GenK LIFE

5 Kanker Paling Berbahaya, Tingkatkan Awareness di Hari Kanker Sedunia

kanker-paling-berbahaya

Setiap tanggal 4 Februari, diperingati Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini dirayakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker. Juga, untuk mendorong dilakukannya pencegahan, deteksi serta pengobatan. Soalnya nih, kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan ada jenis kanker paling berbahaya yang paling berisiko terhadap keselamatan nyawa. Nah, sebelum kita simak jenis-jenisnya tersebut, mari lebih dulu simak tentang Hari Kanker Sedunia.

Peringatan Hari Kanker Sedunia dan Sejarahnya

Union for International Cancer Control (UICC) memimpin inisiatif pemersatu global untuk memperingati Hari Kanker Sedunia setiap tanggal 4 Februari. Bermula sejak tahun 2000, Hari Kanker Sedunia menjadi suatu gerakan positif dalam menghadapi salah satu tantangan paling besar dalam sejarah. Peringatan ini menyatukan masyarakat dalam satu suara.

hari-kanker-sedunia

National Cancer Institute (Sumber: unsplash.com)

Sementara, tujuan utama hari peringatan ini yaitu menurunkan angka penderita sakit dan kematian akibat kanker. Semua dukungan ditunjukkan kepada orang-orang penderita kanker melalui inisiatif yang dilakukan di Hari Kanker Sedunia. Seperti salah satunya gerakan #NoHairSelfie di tahun 2016, di mana partisipan mencukur rambut kepala sebagai simbol keberanian pasien kanker yang sedang melalui masa pengobatan.

Baca Juga :   Climate Diplomacy Week 2019, Belajar Pola Makan Pintar Ramah Lingkungan

Selain itu, tiap tahun selalu dilaksanakan kegiatan dan acara di seluruh dunia, oleh organisasi, komunitas dan individu di sekolah, bisnis, rumah sakit, pasar, aula komunitas, taman, tempat ibadah, di jalan dan juga secara online. Tujuannya sebagai pengingat kalau semua orang berperan penting untuk mengurangi dampak global akibat kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia di Tahun 2021

tema-hari-kanker

Menumbuhkan kesadaran lewat eringatan Hari Kanker (Sumber: unsplash.com)

Tahun ini, Hari Kanker Sedunia masih diperingati dengan tema sama seperti 2 tahun sebelumnya, yaitu “I Am And I Will”, sebagai bentuk komitmen dari diri sendiri untuk melakukan suatu tindakan. Sub temanya adalah “Together, all our actions matter”, dari sini diharapkan masyarakat bisa “Bersama-sama melakukan sesuatu, karena semua tindakan kita itu penting”.

Baca Juga :   5 Hobi untuk Kesehatan Otak Ini Juga Bikin Cerdas dan Bahagia!
About author

Related posts
GenK LIFE

Ngabuburit di Masa Pandemi? Intip Rekomendasi Aktivitas Seru Selama Puasa 2021

GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu