GenK LIFE

6 Tips Mengatur Ritme Sirkadian (Jam Biologis Tubuh) Agar Tetap Bugar dan Produktif

jam_biologis_tubuh-01-01

Dalam kurun waktu 24 jam setiap harinya, tubuh kamu mengalami sebuah siklus alami yang dikenal dengan istilah ritme sirkadian alias jam biologis tubuh. Ritme ini membantu menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mengatur beragam fungsi tubuh, seperti regulasi hormon, siklus tidur, sampai suhu badan. Jika ritme sirkadian ini terganggu, tubuhmu akan mengalami berbagai gangguan yang tentunya dapat menghambat aktivitas rutin kamu setiap harinya. 

Gangguan yang ditimbulkan bisa membuatmu jadi mudah lelah, kesulitan tidur (insomnia), berkurangnya kemampuan konsentrasi, dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, agar tubuh kamu senantiasa bugar dan selalu produktif, beberapa tips mengatur jam biologis tubuh berikut bisa banget untuk dicoba! 

1. Sesuaikan Jam Tidur 

Jam biologis 1

Sumber: unsplash.com

Jam biologis tubuh memiliki peran krusial dalam hal mengatur waktu tidur dan bangun kamu setiap harinya. Penyesuaian jam tidur ini berkaitan erat dengan waktu terbaik otak bekerja yang turut dipengaruhi oleh sekresi berbagai jenis hormon. Bagi kamu yang kesulitan tidur di malam hari, ada kemungkinan disebabkan oleh jam biologis tubuh yang mengalami gangguan. Secara perlahan, sesuaikanlah jam tidur setiap harinya untuk memberikan waktu bagi tubuh beradaptasi dan menormalkan ritme sirkadian. 

Tips sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menghitung durasi tidur dengan jadwal yang kamu tentukan. Kalau ingin bangun pagi pukul 6 misalnya, berarti kamu harus sudah tidur paling lambat sekitar pukul 10, supaya tubuh bisa mendapatkan durasi tidur 8 jam. Cara lain yang dapat kamu coba adalah dengan memajukan waktu tidur 15 menit lebih cepat setiap harinya. 

2. Hindari Tidur Siang 

Sumber: unsplash.com

Meski berat dan memang cukup mengecewakan, tapi tidur di waktu siang hari dapat mengganggu siklus tidurmu di malam hari. Saat kamu tidur di siang hari, otomatis akan membuat tubuh terjaga lebih lama di malam harinya. Imbasnya berdampak pada keseluruhan jam biologis tubuh yang dapat mengalami perubahan. 

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan rasa kantuk di kantor yang dapat kamu lakukan. Mulai dari berolahraga kecil atau sekadar berjalan-jalan ringan sebelum kembali bekerja selepas waktu makan siang. Tapi jangan lupa, hal yang paling esensial untuk diperhatikan tentu saja adalah dengan tidur secukupnya supaya kamu tetap produktif saat bekerja. 

3. Taati Jadwal Tidur 

Jam biologis 3

Sumber: unsplash.com

Nah, jika kamu sudah mencoba beberapa tips mengatur jam tidur di atas, waktunya untuk ke tahap yang bisa dibilang paling menantang bagi sebagian orang. Apalagi kalau bukan disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Setelah kamu menentukan waktu tidur yang paling ideal, konsistensi adalah hal berikutnya yang perlu kamu lakukan. 

Yap, jadi harus benar-benar telaten dan sebisa mungkin tidur sesuai jadwal tersebut. Jangan tidur terlalu larut atau bangun terlambat. Saat kamu tidak disiplin dengan jadwal tersebut, semua progres yang sudah dicapai bisa rusak dan jam biologis tubuh pun bisa kembali terganggu. 

Baca Juga :   Ritme Sirkadian dan Rahasia Cara Kerja Tubuh Manusia

4. Atur Jadwal Makan dan Olahraga 

Jam biologis 4

Sumber: unsplash.com

Buat kamu para pecinta olahraga dan suka kulineran di malam hari, tips menjaga jam biologis tubuh ini penting banget untuk diperhatikan. Berolahraga merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi jika dilakukan di waktu yang tidak tepat bisa menghasilkan dampak yang justru tidak kamu inginkan. Termasuk waktu makan kamu yang sebisa mungkin harus disesuaikan dengan jam biologis tubuh. 

Berolahraga bisa membuat kamu terjaga dan kesulitan untuk tidur. Maka dari itu, berolahragalah pada waktu yang paling tepat, yaitu di pagi hari dan sore hari. Karena pada dua waktu tersebut, tubuh sedang berada pada tahap yang kuat dan tentu saja ideal untuk mendukung aktivitas fisik yang ingin kamu lakukan. Tak ketinggalan tentunya mengatur jadwal makan. Usahakanlah untuk tidak mengonsumsi makanan berat minimal dua jam sebelum tidur, atau lebih baik lagi jika benar-benar menghentikan makan sebelum diatas pukul 7 malam. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Para Workaholic Wajib Baca! Ini 5 Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras

GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!