Simak Waktu Terbaik dan Manfaat Berjemur, Apakah Bisa untuk Tangkal Virus?

Dibaca Normal: 5 menit aja

Beberapa waktu belakangan, kamu pasti sering kali mendengar soal berjemur di bawah matahari dapat membunuh virus. Kamu mungkin juga kerap melihat orang-orang di pagi hari seringkali duduk-duduk di depan rumah sambil menikmati pancaran sinar matahari ke kulit mereka.

Pagi hari memang dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berjemur. Di waktu inilah kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin D secara alami yang memang baik. Vitamin D sendiri tak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Ditambah kandungan vitamin D sendiri cukup terbatas yang dapat kita peroleh dari makanan tertentu berupa kuning telur dan juga susu.

Berjemur. (Sumber: pexels)

Dengan demikian, untuk mencukupi asupan vitamin D dengan mudah dan praktis, kamu tentu dapat memanfaatkan paparan sinar matahari. Meskipun masih ada berbagai perbedaan pendapat dari beberapa ahli kesehatan dalam menentukan waktu yang tepat untuk berjemur.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebelum membahas tentang kapan waktu yang tepat digunakan untuk berjemur, ada baiknya juga kamu perlu tau berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh dari berjemur.

1. Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi berjemur. (Sumber: shutterstock)

Jika berbicara soal manfaat, berjemur di bawah sinar matahari tentu juga banyak memberikan manfaat yang besar, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin D yang ada di paparan sinar matahari, dapat membantu pencegahan infeksi ada tubuh serta melawan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat ditekan adalah penyakit jantung, beberapa jenis penyakit autoimun, kanker dan juga flu.

Hal itu tentu sangat baik bagi tubuh kita dan apabila kamu rutin berjemur di bawah sinar matahari, bukan tidak mungkin sistem kekebalan di tubuh akan meningkat. Hal ini tentunya sangat baik dalam pencegahan berbagai penyakit.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Ilustrasi berjemur. (Sumber: shutterstock)

Tak hanya baik bagi sistem kekebalan tubuh, berjemur juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tulang kita. Vitamin D tak hanya dapat membantu pencegahan berbagai penyakit saja, namun juga berperan baik dalam merangsang penyerapan kalsium dan fosfor untuk memperkuat tulang.

Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin D3 dari sinar matahari ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Jadi, jika kamu memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinan kamu akan menderita osteoporosis dan arthritis di kemudian hari. Tak hanya baik bagi tulang, ini juga sangat baik untuk memperkuat gigi serta otot tubuh.

Baca Juga
Amankah Penggunaan Disinfektan dalam Bilik Sterilisasi Anti Virus?

3. Mengurangi Depresi

Ilustrasi berjemur. (Sumber: shutterstock)

Apabila kamu adalah pekerja kamtoran yang bekerja berjam-jam di dalam gedung hingga jarang keluar gedung, kamu mungkin dapat mengalami SAD. SAD atau Seasonal Affective Disorder ini termasuk ke dalam kondisi gangguan depresi ringan yang didapatkan dari kekurangan paparan sinar matahari.

Maka dari itu, untuk menghindari stress ada baiknya bagi kita untuk berjemur. Hasil setudi bahkan melaporkan jika orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stress. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin. Hormon serotonin merupakan hormon yang bisa meningkatkan suasana hati atau mood serta membuat perasaan menjadi tenang.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

GenK LIFE

Simak Cara Menjadi Penulis Agar Hobimu Bisa Mendatangkan Uang!

GenK LIFE

Fresh Graduate Juga Punya Peluang Lolos Interview Kerja, Lho!

GenK LIFE

Kenapa Zona Waktu di Indonesia dibagi Menjadi Tiga? Ini Dia Penjelasannya!

GenK LIFE

Ciri dan Manfaat Jadi Orang Open Minded!

GenK LIFE

4 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Saat Lelah Bekerja

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>