leadersingle
leadersingle

Jangan Bingung, Ini Beda ODP dan PDP Saat Corona Mewabah

Dibaca Normal: 3 menit aja

Wabah corona tampak sudah semakin meluas di dunia, bahkan di Indonesia. Setiap harinya, pemberitaan pun banyak dipenuhi dengan berita seputar perkembangan corona. Dari pemberitaan tersebut, tak jarang juga kita banyak mendengar beragam istilah baru yang tidak terdengar familiar.

ODP, PDP dan suspect menjadi beberapa istilah yang semakin sering kita dengar di setiap pemberitaan yang ada. Agar tidak keliru, berikut perbedaan antara ODP, PDP dan suspect yang sering digunakan.

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

ODP atau Orang Dalam Pemantauan adalah seseorang yang memiliki gejala atau riwayat demam tinggi ataupun gangguan pernafasan ringan  seperti batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Status ODP ini juga dapat tersemat bagi seseorang yang memiliki riwayat berpergian ke luar negeri, tinggal di luar negeri atau daerah transmisi di Indonesia yang telah terjangkit.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Walau demikian, masih ada banyak ODP juga yang tidak menunjukkan gejala seperti yang disebutkan. Hal inilah yang membuat orang dengan status ODP lebih baik untuk berdiam diri di dalam rumah selama 14 hari untuk menghindari penularan yang lebih banyak.

corona

Penggunaan transportasi umum. (Sumber: ANTARA Foto/M Risyal Hidayat).

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP atau Pasien Dalam Pengawasan biasanya adalah orang yang sudah dirawat oleh tenaga kesehatan dan telah menjadi pasien. Seseorang dengan status PDP ini biasanya mengalami infeksi saluran pernafasan alut (ISPA) yaitu demam tinggi disertai ganggung pernafasan seperti batuk, pilek hingga pneumonia.

Tak hanya itu, seseorang yang sudah mendapatkan status PDP ini juga bisa dikatakan telah memiliki indikasi atau diketahui pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif virus corona. Sehingga, jika seseorang sudah diberikan status PDP, maka ia juga harus menjaga jarak dengan orang terdekat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

Baca Juga
Benarkah Banyak Minum Air Putih Dapat Cegah Corona?

Suspect

Tak hanya ODP dan PDP, kita juga mungkin sering mendengar mengenai istilah suspect. Istilah ini merupakan istilah lain dari PDP. Suspect adalah pasien yang sudah diduga kuat terinfeksi virus corona. Jika sudah menjadi suspect, pasien akan menjalani dua metode pemeriksaan.

Metode pemeriksaan yang dilakukan adalah Polymerase Chain Reaction (PCR) dan juga Genome Sequencing. Dengan melakukan kedua pemeriksaan tersebut, maka akan diketahui apakah suspect positif atau negatif corona.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Siap ke Kantor Saat ‘New Normal’? Jangan Lupakan Barang Wajib Ini

GenK LIFE

5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

GenK LIFE

Sebelum Bisa Online, Begini Perkembangan Sensus Penduduk di Indonesia

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

5 Negara di Dunia Ini Gagal Lakukan Lockdown

GenK LIFE

Apa yang Dimaksud Dengan False Positive dan False Negative Saat Rapid Test COVID-19

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>