GenK LIFE

Jangan Keliru, Ini Beda Wabah, Epidemi dan Pandemi yang Harus Kamu Tahu!

Kita mungkin sudah sering mendengar istilah wabah, endemi hingga pandemi di tengah maraknya covid-19. Terlebih di waktu belakangan ini kita jadi semakin sering mendengar ketiga hal tersebut ditengah adanya penyebaran penyakit. Dalam mempelajari suatu pola penyebaran penyakit ataupun kejadian yang berhubungan denga kesehatan, maka ia disebut sebagai epidemiologi.

Epidemiologi ini dapat dilakukan di dalam beberapa lingkup masyarakat, dari yang kecil hingga besar. Pengaplikasian ilmu ni adalah dengan melakukan investigasi suatu kejadian yang berhubungan dengan kesehatan agar bisa terkontrol.

Ilmu ini juga merupakan sebuah ilmu yang penting terutama di dunia kesehatan. Dengan bantuan epidemiologi, pemerintah hingga tenaga kesehatan dapat menentukan pola penyakit hingga dapat dilakukan berbagai upaya pencegahan penularan serta mencari solusi terbaik.

Ilustrasi pandemi. (Sumber: pexels)

Nah, di dalam ilmu inilah kita juga bisa menemukan ketiga istilah tersebut yang ternyata memiliki hubungan loh dengan penyakit serius. Untuk mengetahui lebih lanjut dan menghindari kekeliruan, berikut penjelasannya.

Apa yang dimaksud dengan Wabah?

Hal pertama yang harus kita tahu adalah soal wabah. Kita mungkin sangat sering mendengar istilah wabah ini, terutama jika sudah membicarakan wabah penyakit. Wabah diartikan sebagai terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang yang terjangkit lebih banyak jika dibandingkan dengan biasanya. Sementara itu, menurut KBBI wabah berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya misalnya wabah cacar, disentri, kolera).

Ilustrasi statistik corona. (Sumber: pexels)

Suatu penyakit akan dinyatakan sebagai wanah apabila penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang sebuah penyakit baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya, ataupun merupakan sebuah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat pada suatu daerah. Saat otoritas kesehatan mendeteksi adanya wabah, maka harus langsung diluncurkan investigasi untuk menentukan dengan tepat siapa saja yang terdampak dan berapa banyak yang terdampak. Informasi ini didapatkan guna mencari tahu cara terbaik mengatasi wabah dan mencegah bertambahnya korban.

Baca Juga :   Apa Beda Social Distancing dengan Physical Distancing di Tengah Wabah Corona Saat Ini?
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!