga turut menjamur di mana-mana, GenK. Baik itu konten video, gambar, musik, hingga tulisan. Untuk konten dalam bentuk tulisan, profesi content writer adalah yang paling sering dicari. 

Content writer atau terkadang juga disebut web content writer merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk produksi konten berupa tulisan untuk platform digital dari sebuah organisasi atau perusahaan. Eits, tulisan yang dibuat oleh para content writer bukan sekadar tulisan biasa loh

Setiap website memiliki target audiens yang spesifik dan pastinya membutuhkan konten yang spesifik pula. Untuk memastikan konten yang dibuat relevan dengan target audiens, para content writer wajib menguasai berbagai ilmu seperti SEO,  menulis, dan pastinya kreativitas tanpa batas. 

Baca Juga   Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

2. Brand Activation Specialist 

industri kreatif 2

Contoh brand campaign (sumber: econsultancy.com)

Profesi kekinian lainnya yang banyak dicari di industri kreatif adalah brand activation specialist. Persaingan bisnis yang semakin ketat di tengah tren startup yang terus bermunculan menghadirkan tantangan baru yang dihadapi oleh banyak perusahaan; menarik minat serta perhatian para pengguna dan calon konsumen.

Untuk menjawab tantangan tersebut, dibutuhkan strategi pemasaran serta kampanye promosi yang efektif agar presensi perusahaan tersebut bisa dikenal oleh publik secara luas, khususnya para calon konsumen potensial yang menjadi target audiens brand.

Fungsi inilah yang dilaksanakan oleh seorang brand activation specialist. Profesi ini bertanggung jawab dalam upaya pengembangan strategi pemasaran dan promosi perusahaan untuk dapat terhubung dan membangun brand awareness  di antara konsumen. 

Brand activation specialist seringkali bekerja sama dengan bagian business development untuk menyusun rancangan pemasaran yang tepat dan efisien supaya pesan yang ingin dibawa oleh sebuah brand bisa tersampaikan kepada khalayak ramai. 

3. Account Executive 

industri kreatif 3

Ilustrasi seorang account executive (sumber: attorneyatlawmagazine.com)

Next, profesi kekinian lain yang banyak dicari di industri kreatif adalah account executive. Pekerjaan ini melibatkan banyak kegiatan yang berhubungan dan bagian eksternal dari sebuah perusahaan, yaitu hubungan dengan klien. 

Account executive secara khusus bertanggung terhadap hubungan brand dan klien dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan antara kedua belah pihak. Tugas seorang account executive di antaranya adalah:

  • Menyusun rancangan eksekusi proyek 
  • Korespondensi brand dengan pihak luar
  • Membangun hubungan yang baik dengan klien 
  • Memastikan eksekusi proyek berjalan dengan lancar

Kemampuan komunikasi dan negosiasi yang mumpuni penting banget untuk dimiliki seorang account executive. Selain itu, pengetahuan akan metode promosi yang efektif serta strategi pemasaran yang optimal juga tidak kalah krusialnya untuk dikuasai para account executive

Baca Juga   Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

4. Growth Analyst  

Google Analytics (sumber: segment.com)

Dalam upaya mengukur keberhasilan sebuah brand untuk mencapai targetnya, ada banyak faktor yang mesti diperhitungkan agar memastikan akurasi pertumbuhan yang benar-benar valid. Fungsi inilah yang menjadi tanggung jawab dari seorang growth analyst.

Profesi ini bertugas untuk mengukur tingkat pencapaian target perusahaan dengan memakai berbagai tools khusus seperti Google Analytics dan tools analytics lainnya. Pengetahuan akan SEO yang mendalam hukumnya juga wajib nih buat seorang growth analyst.

Growth analyst merupakan profesi yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini loh. Bukan hanya di industri kreatif, bidang industri seperti teknologi, e-commerce, pendidikan, finansial, dan media juga memerlukan yang namanya seorang growth analyst. 

Profesi yang satu ini juga belum banyak digeluti oleh para pekerja. Jadi kesempatanmu untuk dapat bersinar dan menjadi bintang di bidang ini pastinya lebih tinggi, GenK, mantap kan! 


Itu dia tadi beberapa profesi kekinian yang ada di industri kreatif, GenK. Nah, supaya kamu semakin terampil melaksanakan berbagai aktivitas kreatifmu, coba simak beberapa soft skills strategis yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat yah!

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

GenK LIFE

Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link