10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

Dibaca Normal: 6 menit aja
intuisi

Pernahkah kamu mengalami perasaan yang seolah-olah menyuruhmu untuk melakukan sesuatu? Yang membuatmu berani mewujudkan ide kreatif di kepalamu sekalipun banyak yang meragukannya? Mungkin kamu mengenalnya dengan istilah kata hati. Tapi sebenarnya itu adalah kemampuan intuisi, GenK.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, seringkali kita dihadapkan dengan macam-macam kejadian dan peristiwa yang mungkin tidak pernah kita duga. Baik yang berasal dari lingkungan sekitar, hingga dari dalam diri sendiri

Kamu mungkin pernah berada pada suatu kondisi di mana kamu harus memutuskan suatu hal, lalu kamu tiba-tiba mengambil keputusan yang bahkan tidak kamu ketahui sama sekali.

Tiba-tiba saja muncul sesuatu di pikiranmu nih, kamu seakan tahu pilihan yang kamu tetapkan adalah yang paling benar. Itu dia yang namanya intuisi, GenK. Supaya kamu makin tahu, yuk kita simak selengkapnya.

Apa Itu Intuisi?

Intuisi adalah kemampuan yang membuatmu merasa tahu apa yang akan terjadi sekalipun belum pernah mengalaminya. Fenomena ini terkait dengan kapasitas seseorang dalam memahami lingkungan sekitar, dan mencari jawaban untuk pertanyaan yang tidak dapat dijelaskan secara rasional.

Kemampuan ini penting banget loh, GenK, khususnya buat kamu yang berkarya di ranah industri kreatif. Contohnya, kamu sedang menggarap ide film pendek. Orang-orang di sekelilingmu meragukan kualitas idemu itu. Namun, entah kenapa kamu merasa bahwa film ini akan berhasil.

Mungkin kamu telah melihat bahwa belum ada yang membuat film sepertimu. Atau kamu justru menemukan bahwa ide seperti yang kamu punyalah yang bisa menarik banyak penonton.

Ketika kamu memutuskan untuk tetap mewujudkannya, berarti kamu telah mempercayai intuisimu.

Gimana? Pernah ada di situasi seperti itu? Kalau iya, mungkin kamu termasuk orang intuitif. Tapi, biar lebih yakin, cek dulu yuk ciri-cirinya!

10 Tanda Kalau Kamu Orang Yang Intuitif

Orang-orang dengan kemampuan intuisi biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, jika dibanding dengan orang biasa, GenK. Supaya kamu tahu apakah kamu adalah salah satu orang tersebut, kamu bisa melihat beberapa ciri-ciri berikut, GenK.

1. Mendengarkan suara batin

intuisi 1

Ilustrasi kutipan (sumber: pinterest.com)

Ciri utama yang membedakan orang intuitf dengan orang biasa adalah mereka mendengarkan, serta mengikuti bimbingan suara batin dan intuisi mereka.

Setiap orang terhubung dengan intuisinya masing-masing, tapi beberapa orang tidak menganggapnya sebagai intuisi. Contohnya para pelaku bisnis, GenK.

Pasti familiar dong, setiap kali ditanya alasan mengapa memulai bisnisnya, para pebisnis seringkali mengatakan kalau mereka hanya mengikuti kata hati mereka. Awalnya coba-coba bermodal nekat, hasilnya pun menguntungkan dan membawa berkat.

Salah satu cara pengambilan keputusan yang terbaik adalah dengan bantuan intuisi, sebagai jembatan antara insting dan rasionalitas. Meskipun kerap kali dalam membuat keputusan, kita dihalangi dengan banyak tantangan, mendengarkan suara batin bisa memberi kita jawaban terbaik.

2. Meluangkan waktu untuk menyendiri

intuisi 2

Luangkan waktu untuk sendiri (sumber: pexels.com)

Buat kamu yang ingin terhubung dengan intuisimu, meluangkan waktu untuk menyendiri bisa jadi cara yang paling efektif, GenK. Selain dapat meningkatkan kemampuan creative thinking, menyendiri juga berguna untuk menyambungkan kita dengan kearifan dari dalam diri sendiri.

Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan dan menentukan berbagai pilihan dalam hidup. Ini juga yang menjadi alasan mengapa orang intuitif cenderung lebih introver.

Tapi kamu tidak perlu menjadi seorang introver untuk bisa menyendiri. Meluangkan waktu sendirian bisa membuat merupakan salah satu cara self-discovery untuk mengenali siapa diri kamu yang sebenarnya.

Baca Juga
Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

3. Menjadi kreatif

intuisi 3

Ilustrasi menjadi kreatif (sumber: pexels.com)

Kreativitas juga menjadi kunci penting untuk kamu asah dalam meningkatkan kemampuan intuisimu. Orang yang punya kreativitas tinggi biasanya akan sangat intuitif. Apalagi para pekerja di industri kreatif, yang memang selalu berkutat dengan ide-ide dan inovasi-inovasi baru.

Dengan berlatih meningkatkan kreativitas, kamu juga bisa sekaligus mengasah kemampuan intuisi loh. Sekali berlayar, dua pulau terlampaui deh. Ingat saja pesan Albert Einstein, bahwa kreativitas jauh lebih penting dibanding pengetahuan belaka.

4. Melatih pikiran untuk peka

intuisi

Menjadi lebih peka dengan meditasi (sumber: pexels.com)

Dalam menggunakan intuisi, pertimbangan antara banyak pilihan menjadi hal yang wajar ditemukan. Orang intuitif selalu melatih pikirannya untuk menjadi lebih peka dan terbuka dengan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di sekitarnya.

Berpikir sebelum bertindak, dengan menimbang-nimbang berbagai pilihan dan hasil yang akan didapatkan. Meditasi merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan untuk menjadi lebih paham dan peka dengan keadaan sekitar kita.

Baca Juga
Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

5. Mengamati segala hal

intuisi 5

Setiap hal akan menarik perhatian orang intuitif (sumber: pexels.com)

Apakah kamu selalu penasaran dan memperhatikan hal-hal yang ada di lingkungan sekitarmu? Saat berjalan kamu selalu bertanya mengapa sesuatu hal bisa terjadi, dan senang mengamati detail sebuah kejadian.

Mulai dari melihat bentuk dan ciri khusus pada sebuah objek, sampai interaksi yang terjadi antara orang. Otakmu tidak henti-hentinya berpikir untuk memproses informasi yang kamu perhatikan.

Itu dia karakter lain orang yang intuitif, GenK. Segala hal dapat menarik perhatianmu, dan bahkan peristiwa yang terjadi secara kebetulan sudah tidak lagi membingungkan untukmu.

6. Mendengarkan kata tubuh

intuisi 6

Haus adalah contoh sinyal dari tubuh (sumber: pexels.com)

Tubuh manusia mempunyai caranya sendiri untuk menyampaikan pesan pada kita. Ketika tubuhmu kekurangan air, kamu akan merasa haus. Saat tubuh membutuhkan nutrisi, kamu pasti akan merasa lapar.

Semuanya adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh supaya kamu bisa tetap melakukan aktivitas dengan lancar, GenK. Jika kamu merasakan sensasi seperti sakit di perut, itu adalah pertanda intuisi sedang memberitahu kamu sesuatu loh.

Baca Juga
Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

7. Memiliki empati

intuisi 7

Ilustrasi orang berempati (sumber: pexels.com)

Membaca pikiran seseorang mungkin terdengar seperti film sains fiksi, tapi kamu bisa loh melakukannya di dunia nyata, melalui yang namanya empati. Empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan yang dialami seseorang seperti kita mengalaminya sendiri.

Berbeda dengan simpati yang sekadar tahu saja, orang yang berempati mampu benar-benar mengetahui dan merasakan kondisi seseorang, bahkan hanya dengan melihatnya.

Untuk dapat melatih empati, kunci utamanya ada pada kemampuan untuk mendengar dengan baik. Cobalah mendengar untuk memahami, bukan untuk membalas. Dengan demikian kamu bisa lebih paham apa yang dirasakan oleh orang lain, GenK.

8. Memperhatikan mimpi

intuisi 8

Fokus pada mimpi yang kamu miliki (sumber: pexels.com)

Setiap orang pasti punya mimpi yang ingin dicapai. Namun terkadang, mimpi dapat terlihat seolah sulit digapai. Padahal dengan fokus pada mimpi yang kamu miliki, pikiranmu akan terhubung dengan alam bawah sadar yang dapat mendorong intuisimu keluar.

Mimpi yang kamu miliki akan membantumu untuk menemukan jalur, serta cara baru dalam menggapai tujuan yang telah kamu buat. Tetap fokus menemukan jalan baru untuk meraih mimpimu.

Baca Juga
5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

9. Mengerti dan belajar dari kesalahan

intuisi 9

Orang intuitif tidak mudah merah (sumber: pexels.com)

Orang yang memiliki intuisi pada umumnya tidak mudah menyerah, dan memiliki kemauan yang keras untuk selalu bangkit. Setiap jatuh, selalu bangun. Kesalahan yang diperbuat dijadikan sebagai sumber pembelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik.

Dengarkan kata hati dan intuisimu akan hal yang benar. Cobalah dengan mengurangi aktivitas berlebih di sosial media dan fokus untuk mengembangkan diri sendiri.

10. Melepaskan emosi negatif

intuisi 10

Stres adalah dampak dari emosi negatif (sumber: pexels.com)

Emosi-emosi negatif yang muncul dapat mengganggu intuisi untuk dapat bekerja loh. Seperti saat kamu marah atau merasa depresi, pikiranmu akan terbebani sehingga kemampuanmu untuk berpikir akan menjadi tidak stabil.

Individu yang intuitif mampu mengendalikan perasaannya dan memfilter mana yang baik dan buruk. Emosi negatif dapat menimbulkan stres jika terus dibiarkan loh. Kamu bisa mengatasinya dengan belajar cara mengubah stres negatif menjadi stres positif atau eustres.

Cobalah untuk menerima sesuatu yang terjadi dengan lapang dada, dan perlahan kamu pasti bisa menghempaskan emosi negatifmu jauh-jauh, GenK.


Menggunakan intuisi dalam keseharianmu memang akan sangat berguna, GenK, apalagi jika bidang pekerjaanmu menuntut banyak kreativitas. Ini akan membantumu untuk percaya pada ide yang muncul di kepalamu. Stay creative and productive, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

GenK LIFE

Yuk Intip Tips dan Cara Mendapat Uang dari Podcast!

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link